Cara Mengukur Kecepatan Halaman Blog dengan Google PageSpeed

Memiliki sebuah blog dengan kualitas kecepatan akses cepat adalah impian bagi para blogger. Tidak dapat dipungkiri bahwa kecepatan akses halaman blog menjadi salah satu tolok ukur Google dalam memberi penilaian terutama dari sisi SEO (Search Engine Optimization). Tentu saja halaman blog dengan kualitas kecepatan akses paling cepat mampu menduduki peringkat pertama (istilah keren adalah Pejwan. Oleh karena itu biasanya para blogger berusaha seoptimal mungkin untuk melakukan modifikasi terhadap blog yang dikelolanya.

Mengukur Kecepatan Akses Halaman Blog

Untuk mengukur kecepatan akses halaman blog dapat menggunakan alat bantu yang disiapkan oleh Google yaitu PageSpeed Insights. Dalam prosesnya, Google PageSpeed Insight melakukan pengukuran kinerja halaman sebuah blog untuk perangkat mobile dan desktop. Skor penilaian yang diberikan berkisar dari 0 – 100 poin dimana kinerja halaman blog dianggap baik apabila memperoleh skor lebih dari 85.

Tampilan Awal Google PageSpeed Insights

Cara Mengukur Kecepatan Akses Halaman Blog
Sumber: Google PageSpeed Insights

Tampilan Skor Penilaian Pengguna Desktop

Cara Mengukur Kecepatan Akses Halaman Blog
Sumber: Google PageSpeed Insights

Tampilan Skor Penilaian Pengguna Mobile

Cara Mengukur Kecepatan Akses Halaman Blog
Sumber: Google PageSpeed Insights

Ada dua kriteria pengukuran yang digunakan oleh Google PageSpeed Insights, yaitu:

  • Beban akses ketika berpindah dari halaman blog yang satu ke halaman blog lainnya
  • Beban akses ketika pertama kali membuka halaman blog

Mengenai aspek umum yang digunakan, karena terkait dengan kinerja koneksi jaringan bervariasi di tiap titik maka Google PageSpeed Insights hanya mempertimbangkan beberapa aspek independen, antara lain:

  • Konfigurasi Server
  • Struktur HTML Halaman
  • Penggunaan Sumber Daya Eksternal (Gambar, Java Script, CSS)

Setelah proses pengukuran selesai, maka skor penilaian akan muncul disertai dengan keterangan-keterangan tambahan dibawahnya. Pada setiap keterangan tambahan tersebut akan diberi tanda icon merah, kuning, dan hijau serta langkah-langkah apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas pengukurannya. Sampai saat ini Google PageSpeed Insights masih terus dikembangkan dan hasil skor penilaian terhadap kualitas kecepatan sebuah halaman blog akan berubah naik atau turun tergantung dari perubahan yang dilakukan oleh pengelola blognya. (DW)

 

You might also like More from author

Comments

Proses...