Kalau Bisa Mendesain Sendiri Kenapa Harus Meniru Orang Lain

Ungkapan diatas mungkin sangat cocok untuk menggambarkan posisi Ainun Nazieb saat ini. Karena keisengannya membuat dan mendesain sebuah theme wordpress yang tampilannya sangat mirip dengan tampilan facebook, maka Ainun Nazieb harus menghadapi tuntutan dari pihak perwakilan facebook di Jakarta. Menurut informasi lengkap yang saya baca di Techno Okezone, Ainun Nazieb dituntut telah melanggar hak cipta karena telah meniru dan menyebarkan hasil desain buatannya tersebut kepada orang lain. Mungkin tidak ada yang bakal mengira bahwa atas hasil keisengannya tersebut, ancaman tuntutan maksimal sebesar 2 miliar akan dihadapi oleh Ainun Nazieb. Meski desain tampilan tersebut dibuatnya sendiri, namun karena dianggap telah meniru desain tampilan miliknya facebook maka Ainun Nazieb dianggap telah melakukan pelanggaran hak cipta.

Coba teman-teman perhatikan desain tampilan wordpress diatas, sangat mirip bukan?. Oleh Ainun Nazieb, tampilan tersebut diberi nama Smells Like Facebook. Sebenarnya, maksud dan tujuan awal Ainun Nazieb membuat desain ini adalah hanya untuk tujuan iseng belaka dan akan digunakan sendiri. Akan tetapi, dikarenakan banyak diantara teman-temannya tertarik dengan tampilan blog ala facebook tersebut maka mereka meminta kepada Ainun Nazieb untuk menyediakan link downloadnya sehingga bisa dipakai ramai-ramai. Ainun Nazieb tidak menyadari bahwa tindakannya tersebut akan menimbulkan masalah baru bagi dirinya nanti.

Untuk saat ini, Ainun Nazieb belum menerima tuntutan resmi dari pihak facebook di luar negeri. Rencananya pada tanggal 21 atau 23 November nanti, Ainun Nazieb beserta kuasa hukumnya akan mengunjungi kantor perwakilan facebook di Jakarta untuk melakukan perbincangan tingkat tinggi terkait dengan masalah ini. Tentunya jalan perundingan damai diprioritaskan akan dapat terwujud karena selama ini Ainun Nazieb belum terlalu paham dengan aturan yang berlaku. Dan apa yang telah dilakukannya kemarin semata-mata hanya karena iseng, bukan karena atas dasar ingin memperoleh keuntungan pribadi. Jadi mungkin masih dapat ditolerirlah, bagaimana dengan pendapat teman-teman semuanya?

Dari sini dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa berhati-hatilah terhadap semua jenis tulisan, rekaman video, maupun foto yang menyerupai miliknya orang lain karena itu dapat dianggap sebagai salah satu tindakan penjiplakan (plagiarisme). Untuk kasus Ainun Nazieb sendiri, disatu pihak saya mengakui bahwa beliau adalah orang yang cerdas karena mampu membuat desain tampilan wordpress sendiri, namun disisi lain saya sangat menyayangkan kenapa Ainun Nazieb harus meniru desain tampilan miliknya facebook. Jadi tidak kelihatan bentuk kreativitasnya bukan?. Satu poin utama yang ingin saya tekankan disini adalah KALAU MEMANG BISA MENDESAIN SENDIRI KENAPA JUGA HARUS MENIRU DESAIN MILIKNYA ORANG LAIN :-). (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...