Jenis-Jenis Pesawat Drone dan Cara Memilihnya

Drone, istilah ini sangat populer akhir-akhir ini. Awalnya dikenal sebagai pesawat nirawak untuk kepentingan militer, namun kini merambah ke ranah mainan, hobi, hingga fotografi atau cinematografi. Drone kini bebas diperjualbelikan, termasuk di Indonesia walaupun ada beberapa peraturan yang dikeluarkan pemerintah untuk mengaturnya.

Buat kalian yang tertarik menerjuni bidang ini, baik cuma buat iseng, hobi, atau untuk kebutuhan profesional, kita punya beberapa tips nih. Disimak bareng-bareng yuk.

Jenis-jenis Drone

Di pasaran tersedia beberapa jenis drone, kita akan coba sebutkan beberapa jenisnya agar kalian bisa memilih drone mana yang tepat untuk kalian.

Yang pertama adalah drone mainan, sesuai namanya drone ini lebih untuk keperluan iseng, main-main atau mengisi waktu luang. Ciri-cirinya adalah bentuknya biasanya kecil, warna-warni, tidak dilengkapi kamera (kalaupun ada kualitasnya jelek), daya jelajahnya kurang luas, dan harganya relatif murah mulai dari ratusan ribu hingga di bawah 5 juta rupiah. Drone yang masuk kelas ini adalah drone buatan brand Parrot.

DJI Phantom 4 Review
Sumber: www.pcadvisor.co.uk

Jenis kedua merupakan drone hobi. Drone kelas ini harganya mulai dari 5 juta hingga 20 juta. Beberapa drone yang masuk kelas ini diantaranya DJI Mavic, DJI Phantom, GoPro Karma, 3DR Solo, dll. Drone hobi memiliki daya jelajah yang cukup jauh, kualitas kamera, dan kemampuan terbang yang baik. Beberapa drone kelas ini kadang juga digunakan untuk keperluan profesional.

Drone kelas terakhir merupakan drone profesional, didesain khusus untuk keperluan profesional seperti shooting film. Secara basic, drone ini memiliki kemampuan seperti drone hobi namun dengan peningkatan kemampuan yang jauh lebih baik. Salah satu contoh drone profesional adalah DJI Inspire.

Dimana Membeli Drone?

Salah satu toko recommended adalah ES.id, yang merupakan versi online dari toko Electronic Solution. Di sini kalian bisa mendapatkan berbagai macam drone sesuai dengan keperluan kalian, beberapa merk seperti DJI, Parrot, 3DR di jual di sini.

Berbelanja online di ES.id ga perlu ragu atau takut, karena produk yang mereka jual original dan bergaransi. 1000 produk original baru selalu ditambahkan tiap bulannya. Metode pembayarannya pun beragam, mulai dari transfer ATM, CIMB Clicks, Mandiri Clickpay, cicilan kartu kredit, dan cicilan melalui Kredivio.

Oiya, pada 12-14 Desember ini ES.id mengadakan program #KlikHarbolnas. Apa itu? #KlikHarbolnas merupakan program yang menawarkan diskon minimal 100%. Penasaran bagaimana mekanisme diskon gila ini? Klik aja DISINI. Tak hanya itu, untuk pembelian DJI Phantom 3 Standard, pada periode tersebut kallian bisa mendapatkan free gift menarik. Buruan jangan sampai kehabisan. (ADV)

You might also like More from author

Comments

Proses...