Kolaborasi LG dan Intel Ciptakan Teknologi 5G untuk Mobil

Mobile World Congress (MWC) tahun ini kembali diadakan di Barcelona. Beberapa vendor ternama dunia memperkenalkan produk-produk anyar terbaru mereka, termasuk juga perusahaan dari Korea Selatan, LG. Namun di acara akbar internasional tersebut LG tidak hanya memperkenalkan jajaran smartphone terbarunya. LG juga memanfaatkan momen tersebut untuk mengumumkan kerjasamanya dengan Intel. LG berkolaborasi dengan Intel untuk mengembangkan teknologi yang diyakini akan menjadi “The Next Generation” dari teknologi nirkabel pada mobil.

Melalui kerjasama dua perusahaan ini akan memanfaatkan berbagai riset dan keahlian masing-masing demi mewujudkan ambisi untuk menjadi yang pertama di dunia dalam memasarkan teknologi mobil terbaru berbasis 5G. LG sendiri sudah dikenal lebih dulu sebagai perusahaan yang menyediakan berbagai produk telematika dengan jaringan LTE.

Teknologi telematika berbasis 5G adalah teknologi yang diyakini bisa mengirimkan data 33 kali lipat lebih cepat daripada teknologi 4G LTE. Melalui teknologi 5G, untuk pembaruan perangkat lunaknya bisa dilakukan melalui jaringan Over The Air (OTA) dengan kecepatan yang sangat tinggi. Teknologi ini pun akan membuat kecepatan unduh konten video dan juga multimedia lainnya menjadi lebih baik, terlebih lagi jika di dukung dengan sistem hiburan yang terdapat di dalam mobil saat ini.

Takes Star Role and Route with 5G Technology
Takes Star Role and Route with 5G Technology (Sumber: Telegraph.Co.Uk)

Teknologi ini sendiri ditenagai oleh teknologi V2X (Vehicle to Everything), kemampuan teknologi 5G ini dapat menghemat waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman data dan proses tersebut diklaim akan tetap stabil walaupun mobil sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Teknologi ini dipercaya dapat mencegah terjadinya kecelakaan, karena komunikasi antar kendaraan, infrastruktur yang terhubung dengan kendaraan dan juga komunikasi kendaraan dengan pejalan kaki yang ada disekitarnya dapat digunakan melalui teknologi 5G ini.

Dengan menggabungkan seluruh kemampuan teknologi dari divisi perangkat telekomunikasi bergerak dengan divisi kendaraannya, LG akan membuat langkah yang cukup signifikan dalam memperkuat posisinya sebagai perusahaan yang memimpin teknologi telematika dalam industri smartcar. Apalagi LG sekarang dikenal sebagai pemasok ekslusif untuk teknologi telematika untuk 4G LTE OnStar General Motor. Kerjasama ini membuat LG mengambil posisi puncak dalam telematika otomotif dengan pangsa pasar 30.1% di tahun 2013, 30,3% di tahun 2014 dan juga 29.9% pada tahun 2015 menurut Strategy Analytics.

“Melalui kerjasama dengan perusahaan Intel, Kami mengharapkan dapat membangun lagi perusahaan kami untuk generasi berikutnya pada produk telematika 5G,” kata Kim Jin-yong selaku Presiden LG Electronics Vehicle Componen In-Vehicle Infotainment Business Unit. Menanggapi kerjasama besar ini, pihak Intel mengemukakan rasa optimisnya. “Kami percaya penggabungan antara kepemimpinan LG dalam teknologi konektivitas dan kecerdasan Intel dalam menghubungkan teknologi dengan kendaraan, sensor dan fitur-fitur yang kami sematkan di dalamnya akan menciptakan teknologi yang inovatif berbasis jaringan 5G pada mobil,” kata Aicha Evans, Corporate Vice President dan GM of Intel Communication And Device Group, demikian seperti dikutip dari TeknoUp.Com. (AS)

You might also like More from author

Comments

Proses...