BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Info Hoax Foto Bendera Nazi Jerman Berlogo Bank Indonesia Terbaru

Dapat informasi dari salah seorang sahabat mengenai penampakan foto logo Bank Indonesia baru di bendera Nazi Jerman, positif setelah di cross check ternyata foto tersebut hoax.

Di pagi hari yang cukup cerah ini Blogger Borneo mendapat informasi dari salah seorang sahabat melalui akun media sosialnya di Facebook (nama dan alamat ada pada redaksi) yang memperlihatkan penampakan foto bendera Nazi Jerman berlogo Bank Indonesia baru di sudut kanan atasnya. Dalam foto tersebut ditampakkan juga gambar mata uang rupiah yang menggunakan logo baru Bank Indonesia, ya Blogger Borneo paham gambar dibuat seperti itu untuk memperlihatkan bahwa ada kesamaan antara logo “Komunis” dengan logo Bank Indonesia terbaru.

Merasa penasaran, Blogger Borneo mencoba untuk mencari informasi melalui bantuan Mbah Google. Cukup mengetikkan beberapa kata kunci yang ingin dicari, langsung muncul link-link tulisan yang bisa dijadikan sebagai referensi. Salah satu diantaranya adalah referensi dari blog miliknya Alif Rafik Khan.

Mungkin pada peredaran info hoax kali ini, tidak begitu banyak manipulasi foto yang dilakukan oleh sang pembuatnya. Hal ini dibuktikan dengan begitu mudahnya Blogger Borneo memperoleh referensi yang Insya Allah valid dan akurat terkait dengan penampakan logo Bank Indonesia baru di bendera Nazi Jerman.

Logo Bank Indonesia di Bendera Nazi Jerman Hoax
Logo Bank Indonesia di Bendera Nazi Jerman Hoax

Gambar diatas merupakan penampakan yang beredar di media sosial saat ini. Khusus pada tulisan ini, Blogger Borneo sengaja menggunakan kalimat Logo Bank Indonesia baru di bendera Nazi Jerman daripada Logo Komunias di Mata Uang Rupiah Indonesia terbaru karena memang logo BI baru yang dimasukkan dalam bendera tersebut dengan melakukan beberapa teknik manipulasi gambar.

Meskipun Blogger Borneo bukan merupakan seorang desainer atau ahli desain grafis profesional, tapi sepertinya pandangan orang awam pun sudah bisa melihat letak manipulasi gambarnya dimana. Hanya saja karena terkadang para pengguna media sosial malas untuk melakukan tabayyun dulu, maka dengan “ringan jari” mereka menyebarkan kembali informasi bersifat hoax tersebut.

Sekarang coba perhatikan penampakan gambar dibawah ini:

Red Army Soldiers Raising The Soviet Flag on The Roof of The Reichstag Berlin Germany
Red Army Soldiers Raising The Soviet Flag on The Roof of The Reichstag Berlin Germany

Gambar diatas saya peroleh dari salah satu postingan blog miliknya Alif Rafik Khan yang berjudul “Fakta Menarik Di Balik Foto Bendera Soviet Yang Dikibarkan Di Reichstag!”. Jika diperhatikan waktu publikasinya, postingan tersebut dibuat pada hari Kamis, (02/06/2010) atau sekitar 6 tahun lalu. Lihat logo palu arit sebagai simbol komunis yang ada di pojok kanan atas bendera yang dikibarkan itu, apakah sama atau beda dengan logo Bank Indonesia terbaru? Tidak perlu dijawab ya… Blogger Borneo kira sudah cukup jelas klarifikasinya. 😉

Nah, sekarang ada hal unik yang Blogger Borneo temukan di postingan ini ketika setelah membacanya secara lengkap ternyata isi kontennya membahas mengenai indikasi manipulasi foto yang dilakukan demi membuat suasana dalam foto tersebut semakin dramatis.

Sekarang perhatikan lagi penampakan foto dibawah ini, kira-kira apakah ada perbedaan dengan penampakan foto sebelumnya?

Reichstag Flag Soviet Battle of Berlin Germania Statue Yevgeny Khaldei
Reichstag Flag Soviet Battle of Berlin Germania Statue Yevgeny Khaldei

“Ini adalah foto asli Yevgeny Khaldei sebelum diedit. Apakah anda perhatikan bahwa terdapat dua buah jam tangan di lengan prajurit yang menopang pengibar bendera?”, kalimat ini merupakan keterangan foto yang dimuat dalam blog http://alifrafikkhan.blogspot.co.id/.

