Opini

Gerakan Satu Suara untuk Pulau Komodo Keajaiban Dunia

Gerakan Satu Suara untuk Pulau Komodo Keajaiban Dunia

Pulau Komodo ini cukup terkenal di dunia. Karena selain merupakan habitat asli dari hewan reptil Komodo, pulau ini juga memiliki keindahan yang cukup membuat tertarik turis mancanegara dan domestik. Pulau ini dijadikan Taman Nasional Komodo oleh pemerintah pusat untuk melestarikan populasi Komodo. Kepulauan Komodo ini terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa dan dipisahkan oleh selat Sape. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki luas 390 km2 dan memiliki populasi penduduk sekitar 2000 jiwa.

Sejarah Pulau ini berawal ketika pada tahun 1910 orang-orang Belanda yang saat itu menjajah Indonesia menjuluki pulau ini dengan sebutan Pulau Komodo. Pada saat itu Letnan Steyn van Hens Broek mencoba membuktikan laporan anak buahnya tentang adanya hewan yang menyerupai naga dipulau tersebut. Steyn membunuh seekor komodo dan mencoba untuk menelitinya di Museum Botanical Garden yang berada di Bogor.

Hewan Komodo sendiri merupakan kadal terbesar di dunia yang memiliki nama latin Varanus Komodoensis. Panjang Komodo dapat mencapai 3 meter dan memiliki berat mencapai 140 kg. Komodo dipercaya sebagai sisa binatang purba jaman dinosaurus yang masih hidup.

Di pulau Komodo ini, hingga agustus 2009 , di pulau ini telah tercatat ada sekitar 1300 ekor komodo yang hidup dan berkembang biak dengan baik. Ditambah dengan jumlah Komodo yang berada di pulau Rinca dan pulau Gili Motang, jumlah keseluruhan Komodo sekitar 2500 ekor.

Selain terdapat habitat Komodo, ternyata pulau ini memiliki perairan yang termasuk keajaiban dunia bawah air. Dasar laut perairan Komodo adalah salah satu yang terbaik di dunia, di permukaan laut menyembul daratan-daratan kering yang berbukit karang dan membuat perairan ini menjadi tujuan untuk menyelam para turis mancanegara untuk menikmati keindahannya. Di pulau ini juga terdapat eksotisme flora yang beragam. Seperti kayu sepang yang dijadikan warga sekitar sebagai obat dan pewarna pakaian. Ada juga pohon nitak atau sterculia oblongata diyakini berguna sebagai obat juga dan bijinya dapat dimakan karena gurih seperti kacang.

Komodo yang kini sedang berjuang pada babak pertama dan berhasil masuk sebagai 28 finalis diantara 77 peserta dunia. Deklarasi pengumuman Final 7 keajaiban dunia akan dilaksanakan pada 11-11-2011. Jika anda setuju pulau komodo juga menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, maka silakan mengirim SMS dengan mengetik KOMODO dan kirim ke 9818. Info lebih lengkap bisa dengan mengunjungi situs www.pilihkomodo.com. Mari kita satukan suara agar Pulau Komodo bisa masuk dalam 7 Keajaiban Dunia.

Sumber Tulisan: Metrotainment.Net

150 total views, 3 views today

Komentar via Facebook

Komentar

Opini
@BloggerBorneo

Blogger Borneo News merupakan media online independen yang berisikan informasi seputar Kalimantan Barat, liputan khusus, dan review produk terbaru. Bagi yang berminat produknya direview bisa melihat syarat dan ketentuan di halaman LAYANAN .

More in Opini

Logo MMM Indonesia

Promosi MMM Semakin Gencar, Masyarakat Harus Tetap Waspada

Dwi Wahyudi10/04/2015
Tingkah Aneh Foto Selfie dengan Nisan Kuburan

Fenomena Baru Berselfie Ria Bersama Nisan Kuburan

Dwi Wahyudi31/03/2015
Kominfo dan BNPT Blokir 19 Situs Islam

19 Situs Islam Diblokir Kominfo dan BNPT, Ada Apa Gerangan?

Dwi Wahyudi30/03/2015
Menteri Agraria dan Tata Ruang Era Jokowi

Menteri Agraria Dianggap Plin Plan Terkait PBB, Ini Klarifikasinya

Dwi Wahyudi28/03/2015
Sertifikasi Halal Tempat Kuliner

Pentingnya Sertifikasi Halal bagi Lokasi Kuliner Khas di Pontianak

Dwi Wahyudi28/03/2015
Taman Alun Pontianak Menjelang Malam

Alasan Blogger Borneo Tak Suka Jakarta

Dwi Wahyudi03/02/2015