Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1438 H / 2017 M untuk Wilayah Kota Pontianak dan Sekitarnya

Alhamdulillah tak lama lagi kaum Muslim di Indonesia maupun dunia akan menyambut bulan Ramadhan 1438 Hijriah yang Insya Allah akan dimulai pada tanggal 27 Mei 2017.

Marhaban Ya Ramadhan 1438 Hijriah
Image: Dok. Pribadi

Jadwal Puasa Ramadhan Pontianak Tahun 2017 – Setiap tahunnya, seluruh umat Muslim di dunia selalu merayakan bulan yang penuh berkah dengan sukacita karena pada saat inilah Allah SWT membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi umat-Nya untuk memperoleh ampunan dan berkah pahala dengan memperbanyak ibadah.

Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Puasa dalam hukumnya merupakan fardhu (diwajibkan) untuk Muslim dewasa, kecuali mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui, diabetes atau sedang mengalami menstruasi. Kewajiban berpuasa pada bulan Ramadan turun pada bulan Sya’ban tahun kedua setelah hijrahnya umat Muslim dari Mekkah ke Madinah. Bulan Ramadan diawali dengan penentuan bulan sabit sebagai pertanda bulan baru. Bulan Ramadan akan berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan pengamatan hilal, menurut beberapa aturan yang tercantum dalam hadits.

MARHABAN YA RAMADHAN 1438 H

Selama berpuasa dari pagi hingga petang, umat Muslim dilarang untuk makan, minum cairan apapun, merokok, dan berhubungan seksual. Selain itu, mereka diperintahkan juga untuk menghindari perbuatan dosa dengan tujuan menyempurnakan pahala puasa, seperti berkata yang jelek (menghina, memfitnah, mengutuk, berbohong) dan berkelahi. Makanan dan minuman dapat disediakan setiap hari, yakni ketika sebelum Matahari terbit (Subuh) hingga terbenamnya Matahari (Magrib). Berpuasa bagi Muslim saat Ramadan biasanya diikuti dengan memperbanyak salat dan membaca Al-Quran.

Puasa bagi orang Islam adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Berpuasa merupakan salah satu dari lima Rukun Islam. – Wikipedia Indonesia

Pada kesempatan ini, Blogger Borneo bermaksud ingin berbagi informasi mengenai jadwal puasa Ramadhan 1438 Hijriah atau tahun 2917 Masehi. Silahkan diunduh file pdf nya, sebelumnya Blogger Borneo ucapkan terima kasih banyak kepada pemilik blog Mewarnai Gambar atas sharing file nya. Insya Allah akan bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan. Amin Ya Allah…

JADWAL PUASA RAMADHAN PONTIANAK TAHUN 2017

Jadwal Puasa Ramadhan Pontianak 2017 Masehi 1438 Hijriah

Catatan:

  1. Penentuan awal bulan Ramadhan dan Syawal berdasarkan taqwin standar Indonesia dan melihat pada keputusan PP Muhammadiyah.
  2. Hisab berdasarkan kriteria jadwal sholat Kementrian agama RI.
  3. Jadwal imsakiyah ini berlaku untuk kota yang bersangkutan dengan radius maksimal adalah 30 kilometer.
  4. Keputusan pemerintah RI bisa saja berbeda dengan perhitungan dalam jadwal yang dibuat oleh blog www.mewarnaigambar.web.id.

Sumber Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ramadan
  • http://www.mewarnaigambar.web.id/2016/06/jadwal-imsakiyah-pontianak-ramadhan.html

 

You might also like More from author

Comments

Proses...