Cara Pasang Komentar Facebook di Blog WordPress

Setelah sekian lama mencoba mencari cara untuk memasang kotak komentar facebook di Blogger Borneo, akhirnya saya menemukan salah satu tulisan dari miliknya M. Najamudin Ridha. Jika diperhatikan, bahasa yang disajikan dalam tulisan tersebut cukup sederhana dan jelas sehingga dalam penerapannya tidak sulit untuk dilakukan. Kebetulan saya sudah memasang kotak komentar facebook diblog saya.

Berikut ini adalah tampilan kotak komentar facebook yang sudah terpasang.

Untuk langkah-langkah pembuatan dan pemasangannya hanya perlu dilakukan 2 langkah mudah, antara lain:

1. Buat Aplikasi Facebook

Fungsi membuat aplikasi facebook disini adalah untuk mendapatkan AppID yang akan dibutuhkan pada langkah berikutnya.

2. Masuk ke halaman Facebook Social Plugin

Akan muncul tampilan seperti tampak disamping, sesuaikan data-data yang harus diisi seperti: Alamat Blog (URL to comment on), Jumlah Postingan (Number of posts), Lebar Kolom (Width), dan Warna Latar (Color scheme). Kalau sudah klik Get Code.

Copy kode HTML yang terletak dibagian bawah tampilan. Disini ada dua langkah yang harus dilakukan yaitu memasang kode HTML nomor 1 di halaman HEAD dan memasang kode HTML nomor 2 di halaman COMMENT. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar sebagai berikut:

Pada tampilan theme Blogger Borneo posisi HEAD berada di modul Header.php, sedangkan posisi COMMENT berada di modul Comment.php. Saya kira untuk semua blog yang berbasis Content Management System (CMS) khususnya WordPress, semua setingannya sama.

Setelah kode HTML terpasang dengan baik, saatnya melihat hasilnya. It’s work… Selamat mencoba… (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...