BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Iklan Google Tawarkan Nilai Lebih Dibandingkan Iklan Media Cetak Maupun Televisi

Sebagai seorang pelaku bisnis, khususnya yang bergerak di bidang penjualan, tentulah ingin produknya bisa laris di pasaran dan dikenal oleh masyarakat luas. Berbagai upaya dilakukan demi mencapai keinginan tersebut, dan salah satu diantaranya adalah dengan memasang iklan secara online.

Google Adwords
Image: BrainPulse.Com

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa memasang iklan merupakan salah satu cara untuk mengenalkan produk kepada masyarakat baik itu secara online dan offline. Hal ini dilakukan demi membangun citra terhadap produk yang dijual dimana tujuan akhirnya adalah nilai penjualan yang meningkat. Seiring dengan perkembangan zaman sendiri iklan tak hanya bisa dilakukan dengan jalan manual, melalui media cetak atau televisi saja, melainkan juga internet. Iklan Google menjadi salah satu pilihan utama bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan mereka.

Google merupakan salah satu perusahaan mesin pencari yang jumlah penggunanya paling tinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Hal inilah yang membuat pelaku bisnis lebih condong memilih Google dibandingkan dengan perusahaan atau mesin pencari yang lainnya. Dengan beriklan nantinya semakin banyak masyarakat baik itu target market maupun tidak yang mengenal produk Anda, baik itu barang maupun jasa.

Dalam jangka waktu pendek mungkin mereka hanya sebatas mengenal saja, namun lama kelamaan jika terus tertera iklan dampaknya juga bisa jadi pengguna. Iklan dikatakan sukses jika bisa sampai membuat seseorang membeli produk atau menggunakan jasa yang diiklankan tersebut. Adapun banyak keuntungan iklan Google dibandingkan dengan media yang lainnya, diantaranya adalah:

  1. Targetnya jauh lebih jelas, mereka yang memasang iklan lewat media televisi umumnya tidak bisa menjangkau target yang sudah dipeta-petakan, karena pemirsa atau konsumen televisi sendiri tak terbatas untuk berbagai kalangan usia. Berbeda dengan iklan lewat internet, ada sebuah data base khusus yang digunakan untuk melihat jenis kelamin, hobby hingga kecenderungan mereka senang akses internet untuk kebutuhan apa. Sehingga target yang disasar jauh lebih jelas.
  2. Jangka waktu pemasangan jauh lebih fleksibel, pelaku bisnis bisa menentukan sendiri jangka waktu yang diinginkan untuk beriklan dengan dana yang dimiliki, begitu juga kemana nantinya iklan tersebut akan dipasang, baik itu di sebuah blog, media sosial atau situs berita. Berbeda dengan iklan lewat media cetak yang sudah pasti akan dipasang dimana dengan ukuran yang ditentukan oleh bagian management perusahaan percetakan tersebut.
  3. Biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan beriklan lewat media yang lainnya. Ketika Anda memutuskan untuk beriklan lewat media cetak, biaya minimal yang harus dikeluarkan mulai dari 10 juta rupiah. Untuk space yang sangat terbatas. Begitu juga media televisi, dalam beberapa detik saja tawaran harganya mulai dari puluhan juta. Sehingga hanya mereka dengan anggaran tinggi saja bisa beriklan disini. Namun pemasangan lewat internet tidak. Biayanya sangat murah bahkan mulai dari puluhan ribu rupiah saja.
  4. Bisa dalam berbagai bentuk, iklan internet tak hanya dalam bentuk gambar saja, melainkan juga bisa berbentuk video, ketika Anda ingin memasangkannya ke sebuah jejaring sosial Youtube. Bentuk lainnya juga ada gambar bergerak. Tak seperti media cetak yang bentuknya sudah pasti gambar, begitu juga dengan televisi yang bentuknya sudah pasti video.
  5. Tak harus menyewa jasa pembuatan iklan, Anda bisa membuat sebuah tagline ataupun mengambil gambarnya sendiri, sehingga kreatifitas tak terbatas.

Itulah yang membuat kian banyak pelaku usaha menjaring target market lewat iklan Google tersebut. Pemasangannya selain langsung mempercayakan ke Google Adsense, maka juga bisa Anda percayakan ke beberapa situs jual beli online yang grafiknya memang tinggi, hingga sebuah situs berita online.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge