BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Gejala Penyakit Diare dan Cara Mencegahnya

Masalah kesehatan yang terjadi pada bagian sistem pencernaan terdiri dari berbagai jenis penyakit yang beragam. Salah satunya yaitu diare yang merupakan penyakit yang ditandai dengan masalah frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya. Diare bisa muncul karena berbagai macam faktor, mulai dari makanan, masalah kebersihan dan lain sebagainya. Berbagai kalangan dapat mengalami beberapa gejala penyakit diare apabila tidak menjaga kebersihan dan memperhatikan asupan makanan dengan baik dan benar. Bahkan bayi dan anak-anak juga memiliki resiko diare yang lebih besar ketimbang orang dewasa mengingat sistem pencernaan yang masih dalam proses penyesuaian.

Ada beberapa gejala yang bisa timbul apabila tubuh mulai mengalami diare. Salah satu gejala diare adalah buang air besar berbentuk cair yang sangat sering, lebih dari 3 kali dalam seharian. Selain itu, diare juga menimbulkan rasa sakit di bagian perut hingga kram. Tubuh seseorang yang mengalami diare biasanya menjadi lebih mudah lelah dan lemas karena kehilangan cukup banyak cairan. Hal ini juga diiringi dengan penurunan nafsu makan, demam, mual, muntah hingga muncul bercak darah pada tinja yang keluar ketika buang air besar.

Gejala Penyakit Diare pada Orang Dewasa
Gejala Penyakit Diare pada Orang Dewasa (Sumber: Klipingan.Com)

Untuk mencegah diare dan berbagai masalah pencernaan lainnya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  1. Jaga kebersihan lingkungan dengan baik dan maksimal.
  2. Pastikan kebersihan air yang digunakan sehari-hari untuk minum, mandi dan lainnya senantiasa terjaga.
  3. Hindari jajan atau makan makanan yang sembarangan.
  4. Penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh sesuai kebutuhan.
  5. Pastikan semua makanan yang dikonsumsi steril dan telah bersih alias tidak terkontaminasi kuman.

Biasakanlah mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas agar kondisi tangan senantiasa bebas bakteri dan kuman penyebab masalah kesehatan. Gunakanlah sabun Lifebuoy yang mengandung bahan aktif pembasmi kuman untuk melindungi tubuh Anda dan keluarga dari masalah penyakit yang tidak terduga. Selain bermanfaat untuk mencegah gejala penyakit diare dan berbagai masalah pencernaan, menggunakan sabun Lifebuoy juga bermanfaat untuk meningkatkan perlindungan kesehatan dari berbagai infeksi, virus dan bakteri yang berkembang semakin kuat. (BP)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge