BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Gejala Penyakit Diare yang Biasa Timbul pada Anak

Perubahan musim yang tak menentu seperti saat ini bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik itu dewasa ataupun anak-anak. Penyakit yang sering menyerang pada anak-anak adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Salah satu penyakit pencernaan yang menyerang anak adalah diare. Penyakit diare ini bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik dan cepat. Bahkan penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Kurangnya pengetahuan orang tua tentang gejala penyakit diare anak adalah salah satu faktor yang bisa mengakibatkan penyakit tersebut menjadi sangat berbahaya. Nah apa sajakah gejala tersebut? Untuk informasi dan pengetahuan anda, berikut ini akan dibahas tentang gejala timbulnya penyakit diare.

Gejala pertama yang harus diwaspadai adalah jika intensitas BAB anak anda meningkat dari biasanya, hal ini mesti anda waspadai karena gejala pertama ini sering tidak disadari oleh para orang tua. Gejala yang muncul ini bisa berlangsung secara terus menerus. Jika terjadi hal yang demikian maka ada baiknya pemeriksaan kesehatan anda secara dini sangat dianjurkan.

Gejala Penyakit Diare pada Anak
Gejala Penyakit Diare pada Anak (Sumber: PondokIbu.Com)

Gejala yang selanjutnya jika konsistensi dari kotoran yang dikeluarkan sangat lembek bahkan cair berarti anak anda mengalami diare. Hal seperti ini bisa terjadi dikarenakan oleh terjadinya malfungsi usus dalam penyerapan cairan. Usus tidak bekerja secara maksimal yang akibatnya cairan yang harusnya diserap oleh tubuh malah terbuang bersama kotoran.

Jika kotoran yang keluarkan berbusa bahkan sampai mengandung darah, ini berarti jika anak anda mengalami penyakit diare. Segera lakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi hal yang lebih buruk pada anak anda. Jika tidak segera diberi pengobatan atau tindakan pencegahan, bukan tidak mungkin anak anda mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh. Bahkan bisa mengyebabkan kematian.

Gejala yang timbul diatas bisa dicegah dengan berbagai cara, salah satu cara yang bisa anda terapkan dalam menangkal gejala penyakit diare anak ialah dengan menjaga kebersihan dengan mandi memakai sabun mandi anti bakteri. Juga dengan membersihkan alat makan dan mainan anak anda yang dapat menyebabkan timbul dan berkembangnya bakteri jahat yang mengganggu kesehatan anak anda. (BP)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge