BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Daftar Komunitas dan Gerakan Edukasi Masyarakat di Indonesia

Berbagai komunitas sosial atau gerakan edukasi masyarakat oleh anak-anak muda di Indonesia yang bertujuan memberikan edukasi untuk saat ini sudah semakin banyak bermunculan. Ada komunitas hobby, komunitas dalam bidang olahraga, komunitas berbasis sosial, komunitas berbasis lingkungan, gerakan dalam bidang kewirausahaan dan masih banyak lagi.

Berikut Komunitas yang memberikan edukasi kepada masyarakat :

1. Indonesia Mengajar

Indonesia mengajar membantu mengisi kekurangan guru sekolah dasar, khususnya di daerah terpencil dengan mengirimkan lulusan terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah dididik intensif untuk menguasai kapasitas kepengajaran dan kepemimpinan untuk bekerja sebagai guru selama satu tahun.

2. Akademi Berbagi

Akademi Berbagi adalah gerakan sosial nirlaba yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang bisa diaplikasikan langsung sehingga para peserta bisa meningkatkan kompetensi di bidang yang telah dipilihnya. Bentuknya adalah kelas-kelas pendek yang diajar oleh para ahli dan praktisi di bidangnya masing-masing.

Lokasi Kegiatan Festival TIK Manado 2014
Lokasi Kegiatan Festival TIK Manado 2014

3. Indonesia Bercerita

Indonesia bercerita adalah suatu gerakan yang muncul dari insiatif mempromosikan dan memberikan upaya mendidik melalui cerita. Indonesia Bercerita menyediakan podcast (mp3) berisi cerita-cerita yang membebaskan imajinasi anak untuk menemukan diri terbaiknya.

4. Indonesia Berkebun

Indonesia berkebun komunitas yang bergerak melalui media jejaring sosial yang bertujuan untuk menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang dikonversi menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif hijau yang dilakukan oleh peran masyarakat dan komunitas sekitar serta memberikan manfaat bagi mereka.

5. Indonesian Future Leader

Indonesian Future Leaders (IFL) Berdiri secara resmi sebagai sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang digerakkan oleh kamu muda.Untuk membawa perubahan, dibutuhkan wadah yang dapat menampung gagasan dan pemikiran, serta menjadi kendaraan dalam melakukan aksi, dan memberikan dampak bagi masyarakat.

6. Sahabat Pulau

Sahabat Pulau adalah organisasi nirlaba yang digerakkan oleh para pemuda dan berbasis kemasyarakatan. Bersama pemuda setempat, kami bekerja sama untuk menginisiasi aksi proyek yang berkelanjutan untuk membantu dan mendukung anak-anak indonesia untuk melanjutkan studi mereka.

7. Relawan TIK Indonesia

Gerakan ini dibentuk oleh Kemkominfo, mempunyai tugas untuk membantu pemerintah untuk menyosialisasikan program penggunaan akses informasi (internet), sekaligus pemberdayaan masyarakat melalui informasi, edukasi sosial, teknologi, dan komunikasi. (DW)

You might also like
5 Comments
  1. muhammad jumani says

    Semoga saja, semakin banyak organisasi dan gerakan edukasi masyarakat yang mendidik dan bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

    1. Blogger Borneo says

      Iya Bro, setidaknya dengan adanya gerakan edukasi masyarakat seperti ini dapat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk memperoleh pengajaran.

  2. Ahmad Kurniadi says

    komunitas blogger pontianak masuk di nomor 8 lah bang 😀

    1. Blogger Borneo says

      Oh iya baru ingat Bro, sebentar saye update lok tulisannye ye… 🙂

  3. Hendri says

    ok juga artikelnya bisa di jadikan referensi buAT yang lain

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge