Dua Siswi SMPN 1 Pontianak Mewakili Indonesia dalam ACGS 2017 di Beijing

ASEAN+3 Center for the Gifted in Science (ACGS) Student Camp and Teacher Workshop, Beijing 15-21 Januari 2017

Satu prestasi kembali ditorehkan oleh dua siswi SMPN 1 Pontianak di awal tahun ini ketika mereka terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN+3 Center for the Gifted in Science (ACGS) Student Camp and Teacher Workshop yang akan digelar di Beijing dari tanggal 15-21 Januari 2017.

Menurut informasi dirilis dari KalbarOnline.Com, Kamis (12/01/2017) kedua nama siswi ini adalah Shaffiyah Cantika Kamia dan Casey Tricia. Dalam sesi wawancaranya, Kepala SMPN 1 Pontianak, Yuyun Yuniarti menjelaskan bahwa hanya dua kota saja yang mewakili Indonesia pada ajang internasional ini, yaitu Kota Pontianak dan Semarang.

“Kota Pontianak dua siswa, sedangkan Semarang tiga siswa. Ini sangat membanggakan bagi kita karena baru kali ini Pontianak mendapat kesempatan mengikuti workshop itu,” ujarnya yang juga akan turut mendampingi siswanya ke Tiongkok, saat ditemui di Kantor Wali Kota usai melakukan audiensi dengan Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Rabu (11/01/2017).

Walikota Pontianak Sedang Berfoto Bersama Dua Siswi SMPN 1 Perwakilan Indonesia ke Beijing
Walikota Pontianak Sedang Berfoto Bersama Dua Siswi SMPN 1 Perwakilan Indonesia ke Beijing (Foto: KalbarOnline.Com)

Sebelum mengikuti ajang international ini, Shaffiyah dan Casey akan diberikan pembekalan mengenai materi deserta perlengkapan-perlengkapan aja saya yang akan dirancang dimana hasilnya nanti akan dipresentasikan secara langsung dalam ACGS Student Camp and Teacher Workshop 2017. Selain itu, kedua siswi ini juga akan dibekali pembelajaran mengenai ilmu sains dan teknologi.

“Selain pembelajaran sains, mereka juga dilatih untuk presentasi dalam Bahasa Inggris. Kita juga bekerja sama dengan Creative Robot School,” kata Yuyun.

Shaffiyah Cantika Kamia, salah satu pelajar yang akan mengikuti workshop ACGS, menuturkan, ia bersama rekannya mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang internasional ini. Diakuinya, di sekolah tempat ia menimba ilmu memang sudah terbiasa dengan presentasi.

“Nah, dari situlah kami terus menggali ulang supaya lebih mantap lagi saat tampil presentasi ketika mengikuti workshop tingkat Asia Pasifik itu. Selain itu juga mempersiapkan daya tahan tubuh supaya kesehatan kami tetap terjaga selama berada di sana,” ungkapnya.

ACGS Student Camp and Teacher Workshop merupakan kegiatan workshop guru dan siswa dalam bidang sains yang diikuti oleh negara-negara Asia Pasifik, dengan tujuan merupakan ajang internasional untuk menumbuhkembangkan bakat dan kreatifitas siswa berbakat di bidang sains dan teknologi. Workshop ini diselenggarakan sebagai wahana bertukar ide dan gagasan di kalangan pelajar dari negara-negara anggota ACGS yang memiliki bakat dan kemampuan di bidang sains. (JF/KO)

You might also like More from author

Comments

Proses...