Cara Mudah Menyapih Buah Hati dari Botol Susunya

Bunda tentu selalu menyiapkan susu anak terbaik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Setelah lepas dari ASI eksklusif, anak-anak memang butuh susu formula untuk melengkapi kebutuhan gizinya. Asalkan Bunda mahir memilih susu anak yang tepat, tumbuh kembang si kecil pasti berlangsung dengan optimal.

Sayangnya, ada satu masalah klasik yang kerap dihadapi sebagian Bunda ketika memberikan susu pada buah hati. Si kecil ingin selalu minum dari botol susunya. Jika ingin menyapih si kecil dari botol susunya, beberapa cara mudah ini bisa menjadi siasat yang tepat lho :

Kenali Dulu Usia yang Tepat untuk Menyapih

Usia yang tepat untuk menyapih anak dari botol susu adalah sejak umur 1 tahun. Pada umur 1 tahun, memberikan susu dari cangkir mungkin terasa sulit. Apalagi bila buah hati Bunda terbiasa minum susu dari botol sembari tidur-tiduran. Tetapi mulai menyapih sejak umur 1 tahun bukanlah hal mustahil. Perkenalkanlah cangkir secara perlahan-lahan agar si kecil tidak terlalu bergantung pada botol susu kesayangannya.

Berikan di Saat Si Kecil Lapar

Tak masalah menunggu agar si kecil merasa benar-benar lapar. Ketika lapar, si kecil pasti cenderung mau menyantap susu yang disajikan di cangkir. Jika anak-anak masih tidak mau minum dari cangkir, tawarkan segelas susu di cangkir dan sedikit air dalam botol susu kesayangannya. Cara ini cukup ampuh untuk membujuk anak minum dari cangkir. Bila sudah terbiasa dengan cangkir, perlahan-lahan Bunda bisa menghilangkan kebiasaannya minum dari botol.

Proses Menyapih Anak
Proses Menyapih Anak (Sumber: Mommee.Org)

Ajak Buah Hati Bunda Memilih Cangkir Barunya

Cangkir baru yang nyaman digenggam dengan motif dan bentuk menarik tentu membuat buah hati jadi semangat menggunakannya. Jadi, alangkah baiknya bila Bunda mengajak si kecil untuk memilih cangkir barunya sendiri. Bunda juga bisa membelikan beberapa buah cangkir supaya anak-anak tidak cepat bosan minum dari cangkir yang sama.

Jangan Lupa Berikan Pujian

Sebaiknya Bunda memberikan pujian ketika anak-anak mulai minum dari cangkirnya. Karena pujian ini akan membuat buah hati Bunda merasa lebih senang dan semakin mudah lepas dari botol susunya. Bila si kecil belum mau minum dari cangkirnya, jangan memarahi dan memberikan hukuman. Bujuklah perlahan-lahan agar si kecil luluh dan bisa mengubah kebiasannya.

Siap memisahkan si kecil dari botol susu kesayangannya dan memberikan merk susu terbaik si kecil?

Para Bunda cerdas pasti sudah menguasai cara menyapih yang tepat agar si kecil segera beralih minum susu dari cangkir. (BP)

You might also like More from author

Comments

Proses...