BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Instant Messaging vs Telepon: Pilih yang Mana?

Dengan perkembangan teknologi, makin banyak pilihan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Instant messaging (IM) makin diminati karena menawarkan interaksi dua arah secara real-time seperti halnya telepon. Meski beberapa  saat yang lalu penggunaan IM terbatas pada pc dan laptop, saat ini maraknya smartphone dan tablet pc di pasaran memungkinkan IM untuk dilakukan di mana saja. Hal ini semakin dimudahkan pula oleh keluaran smartphone seperti BlackBerry terbaru yang memungkinkan integrasi IM dengan email dan akun jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Harga Blackberry maupun smartphone lain yang makin terjangkau juga merupakan faktor pendorong pengguna smartphone untuk memilih menggunakan IM.

Menurut survey di Amerika Serikat, IM merupakan metode komunikasi pilihan remaja dan mahasiswa selama dekade terakhir. Saat ini IM juga makin banyak digunakan oleh komunitas pekerja dan akademik. Meski demikian, apakah sebagai metode komunikasi langsung IM dapat menggeser peran telepon? Untuk pertimbangan, kelebihan dan kekurangan IM dibandingkan telepon boleh disimak di bawah ini.

Kelebihan Instant Messaging Dibanding Telepon

1. IM Lebih Cepat Direspon

Meski untuk komunikasi dua arah secara langsung telepon tetap menjadi alternatif utama, namun tidak semua orang siap mengangkat telepon sewaktu-waktu. Jika orang yang dituju sedang online, dengan IM kita bisa memperoleh jawaban lebih cepat daripada jika menelpon.

2. IM Memungkinkan Melakukan Komunikasi ke Banyak Pihak

Dengan IM, kita tidak hanya bisa berinteraksi one-on-one seperti telepon, tapi juga mungkin untuk membuat chat room untuk grup serta melakukan meeting jarak jauh.

3. IM Memungkinkan Adanya Transfer Media

Kebanyakan provider IM saat ini membolehkan penggunanya mengirimkan media files seperti foto dan musik ke pengguna lain. Kelebihan tersebut memungkinkan transfer media dengan cepat dan murah, yang dapat membantu kelancaran kegiatan bisnis atau kantoran sehari-hari.

Kekurangan IM Dibanding Telepon

1. IM Butuh Akun yang Sama dengan Orang yang Dituju

Untuk menggunakan IM kita harus melakukan login, demikian juga orang yang kita ingin hubungi. Sebagai contoh untuk BlackBerry Messenger, hanya bisa memperantarai antar pengguna BlackBerry. Hal ini tidak akan menjadi penghalang jika kita menggunakan telepon.

2. IM Tidak Menjanjikan Perhatian Penuh dari Orang yang Dituju

IM merupakan salah satu andalan orang yang terbiasa multitasking. Dengan demikian, jika kita chat menggunakan IM, belum tentu orang lain tersebut memberikan perhatian penuh, dan kita juga tidak bisa mengharapkan hal tersebut. Tidak jarang orang yang kita ajak chat tiba-tiba tidak merespon dalam waktu lama tanpa pemberitahuan, dan kita juga tidak bisa tahu apakah itu diakibatkan kesalahan jaringan atau orang tersebut sedang melakukan aktivitas lain.

Dari ringkasan di atas, IM merupakan alternatif yang murah, cepat dan mudah dari telepon baik untuk keperluan bisnis atau pribadi. Akan tetapi, ada beberapa peran telepon yang tidak bisa digantikan dengan IM, sehingga di dunia serba digital ini telepon tetap akan memiliki fungsi tersendiri terlepas dari IM. (DW)

Sumber Gambar:

  • http://crackberry.com/tags/instant-messaging
You might also like
2 Comments
  1. ndop says

    belum pernah coba IM sama sekali. Selama ini cuma BBM, SMS sama YM haha..
    ndop´s last blog post ..Suka Duka Naik Bis

    1. Dwi Wahyudi says

      Iyelah ente kan BB’ers, wkwkwkwk… 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge