Khusus Muslim, Teliti Sebelum Membeli Sepatu Berbahan Kulit Babi

Perjalanan Blogger Borneo menemani Sang Istri tercinta Jum’at sore kemarin (13/05/2016) ke salah satu pusat perbelanjaan modern di Pontianak, memberi kisah tersendiri yang cukup menarik untuk dibaca dan diketahui oleh kawan-kawan muslim seiman. Sebelum melanjutkan membuat tulisan ini, Blogger Borneo ingin memberikan sebuah penegasan bahwa tulisan ini dibuat tanpa ada maksud untuk menjatuhkan pihak manapun. Oleh karena itu, dalam penjelasannya nanti untuk nama merek dan tempat akan disamarkan. Jadi, sekarang sudah cukup jelaskan disclosure nya? Oke, sekarang Blogger Borneo lanjutkan tulisannya. Selamat membaca… 🙂

SEPATU BERBAHAN KULIT BABI ADA DIJUAL DI PONTIANAK

Beberapa waktu lalu, Blogger Borneo pernah mendapat informasi dari kawan-kawan mengenai penggunaan bahan kulit babi untuk beberapa merek sepatu yang dijual bebas di Indonesia. Ya mungkin selama ini kita berpikir bahwa unsur babi hanya digunakan sebagai bahan baku makanan dalam bentuk daging, ternyata begitu didalami bagian-bagian lainnya seperti tulang dan kulit juga dijadikan sebagai salah satu unsur pembuatan sebuah produk atau alat. Sebagai contoh, tulang babi digunakan untuk membuat filter air minum yang biasa dijual dalam bentuk kemasan atau galon. Sedangkan untuk kulitnya digunakan sebagai bahan pembuat sepatu-sepatu dari beberapa merek cukup terkemuka di dunia.

Nah, pada tulisan ini Blogger Borneo ingin berbagi kisah mengenai pengalaman menemukan model sepatu yang menggunakan unsur kulit babi ini dalam alas dalam sepatunya. Sebenarnya kisah ini bermula dari rasa penasaran dan iseng mengenai informasi yang diperoleh beberapa waktu lalu, satu pertanyaan yang langsung muncul pada saat itu adalah apakah di Pontianak sepatu berbahan kulit babi tersebut ada juga dijual di pasaran. Jadi begitu mendapat kesempatan untuk menemani Sang Istri tercinta berbelanja, Blogger Borneo iseng datang ke bagian penjualan sepatu yang ada untuk “berburu”.

Bahan Sepatu dari Kulit Babi Dijual di Pontianak
Bahan Sepatu dari Kulit Babi Dijual di Pontianak (Sumber: Dok. Pribadi)

Gambar diatas merupakan hasil dokumentasi yang Blogger Borneo abadikan langsung ketika berada di lokasi perbelanjaan. Coba kawan-kawan perhatikan, apa yang membedakan antara bahan kulit sepatu ini dengan kulit sepatu-sepatu lainnya???

Yapppp… Tebakan kawan-kawan benar sekali. Jika diperhatikan, tampak secara jelas penampakan pola tiga titik yang tersebar secara berserakan dan tidak teratur di permukaan kulitnya. Memang tidak semua sepatu dari merek tersebut menggunakan bahan kulit babi ini, Blogger Borneo sendiri hanya berhasil menemukan satu model sepatu ini. Sedangkan untuk model-model lainnya pola tiga titik ini tidak tampak sama sekali.

Demi memastikan kebenaran informasi ini, sebelum mempublikasikan melalui tulisan ini Blogger Borneo memperlihatkan dulu kepada beberapa orang teman yang paham mengenai pola ini. Dan ternyata dugaan Blogger Borneo benar, mereka juga berani memastikan bahwa pola tiga titik tersebut merupakan pola yang terdapat pada kulit babi.

KHUSUS MUSLIM, TELITI SEBELUM MEMBELI

Mungkin secara detail, Blogger Borneo tidak akan mengulas mengenai ciri-ciri kulit babi di tulisan ini. Kawan-kawan bisa mencari info selengkapnya dengan meminta bantuan kepada Mbah Google, Insya Allah referensi yang diperoleh akan banyak sekali.

Seperti yang sudah Blogger Borneo jelaskan sebelumnya bahwa tulisan ini dibuat dari sudut pandang pribadi dimana setelah melakukan kunjungan langsung, telah ditemukan model sepatu yang menggunakan bahan kulit babi. Mungkin bagi para pengguna dari kalangan non muslim, hal ini tidak akan menjadi satu masalah. Akan tetapi, bagi kaum muslim hal ini masuk dalam kategori najis sehingga harus dihindari.

Dalam kurun waktu kurang lebih tiga bulan kedepan, kaum muslim akan melewati momen istimewa yaitu Ramadhan dan Idul Fitri. Dan sudah menjadi pemandangan umum, setiap Idul Fitri umumnya kaum muslim akan berbelanja baju, busana muslim, sepatu, dan lain sebagainya yang akan dikenakan pada saat hari kemenangan.

Semoga dengan adanya tulisan ini, kawan-kawan khususnya kaum muslimin dapat lebih teliti sebelum membeli sepatu berbahan kulit babi. (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...