Kelebihan Memiliki Usaha Rumahan

Dalam membangun usaha rumahan, modal yang dianggarkan tentu disesuaikan dengan jenis bisnis dan kemampuan. Bukan berarti usaha rumahan hanya terbatas memakai modal kecil saja. Bila Anda ingin membangun bisnis dari rumah namun langsung dalam skala besar pun Anda bisa melakukannya dengan mempertimbangkan untuk mengucurkan dana yang besar pula.

Kelebihan Memiliki Usaha Rumahan
Image: Google.Com

Banyak orang takut merintis usaha sendiri dan memilih untuk bekerja kantoran. Padahal banyak kelebihan dari usaha rumahan ibu rumah tangga. Bisnis rumahan ini pun semakin menjadi tren, apalagi seiring dengan semakin berkembangnya teknologi yang mendukung pertumbuhan usaha rumahan. Salah satu teknologi yang menjadi andalan dalam mengembangkan bisnis ini adalah koneksi data atau internet. Karena promosi usaha yang didirikan dapat menjadi mudah berkat keberadaan jejaring sosial, dan sekarang pun banyak tersedia platform atau layanan e-commerce yang memudahkan pengusaha kecil untuk membuat toko di dalamnya.

Kendati demikian, usaha rumahan yang menjanjikan tidak selalu harus mengandalkan internet. Banyak usaha yang tetap bisa tumbuh dan berkembang walau pendirinya tak bersentuhan dengan internet dalam mengelolanya. Tetapi tentu saja tetap dibutuhkan keahlian dan kecakapan dalam mengelola bisnis.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan bagi pengusaha yang memiliki bisnis rumahan sendiri

Bekerja dari Rumah Tanpa Harus Bertemu Atasan

Bila bekerja di kantor, biasanya seorang pegawai memiliki bos atau atasan. Terkadang mereka marah atau memaki atas kesalahan yang sebenarnya diperbuat oleh merka sendiri. Sebagai bawahan biasanya tak bisa berkutik dan pasrah menerima makian tersebut. Nah, enaknya bekerja di rumah adalah tak perlu mengalami hal seperti itu.

Waktu Lebih Fleksibel

Bekerja sebagai pegawai tentu memiliki jam kerja khusus, entah itu dari pagi hingga siang atau pun bekerja secara shift. Kendati shift, tetap saja tak bebas memilih waktu kerja, biasanya sudah ada jadwal tetap selama satu bulan. Bila berhalangan pun harus membuat ijin atau mengajukan pergantian shift. Tentu merepotkan ya, nah bila memiliki usaha sendiri, Anda akan lebih fleksibel menentukan waktu kerja. Waktu istirahat pun tidak terpaku harus jam makan siang, demikian juga waktu untuk beribadah dan meluangkan waktu untuk keluarga. Jadi waktu yang fleksibel merupakan salah satu kelebihan dari membuka usaha sendiri.

Bisa Selalu Dekat dengan Keluarga

Seperti telah disinggung sebelumnya, waktu kerja yang fleksibel akan membuat Anda lebih bebas meluangkan waktu bersama keluarga. Sehingga tidak harus bangun pagi sekali untuk bersiap-siap berjuang berangkat ke kantor demi menghindari kemacetan jalan raya. Dan tak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan saat pulang kerja. Tubuh pun tak terlalu lelah. Pemasukan tetap ada walau tak perlu berangkat ke kantor. Apalagi jika Anda seorang ibu, tentu akan lebih menyenangkan untuk bisa selalu dekat dan mendampingi anak dalam melakukan kegiatan mereka selama tumbuh kembangnya.

Bila kekurangan modal, tak perlu khawatir, Anda bisa membuat proposal untuk diajukan kepada calon investor atau mengajukan pinjaman lunak untuk usaha seperti KUR. Selain itu, pemerintah pun kini mendukung usaha kecil dengan menyediakan dana usaha bagi rakyat.

Nah, kini tak ada lagi alasan untuk menunda merintis bisnis sendiri dari rumah. Pada umumnya orang gagal berbisnis karena senang menunda-nunda dan banyak beralasan dengan menggunakan kata nanti dan tapi. Padahal kata “nanti” itu pertanda memiliki kebiasaan menunda. Sedangkan kata “tapi” menggambarkan sifat yang penuh keragu-raguan dan terlalu banyak pertimbangan dan alasan untuk mengelak kemampuan dalam mendirikan usaha. (ADV)

 

You might also like More from author

Comments

Proses...