Kerupuk Basah, Lezatnya Kuliner Khas Kapuas Hulu

Jika kita mendengar namanya, pasti kawan-kawan banyak yang mengira bahwa kuliner ini benar-benar berasal dari kerupuk yang dibasahkan. Sama halnya seperti Bubur Pedas, penamaan kuliner khas dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat ini tidak memiliki keterkaitan sekali dengan pemaknaan yang sebenarnya. Malah jika diperhatikan dari bentuk fisiknya, Kerupuk Basah Kapuas Hulu justru berbentuk bulat panjang dan kenyal. Perhatikan penampakan kuliner khas Kapuas Hulu Kerupuk Basah dibawah ini:

Sumber: www.bloggerborneo.com
Kerupuk Basah Kapuas Hulu Original

Kerupuk Basah dibuat dari bahan dasar ikan belidak, salah satu jenis ikan yang banyak terdapat di sungai sekitaran kawasan Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu. Menurut Wikipedia, ikan Belidak merupakan jenis ikan sungai Notopteridae (ikan berpunggung pisau). Ikan ini juga dikenal sebagai Ikan Lopis, diambil dari nama salah satu sunga di Sumatera Selatan. Ikan Belidak dapat ditemui di Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Semenanjung Malaya. Untuk saat ini, Ikan Belidak sudah sulit ditangkap karena rusaknya mutu sungai dan penangkapan. Oleh karena itu, banyak yang mengganti bahan dasar pembuatannya dengan jenis ikan air tawar lainnya. Meski begitu, rasa dan cita rasa original tidak akan pernah berbohong. Tetap Kerupuk Basah dengan bahan dasar ikan beladak memiliki rasa yang istimewa.

Kerupuk Basah Kapuas Hulu Depan DPRD Kota Pontianak
Sumber: www.bloggerborneo.com

Sebagai salah satu penggemar Kerupuk Basah, pada mulanya Blogger Borneo sempat agak kesulitan jika ingin mencari kuliner khas Kapuas Hulu ini. Biasanya dulu minta dikirimin langsung dari sahabat yang memang tinggal di Kabupaten Kapuas Hulu, cuma lama kelamaan merasa tidak enak juga karena selalu merepotkan Beliau maka berusaha untuk mencari lokasi penjualannya di Kota Pontianak. Alhamdulillah setelah bertanya kepada kawan-kawan, ketemu juga salah satu tempat jual Kerupuk Basah di Jl. Sultan Sy. Abdurrahman, tepatnya di seberang Kantor DPRD Kota Pontianak. Menurut pemilik usaha ini, Kerupuk Basah yang dijualnya hanya menggunakan bahan baku ikan Belidak, ini dilakukan demi menjaga kualitas dan cita rasa Kerupuk Basah Kapuas Hulu yang dijualnya. Sedangkan untuk proses produksinya dilakukan oleh Bibinya, orang Kapuas Hulu asli. Berminat mencicipi??? Langsung aja datang ke lokasinya yach… (DW)

Referensi Tulisan:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Lopis

You might also like More from author

Comments

Proses...