Eksis di Dunia Maya Membuatku Eksis di Dunia Nyata

Sejak mengenal internet tiga tahun yang lalu, begitu banyak hal positif yang saya dapatkan hingga saat ini. Disaat para pengguna internet Indonesia sedang dimabuk oleh fenomena social media nya, saya malah memutuskan diri untuk menjadi penulis blog atau yang lebih dikenal dengan istilah blogger. Memang pada mulanya saya sempat mengalami kendala dalam menjalani aktifitas baru ini karena bagi sebagian besar orang, aktifitas ngeblog mungkin hanya dianggap sebagai kerjaan orang-orang iseng saja. Dan sebenarnya dipertengahan jalan pun saya pernah merasakan kondisi “kehampaan” dalam beraktifitas, namun berkat tekad dan keinginan kuat yang dimiliki rasa “hampa” tersebut pada akhirnya bisa saya lalui. Alhamdulillah….

Bagi saya sendiri, menjadi blogger merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk dapat menjadi eksis di dunia maya. Mungkin teman-teman juga dapat menerapkannya dalam aktifitas keseharian onlinenya, daripada nge-facebook dan nge-game yang tujuannya hanya untuk senang-senang, lebih baik melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat dengan membuat dan menyebarkan informasi-informasi positif kesemua pengguna internet di dunia. Cuma yang namanya mempertahankan memang tidak semudah memulainya, dari 100 blogger menurut saya hanya 25 persennya saja yang mampu tetap bertahan. Selebihnya sudah tidak tahu lagi kemana rimbanya. Yang harus dipahami disini adalah UNTUK MENJADI EKSIS TETAP DIBUTUHKAN PROSES PEMBELAJARAN DAN USAHA YANG TERUS MENERUS. Tidak ada orang yang langsung bisa eksis hanya dengan sekali melangkah, itu kenyataannya. 🙂

Melalui tulisan ini saya juga ingin berbagi sedikit mengenai cara untuk “mengeksiskan” diri dengan internet, tentunya karena saya seorang blogger maka informasinya juga masih berkaitan dengan aktifitas ngeblog.

TOPIK, FOKUS DAN UPDATE

Ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Tentukan dulu topik apa yang akan diangkat dan sesuaikan dengan isu-isu apa yang sedang merebak. Tetap fokus pada topik tersebut dan terus update tulisan dengan rentangan waktu 3-4 hari paling lama. Salah satu saran yang paling sederhana adalah pilihlah topik terkait dengan hobi ataupun hal-hal yang disukai karena biasanya seseorang suka menulis mengenai sesuatu yang disenanginya. Benar ngga?

KOMUNIKASI DAN SOSIALISASI

Sebagai seorang blogger awam, tulisan sebagus apapun tidak akan dibaca orang jika kita tidak memperkenalkannya. Oleh karena itu, rajin-rajinlah berkunjung ke blognya tetangga (istilahnya blogwalking) dan berikan komentar positif pada setiap tulisannya yang dianggap cukup menarik. Fenomena pengguna internet Indonesia yang kebanyakan social media juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan semua tulisan kita secara massal. Selain itu, bergabunglah dengan sebuah komunitas atau forum sesuai dengan bidang yang disukai. Misalnya topik blog yang diangkat adalah mengenai fotografi, maka carilah komunitas atau forum dibidang fotografi. Diharapkan dari komunitas atau forum tersebut dapat terjadi proses tukar pengalaman sehingga sesama anggota bisa saling melengkapi.

BERBURU INFORMASI POSITIF

Seperti diketahui bahwa internet dapat diasumsikan sebagai sebuah hutan rimba yang sangat luas dimana berbagai macam informasi baik itu bersifat positif maupun negatif terkandung didalamnya. Dari informasi-informasi positif yang didapatkan dapat menjadi bahan pembelajaran dan referensi dalam mengembangkan kemampuan dalam menulis. Karena kita bergerak di dunia maya maka pilihan sumber pencarian informasi juga mesti menggunakan media maya juga. Menurut saya kemampuan diri kita tidak akan berkembang jika tidak ada proses pembelajaran dari luar, oleh karena itu jangan pernah berhenti untuk selalu berburu informasi positif di internet sebagai bagian dari pengembangan diri.

AKTIF MENGIKUTI LOMBA

Selain berpatokan pada komentar pengunjung di tulisan, kita dapat mengukur kualitas tulisan dengan mengikuti lomba-lomba menulis blog yang sering diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu. Ini bisa dijadikan tolok ukur sejauh mana dampak dari proses pembelajaran dan praktek yang sudah dilakukan, apakah ada kemajuan atau hanya jalan ditempat saja. Setidaknya kita dapat melakukan evaluasi kebelakang sebagai salah satu langkah penyempurnaan kedepannya. Jangan pernah berhenti berusaha karena pengalaman merupakan guru yang paling berharga. Itu saya rasakan sendiri dimana setelah beberapa kali gagal menjadi pemenang di lomba-lomba menulis blog sebelumnya, pada minggu lalu tepatnya tanggal 17 Februari 2012 saya berhasil menyabet Juara I Lomba Menulis Blog Nasional yang diselenggarakan oleh salah satu lembaga tinggi negara. Alhamdulillah…

SELALU BERPIKIR SEDERHANA

Di akhir tulisan, saya hanya ingin berpesan agar teman-teman agar SELALU BERPIKIR SEDERHANA. Berbicara mengenai pengalaman, ada dua hal sederhana yang menjadi alasan utama saya menjadi seorang blogger yaitu: SAYA INGIN BELAJAR MENULIS dan SAYA INGIN BERBAGI MANFAAT DARI HASIL TULISAN SAYA TERSEBUT. Jangan pernah berpikiran muluk-muluk karena prestasi dan hadiah yang diperoleh hanyalah bersifat hiburan yang akan datang tepat pada waktunya. Seseorang yang menanam pohon kebaikan tentunya akan dapat menikmati hasilnya ketika pohon itu berbuah. Jadi, jangan pernah takut untuk memulai dan jangan pernah mudah menyerah untuk mempertahankannya. Salam Blogger… (DW)

Profil Video Singkat Penyelenggara Lomba:

Keterangan:

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog yang diselenggarakan oleh AXIS.

You might also like More from author

Comments

Proses...