Secara lengkap, penulis blog tersebut menceritakan kisah dibalik penampakan foto tentara Nazi Jerman sedang mengibarkan bendera ketika perang.

Sang penulis menjelaskan bahwa “Pengibaran bendera di Reichstag” adalah foto bersejarah yang diambil pada tanggal 2 Mei 1945 oleh fotografer Yevgeny Khaldei. Foto tersebut memperlihatkan beberapa orang tentara Merah mengibarkan bendera Uni Soviet di atas atap bangunan Reichstag Jerman selama berlangsungnya Pertempuran Berlin dalam Perang Dunia II. Foto tersebut luar biasa ngetopnya, dan diprint ulang dalam ribuan publikasi. Bisa dikatakan bahwa foto tersebut merupakan salah satu foto yang disebut-sebut sebagai gambar paling penting dan paling dikenal dari sebuah peperangan, khususnya Perang Dunia II!.

Setelah menyelesaikan pengambilan gambarnya, Khaldei segera terbang pulang ke Moskow bersama foto tersebut. Dia lebih lanjut lagi mengedit fotonya karena ketahuan bahwa salah satu orang yang membantu pengibaran bendera di Reichstag memakai dua buah jam tangan, yang menandakan bahwa salah satu jam tersebut merupakan jam curian! Dengan menggunakan jarum, Khaldei mampu menghilangkan salah satu jam yang menempel di tangan si prajurit. Dia juga meng-copy asap dari foto lain dan ditambahkan ke fotonya untuk membuat foto tersebut tambah dramatis. Weleh-weleh, ini lah Adobe Photoshop ala Rusia!

Foto tersebut pertama kali nampang di majalah Ogonyok terbitan 13 Mei 1945. Meskipun Khaldei bukanlah fotografer satu-satunya yang membuat foto bendera di atap Reichstag, tapi foto dia lah yang paling menyedot perhatian dan paling berkesan pada saat itu.

Makin kompleklah proses manipulasi yang telah dilakukan pada foto tersebut, setelah sebelumnya dikondisikan dramatis dengan menambahkan asap hitam di belakangnya, untuk saat ini malah dimanipulasi kembali dengan mengganti logo sebenarnya berbentuk palu arit dengan logo Bank Indonesia terbaru. Jujur saja, Blogger Borneo benar-benar merasa salut dengan Sang Kreator karena bisa membuatnya sangat begitu mirip. Semoga kedepannya ilmu dan keterampilan yang dimiliki bisa digunakan untuk hal-hal lebih bermanfaat. Amin…

Dan bagi para netizen, jangan gegabah menyebarkan informasi yang sekiranya masih diragukan kebenarannya ya. Ingat bahwa kondisi penyebaran informasi di Inonesia khusus saat sekarang ini sudah masuk dalam kondisi mengkhawatirkan karena sangat susah untuk membedakan mana informasi yang benar, mana informasi yang hoax. Semoga kita tidak terjebak dengan turut serta menyebarkan berita hoax yang mereka sebarkan. (DW)

Referensi:

  • http://alifrafikkhan.blogspot.co.id/2010/06/fakta-menarik-di-balik-foto-bendera.html
You might also like
5 Comments
  1. @gajahpesing says

    semoga tetap istiqomah dalam menyebarkan informasi yang betul, bersama blogger lainnya bisa memerangi HOAX
    semangat buat rekan blogger borneo (y)

    1. Dwi Wahyudi says

      Miris juga lihat sekarang informasinya sudah berantakan kemana-mana, sulit membedakan mana yang benar mana yang hoax. Kasihan kawan2 biasanya ikutan terjebak menyebarkan. Semoga bisa selalu istiqomah, amin… Btw, thanks buat kunjungannya Bang. 🙂

  2. geronimo says says

    banyak yg gagal paham ya bang gara2 dah di edit. jago bener yg bikin hoax. salut.

  3. Pardicukup says

    Semoga rekan-rekan Blogger dapat mengurangi konten negatif yang sedang marak di Indonesia.

    1. Dwi Wahyudi says

      Justru itu tugas seorang blogger Mas Bro 😉

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge