Gambaran Rute Perjalanan Menuju Sail Selat Karimata 2016

Masih terkait dengan tulisan sebelumnya mengenai Road to Selat Karimata 2016, kali ini Blogger Borneo mencoba untuk memberikan gambaran mengenai rute perjalanan yang bisa ditempuh untuk mencapai lokasi penyelenggaraan kegiatan yaitu di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

Pada kondisi umum, untuk bisa mencapai lokasi tersebut, bisa menggunakan dua jalur yaitu sungai dan darat. Jika menggunakan jalur darat, harus melalui dermaga penyeberangan Rasau Jaya, sedangkan jika menggunakan jalur sungai harus menggunakan speedboat tujuan Pontianak – Sukadana. Setiap harinya, speedboat berangkat dari dermaga belakang Pasar Kapuas Indah sekitar jam 9 pagi. Biaya speedboat per sekali jalan adalah Rp. 240.000,- per orang. Blogger Borneo sendiri Insya Allah akan menggunakan jalur sungai menggunakan speedboat.

BACA JUGA: PENGALAMAN PERTAMA KE SUKADANA KAYONG UTARA

Dalam perjalanan, nanti Blogger Borneo akan singgah di Pasar Kubu untuk makan siang. Wah, kalau sudah berada disini yang pasti menjadi incaran adalah menu udangnya. Siapa yang tidak kenal dengan Udang Bakau Kubu, selain bentuknya besar juga rasanya gurih dan segar. Bagi yang merasa penasaran, tunggu update foto penampakannya nanti ya… 😉

Sail Karimata 2016
Speedboat Tujuan Pontianak – Sukadana (Foto: Dok. Pribadi)

Sebelum sampai di dermaga tujuan di Sukadana, Blogger Borneo akan singgah di dermaga Teluk Batang untuk menurunkan atau menaikkan penumpang. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai Sukadana menggunakan speedboat kurang lebih 4-5 jam kurang lebih. Jadi sebelum berangkat, minimal sudah harus persiapan ya. Kalau yang suka ngemil ya bawa cemilan, kalau yang mabuk ya bawa obat mabuk, kalau yang bawa pasangan ya harap bisa dijaga baik-baik disampingnya. 😀

Sekarang seumpamanya Blogger Borneo sudah tiba di lokasi tujuan, apa yang harus dilakukan??? Tentu saja Blogger Borneo harus mencari tempat penginapan untuk bermalam disana. Nah, khusus untuk fasilitas penginapan ini sepertinya untuk saat ini sudah sangat sulit didapatkan karena memang momennya bertepatan dengan pelaksanaan Sail Karimata 2016.

BACA JUGA: PENGALAMAN MENGINAP DI HOTEL MAHKOTA KAYONG

Ada sekitar belasan ribu orang memenuhi kota Sukadana pada saat sekarang, sedangkan hotel yang ada hanyalah Hotel Mahkota Kayong Utara. Otomatis para pengunjung harus mencari alternatif lain buat menginap di homestay-homestay atau paling seru dengan mencari rumah-rumah penduduk yang pemiliknya menyediakan jasa penginapan.

Pantai Pulau Datok Sail Karimata 2016
Pantai Pulau Datok (Foto: Tribunnews.Com)

Rombongan Presiden RI Bapak Jokowi diperkirakan hari ini sudah tiba di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara menggunakan jalur darat. Direncanakan Jokowi akan hadir pada acara puncak Sail Karimata 2016 pada tanggal 15 Oktober lusa. Menurut informasi diperoleh dari panitia pelaksana, Jokowi akan menginap di villa khusus tamu VVIP yang posisinya menghadap laut. Bagi para pengunjung dari kalangan umum, mereka bisa menginap di homestay-homestay yang telah disediakan oleh para penduduk.

BACA JUGA: PONTIANAK KOTA WISATA PALING MENARIK DI INDONESIA

Berikut merupakan informasi mengenai tarif dasar penginapan serta contact person yang bisa dihubungi, antara lain:

  • Kamar Per Malam 200 Ribu, Fasilitas: Tikar/Karpet/Permadani.
  • Kamar Per Malam 225 Ribu, Fasilitas: Tikar/Karpet/Permadani dan Kipas Angin.
  • Kamar Per Malam 250 Ribu, Fasilitas: Tikar/Karpet/Permadani, Kipas Angin, dan WC Dalam.
  • Kamar Per Malam 275 Ribu, Fasilitas: Kasur/Spring Bed.
  • Kamar Per Malam 300 Ribu, Fasilitas: Kasur/Spring Bed dan Kipas Angin.
  • Kamar Per Malam 350 Ribu, Fasilitas: Kasur/Spring Bed, Kipas Angin, dan WC Dalam.
  • Kamar Per Malam 400 Ribu, Fasilitas: Kasur/Spring Bed dan AC.
  • Kamar Per Malam 450 Ribu, Fasilitas: Kasur/Spring Bed, AC, dan WC Dalam

Contact Person:

  • Didit Kurniawan (0852-4578-6279)
  • Syuandi (0852-4626-3512)
  • Gusti Adi (0852-5210-5906)
  • Eko Apriyanto (0853-9104-9666)
  • Galih (0813-4500-0940)
  • Rellyanto (0813-4538-8220)
  • Rizhar (0852-4525-8670)
  • Hervan (0852-4522-7948)

You might also like More from author

Comments

Proses...