Festival Kulminasi Matahari, Agenda Pertama Pemerintah Daerah Kubu Raya Tahun 2017

Pesona Kulminasi Matahari menjadi daya tarik tersendiri karena dalam satu tahun hanya dialami dua kali pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Jika selama ini hanya Pemerintah Kota Pontianak yang menyelenggarakannya karena disana terdapat Tugu Khatulistiwa, maka mulai pada tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga turut melaksanakannya.

Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya akan menjadi tempat diselenggarakannya Festival Kulminasi Matahari Tahun 2017. Akhirnya setelah melalui proses yang cukup panjang dengan melibatkan beberapa pihak terkait, keberadaan titik lokasi kawasan yang nantinya akan diberi nama Kakap Equator Park (KEP) ini sekarang sudah mulai tampak wujudnya.

Menurut Budiman Verry, salah seorang inisiator berdirinya Kakap Equator Park menjelaskan bahwa selain akan dibangun Tugu Khatulistiwa, nantinya di lokasi ini akan dibuat juga gertak-gertak kayu yang akan saling berhubungan satu sama saling di tengah-tengah kawasan Hutan Mangrove sehingga para pengunjung dapat berjalan dan melihat keindahan sepanjang pesisir sungai.

Meski sudah diinisiasi sejak lama, namun pada tahun ini merupakan kali pertama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terjun langsung dalam proses pelaksanaanya. Sebagai peristiwa yang sangat jarang terjadi di kota-kota lain di Indonesia, seharusnya agenda kegiatan yang sifatnya rutin tahunan ini dapat mendapatkan tempat dan perhatian Pemerintah. Beberapa nama, seperti: Equator Village, P3MP, Karang Taruna Desa Jeruju Besar, Pokdarwis, Pemerintah Desa Jeruju Besar, dan Pemerintah Kecamatan Sungai Kakap sudah saling berkomitmen bersama dalam mengembangkan Desa ini menjadi Desa Wisata berbasis Kearifan lokal dan pemberdayaan masyarakat setempat.

Lokasi Festival Kulminasi Matahari Sungai Kakap Kubu Raya 2017
Lokasi Festival Kulminasi Matahari Sungai Kakap Kubu Raya 2017

Dalam pelaksanaannya, Festival Kulminasi Matahari Kubu Raya 2017 akan dilaksanakan selama 3 hari 3 malam mulai dari tanggal 21-23 Maret 2017, berlokasi di Jalan Lintang 2, RT.01/RW.04, Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Kulminasi sendiri adalah sebuah peristiwa dimana posisi matahari tepat di Garis Khatulistiwa dan hanya bisa dirasakan dua kali dalam setahun yaitu pada Bulan September dan Bulan Maret.

Bagi masyarakat Kubu Raya, perayaan kulminasi ini adalah sejarah baru. Nantinya akan banyak sekali acara yang berlangsung mulai dari Seprahan Ketupat, Malam Seni, Pameran Produk, dan lain sebagainya. Festival Kulminasi Matahari Kubu Raya 2017 dilaksanakan dengan balutan acara yang berkarakter dan melekat tentang kehidupan masyarakat sehari-hari.

BACA JUGA: AGENDA PESONA KULMINASI MATAHARI 2017

Banyak potensi Wisata yang dimiliki Desa Jeruju Besar, khususnya wisata minat khusus seperti memancing dan outbond. Namun, terdapat potensi yang begitu besar dan belum dimanfaatkan yakni Ekowisata Mangrove dan Agrowisata. Adapun, terdapat pula potensi ekonomi pendukung seperti pertanian dan perikanan yang saat ini mendukung kebutuhan masyarakat Kota Pontianak.

Abang Nurdin dari Equator Village mengatakan bahwa dengan mengembangkan desa ini menjadi Desa Wisata semoga bisa membuka akses masyarakat dalam peningkatan ekonomi yang ada di lokasi setempat seperti, budidaya cabe, pisang berangan, kepiting, ikan laut, kepah dan potensi-potensi lainnya. Semoga di bulan September nanti kita bisa melaksanakan Festival Kulminasi Matahari kembali dengan melibatkan seluruh masyarakat Kubu Raya. (ADV)

Comments

Proses...