Info Jadwal Pendaftaran dan Panduan Pengajuan Program Bidikmisi 2017

Informasi Lengkap Mengenai Jadwal Pendaftaran dan Panduan Program Bidikmisi Tahun 2017

Setiap tahunnya, sejak 2010 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan kebudayaan mulai tahun 2010 meluncurkan Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi yaitu bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Program ini sejalan dengan program Nawacita Pemerintah Republik Indonesia untuk meningkatkan produktifitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Melakukan revolusi karakter bangsa, melalui pendidikan dengan memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia. Mengembangkan insentif khusus untuk memperkenalkan dan mengangkat kebudayaan lokal. Meningkatkan proses pertukaran budaya untuk membangun kemajemukan sebagai kekuatan budaya bangsa. Untuk itu, lulusan Program Bidikmisi, diharapkan dapat mengisi kebutuhan sumberdaya manusia Indonesia yang siap berkompetisi diera Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

PROGRAM BIDIKMISI 2017

Program Bidikmisi 2017 adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi). Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Program BidikMisi 2017

APAKAH PROGRAM BIDIKMISI 2017 GRATIS?

Program Bidikmisi 2017 memberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lokal(mandiri) pada salah 1 PT Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari daerah asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa) Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi Subsidi biaya hidup sesedikitnya Rp600.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah

Ada satu pertanyaan menarik yang paling banyak diakses oleh siswa SMA/SMK/MA sederajat, yakni bolehkah daftar Beasiswa Program Bidikmisi 2017 sekalipun tidak memiliki prestasi dan memiliki nilai rapor per semester naik turun. Perlu di sampaikan bahwa saat tulisan ini di posting Panduan Program Bidikmisi 2017 belum diterbitkan, namun Jika mengacu pada Panduan Bidikmisi tahun sebelumnya, berdasarkan penjelasan dari Admin Bidikmisi, persyaratan pendaftaran Bidikmisi tidak menjabarkan prestasi, jadi asalkan Anda memenuhi syarat pendaftaran seleksi masuk, Anda bisa mendaftar Bidikmisi. Silahkan meminta pihak sekolah merekomendasikan Anda di laman pendaftaran Bidikmisi sesuai jadwal.

Jadwal Pendaftaran Program BidikMisi 2017

Jadwal Pendaftaran Bidik Misi Tahun 2017

Tahapan Penyaluran Bantuan Program BidikMisi 2017

  1. Perguruan Tinggi (PT) mengirimkan SK/Surat dari pimpinan PT terkait daftar penerima bidikmisi untuk 1 semester / 1 tahun kedepan disertai data pendukung teknis (pelaporan IPK dan atau sofkopi elektronik data penerima dan rekening) (cepat atau lambatnya tergantung mekanisme internal PT)
  2. Direktorat Belmawa melakukan proses SPP, SPM ( kira kira 1-2 Minggu jika data pada tahap 1 lengkap)
  3. KPPN menerbitkan SP2D (Maksimal 1 hari kerja) dan transfer ke rekening penampungan Satker Direktorat belmawa (Ijin kementerian keuangan)
  4. Direktorat Belmawa memerintahkan Bank Mandiri melakukan proses transfer (1-2 hari kerja)
  5. Bank Mandiri melakukan transfer ke rekening penerima (mekanisme internal bank mandiri)

Dari proses 3-5 maksimal 30 hari kalender atau dana harus dikembalikan ke kas negara dari rekening penampungan.

SYARAT PROGRAM BIDIKMISI 2017

Sebenarnya sampai tulisan ini dibuat, panduan pendaftaran dan pengajuan Program Bidikmisi 2017 belum dipublikasikan. Hanya saja sekedar sebagai gambaran untuk persiapan, berdasarkan pengalaman dari tahun sebelumnya maka persyaratannya adalah sebagai berikut:

  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017;
  2. Lulusan tahun 2016 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi (PT);
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria: Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya atau Pendapatan kotor gabungan Orang Tua/Wali (Suami IStri) maksimal sebesar 3 juta per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan Orang Tua/Wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal 750 ribu per bulan;
  5. Pendidikan Orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensial akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan: PTN dengan pilihan seleksi masuk: SNMPTN, SBMTPN, dan Seleksi Mandiri PTN, POLITEKNIK, UT, dan Institut Seni, PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

Silahkan tunggu update informasi mengenai Program Bidikmisi 2017 di laman ini atau bisa juga langsung menuju laman resmi di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...