BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Info Pertukaran Pemuda Antar Negara Kalimantan Barat 2016

Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) merupakan sebuah program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga serta Purna Caraka Muda Indonesia di setiap provinsi. Di tahun 2016, Kemenpora RI kembali membuka seleksi PPAN bagi pemuda Indonesia. Sebagai bentuk sosialisasi program, anggota Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Kal-Bar menggelar Roadshow PPAN Kalimantan Barat 2016 pada tanggal 12 Maret 2016, pukul 13.30 hingga pukul 17.00 WIB. Kegiatan ini bertempat di Aula Kantor Kecamatan Pontianak Tenggara, Jl. Parit H. Husein 2 Pontianak.

Antusias pemuda dalam mengikuti agenda ini sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang memenuhi aula. Dalam kata sambutannya, Sony Rahmadhani, ketua PCMI Kalimantan Barat, menyatakan bahwa roadshow ini merupakan salah satu program dan tanggung jawab PCMI untuk menyebarkan informasi mengenai PPAN seluas-luasnya kepada para pemuda di Kalimantan Barat. Selain itu, ia juga memberitahukan bahwa agenda seleksi PPAN di kota Pontianak akan diadakan pada awal bulan April. Sedangkan, untuk seleksi tingkat kabupaten dilaksanakan pada pertengahan April.

Dalam roadshow ini, enam pemuda yang telah mengikuti PPAN menjabarkan program yang telah mereka ikuti pada tahun sebelumnya. Pada sesi pertama, Mintra Faizal Liskandiar menjelaskan Program Pertukaran Pemuda Indonesia Kanada atau Indonesia Canada Youth Exchange Program (ICYEP). Program ini dilaksanakan selama 6 bulan yang terbagi menjadi 2 fase yaitu Kanada dan Indonesia selama masing-masing 3 bulan.

Presentasi Program Pertukaran Pemuda Antar Negara Kalimantan Barat 2016
Presentasi Program Pertukaran Pemuda Antar Negara Kalimantan Barat 2016

Sesi kedua diisi oleh Didi yang mengikuti Program Kapal Pemuda Asia Tenggara dan Jepang atau Ship for Southeast Asia dan Japanese Youth Program (SSEAYP). Tujuan diadakannya SSEAYP adalah untuk membangun kekerabatan antara negara Jepang dan negara di Asia Tenggara.

Program selanjutnya dipaparkan oleh Telly, peserta Program Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia atau Indonesia Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) pada tahun 2015. Kegiatan IMYEP juga diadakan dalam dua fase yaitu; Indonesia dan Malaysia.

Setelah itu, penjelasan dilajutkan mengenai Program Pertukaran Pemuda Korea atau Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP) oleh Dian. Ia menjelaskan bahwa tujuan dari penyelenggaraan program ini adalah untuk menumbuhkan dan memperkuat tali persahabatan antar negara, membuka kesempatan bagi pemuda untuk menambah pemahaman budaya, kebiasaan dan sosial-ekonomi, menumbuhkan rasa nasionalisme serta membangun tenggang rasa. Program ini dilakukan sekitar satu bulan yang juga terdiri dari fase Korea dan Indonesia.

Selajutnya adalah pemaparan Program Pertukaran Pemuda Indonesia China atau Indonesia China Youth Exchange Program (IChYEP) yang disampaikan oleh Zulkarnaen atau kerap disapa Izul. Kegiatan IChYEP ini diadakan sekitar dua minggu.

Penjelasan terakhir mengenai program PPAN disampaikan oleh Achmad Muttaqien yang mengikuti Program Kunjungan Pemuda ASEAN ke India atau ASEAN Student Visit India (ASVI). Tujuan diadakannya ASVI adalah untuk meningkatkan hubungan antara Negara anggota ASEAN dan India.

Proses Pendaftaran Roadshow Pertukaran Pemuda Antar Negara Kalimantan Barat 2016
Proses Pendaftaran Roadshow Pertukaran Pemuda Antar Negara Kalimantan Barat 2016

Setelah semua dipaparkan, MC mengumumkan kuota PPAN untuk provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2016 yang terdiri dari:

  1. Australia: 1 Orang Putri Berusia 21- 25 Tahun
  2. China: 1 Orang Putri Berusia 20-30 Tahun
  3. Jepang: 1 Orang Putri Berusia 20-30 Tahun
  4. India: 1 Orang Putra Berusia 19-24 Tahun
  5. Korea: 1 Orang Putra Berusia 18-24 Tahun

Adapun tes seleksi yang akan dijalani oleh calon peserta PPAN adalah:

  1. Tes wawancara mengeanai pengetahuan umum, pengetahuan daerah dan pengetahuan terkait program yang akan diikuti.
  2. Psikotes dalam bentuk interview dan tertulis
  3. Tes bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL/IELTS/TOEIC dan Cambridge Exam.
  4. Public Speaking
  5. Seni dan budaya
  6. Social Activity

Adapun kriteria penilaian yang dilakukan adalah:

  1. “Community Development” / Rencana Post Program yang Akan Dilakukan (30%)
  2. Karakter (15%)
  3. Kepribadian (15%)
  4. Bahasa (10%)
  5. Seni (10%)
  6. Potensi Akademik (10%)
  7. Kemampuan Komunikasi (10%)

Untuk info lebih lanjut mengenai program PPAN, calon peserta dapat berkunjung ke:

Blog PCMI Kalbar: http://pcmikalbar.blogspot.co.id/

Facebook: PCMI Kalbar

Telp: 0857-501-60-64

Email: kalbarpcmi@gmail.com

Twitter: @PCMIKalbar

Sumber Referensi:

  • http://veniyandriyani.blogspot.co.id/2016/03/roadshow-pertukaran-pemuda-antar-negera.html
You might also like
1 Comment
  1. Bogohkabogor.net says

    Bagus webistenya, Hanya kurang lokasi tempat wisata. Jangan lupa mampi Ke website Informasi Kota Bogor

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge