Gula Darah Tinggi, Apa Akibatnya?

Tubuh manusia memang memerlukan kadar gula dalam darah untuk berbagai keperluan. Salah satu di antaranya adalah guna memenuhi kebutuhan akan energi dalam tubuh. Akan tetapi, apabila kadar gula darah tinggi, hal ini justru dapat menjadi ancaman serius. Penyakit diabetes atau kencing manis mengintai orang-orang dengan kadar gula yang tinggi di dalam tubuhnya. Gula darah dapat menjadi tinggi sebagai akibat dari faktor hormon ataupun gaya hidup, seperti terlalu banyak konsumsi junk food, kurang bergerak serta kurang istirahat. Stress juga bisa menjadi akibat seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Pada penderita diabetes, mereka telah mencapai taraf di mana tubuhnya tidak dapat mengontrol glukosa karena tubuh tidak memproduksi insulin.

Tak perlu cemas apabila kadar gula darah Anda tinggi, karena ternyata gula darah tinggi dapat diturunkan. Konsultasi dengan dokter dan rutin konsumsi obat yang diberikan akan sangat membantu dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan sebagai pengobatan pertama meliputi diet rendah karbohidrat serta mengurangi asupan gula dalam tubuh. Beberapa makanan sebagai ganti karbohidrat dapat Anda konsumsi seperti sereal, roti serta kacang kedelai.

Penyebab Diabetes Melitus
Penyebab Diabetes Melitus (Sumber: TropicanaSlim.Com)

Selain pengaturan makanan, mengatur kegiatan dengan memperbanyak olahraga juga penting untuk dilakukan. Tidak perlu jauh-jauh ke pusat kebugaran. Berolahraga di dalam rumah seperti senam atau jalan kaki di sekitar rumah sudah sangat membantu.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjaga emosi agar tidak mudah stress. Walau kelihatannya sepele, stress dapat mengakibatkan beragam penyakit, salah satu di antaranya adalah diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, sediakan waktu untuk beristirahat secara cukup setiap harinya agar tubuh dapat kembali segar untuk beraktivitas. Cara lain yang dapat Anda tempuh adalah mengganti konsumsi gula konvensional menjadi gula rendah kalori. Cara ini akan menghindari Anda dari penumpukan glukosa yang bisa berujung pada diabetes serta berbagai penyakit komplikasi lainnya. Ganti gula Anda dengan Tropicana untuk membantu menghindarkan diri dari resiko gula darah tinggi dan penyakit diabetes. (BP)

You might also like More from author

Comments

Proses...