Gerakan Satu Suara untuk Pulau Komodo Keajaiban Dunia

 Catatan
Toko Online Busana Muslim Terbaik di Indonesia

Pulau Komodo ini cukup terkenal di dunia. Karena selain merupakan habitat asli dari hewan reptil Komodo, pulau ini juga memiliki keindahan yang cukup membuat tertarik turis mancanegara dan domestik. Pulau ini dijadikan Taman Nasional Komodo oleh pemerintah pusat untuk melestarikan populasi Komodo. Kepulauan Komodo ini terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa dan dipisahkan oleh selat Sape. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki luas 390 km2 dan memiliki populasi penduduk sekitar 2000 jiwa.

Sejarah Pulau ini berawal ketika pada tahun 1910 orang-orang Belanda yang saat itu menjajah Indonesia menjuluki pulau ini dengan sebutan Pulau Komodo. Pada saat itu Letnan Steyn van Hens Broek mencoba membuktikan laporan anak buahnya tentang adanya hewan yang menyerupai naga dipulau tersebut. Steyn membunuh seekor komodo dan mencoba untuk menelitinya di Museum Botanical Garden yang berada di Bogor.

Hewan Komodo sendiri merupakan kadal terbesar di dunia yang memiliki nama latin Varanus Komodoensis. Panjang Komodo dapat mencapai 3 meter dan memiliki berat mencapai 140 kg. Komodo dipercaya sebagai sisa binatang purba jaman dinosaurus yang masih hidup.

Di pulau Komodo ini, hingga agustus 2009 , di pulau ini telah tercatat ada sekitar 1300 ekor komodo yang hidup dan berkembang biak dengan baik. Ditambah dengan jumlah Komodo yang berada di pulau Rinca dan pulau Gili Motang, jumlah keseluruhan Komodo sekitar 2500 ekor.

Selain terdapat habitat Komodo, ternyata pulau ini memiliki perairan yang termasuk keajaiban dunia bawah air. Dasar laut perairan Komodo adalah salah satu yang terbaik di dunia, di permukaan laut menyembul daratan-daratan kering yang berbukit karang dan membuat perairan ini menjadi tujuan untuk menyelam para turis mancanegara untuk menikmati keindahannya. Di pulau ini juga terdapat eksotisme flora yang beragam. Seperti kayu sepang yang dijadikan warga sekitar sebagai obat dan pewarna pakaian. Ada juga pohon nitak atau sterculia oblongata diyakini berguna sebagai obat juga dan bijinya dapat dimakan karena gurih seperti kacang.

Komodo yang kini sedang berjuang pada babak pertama dan berhasil masuk sebagai 28 finalis diantara 77 peserta dunia. Deklarasi pengumuman Final 7 keajaiban dunia akan dilaksanakan pada 11-11-2011. Jika anda setuju pulau komodo juga menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, maka silakan mengirim SMS dengan mengetik KOMODO dan kirim ke 9818. Info lebih lengkap bisa dengan mengunjungi situs www.pilihkomodo.com. Mari kita satukan suara agar Pulau Komodo bisa masuk dalam 7 Keajaiban Dunia.

Sumber Tulisan: Metrotainment.Net

Author: 

Blog yang berisi info mengenai Pontianak, perjalanan Blogger Borneo, liputan kegiatan, dan review produk jasa terbaru. Jika ada yang berminat produknya direview langsung aja menghubungi 08565030366. Thanks...

Kursus Komputer Murah Terbaik di Jakarta

Dapatkan update artikel terbaru dari Blogger Borneo. Cukup masukan alamat email dan klik BERLANGGANAN.

Cek Kotak Surat Setelah Memasukkan Email untuk Melakukan Verifikasi

11 Responses

  1. farizalfa10/10/2011 at 6:43 PMReply

    Komodo kita, keajaiban dunia.
    Yeeeeeeeee

    udah kirim sms bang bro?

    • Author

      Dwi Wahyudi10/10/2011 at 7:12 PMReply

      Udah kirim SMS kemarin, sebelum buat tulisan ini :-)

  2. farizalfa11/10/2011 at 12:03 AMReply

    Hihihihi
    semoga saja komodo benar-benar bisa menjadi keajaiban dunia.
    :)

    • Author

      Dwi Wahyudi11/10/2011 at 10:56 AMReply

      Amin bro, btw udah kirim SMS nya belum? Ane sih udah kirim kemarin, ngga mahal kok bro. Trims…

  3. gajah_pesing11/10/2011 at 2:51 PMReply

    sudah VOTE by SMS :D

  4. Nurul Imam12/10/2011 at 4:22 PMReply

    Saya suah ikutan vote lewat SMS ketika di beritahukan Di siaran TV Indonesia Melawan Qatar kemaren

  5. naysila15/10/2011 at 3:42 AMReply

    Salah satu aset bangsa yg tinggi nilainya

  6. a!17/10/2011 at 1:06 PMReply

    hmmm, kok pada ngomongin komodo ya. seragam banget. :)

    • Author

      Dwi Wahyudi18/10/2011 at 5:27 AMReply

      Ya iyalah bro, Komodo gitu lho. Wong Si Komo lewat aja pada macet semua, apalagi Komodo. Ngga nyambung, wkwkwkwkw…

  7. Blog SEO17/10/2011 at 9:53 PMReply

    Baru tahu nih, langsung di SMS deh..

    • Author

      Dwi Wahyudi18/10/2011 at 5:23 AMReply

      Sip, mari kita dukung Pulau Komodo jadi salah satu keajaiban dunia…

Leave a Reply