Cara Menggunakan Kompresor Angin Bensin

Kompresor angin yang menggunakan bahan bakar bensin sangat ideal untuk kontraktor dan perancang bangunan atau interior. Perangkat komprosor angin satu tahap dapat menyediakan sumber angin yang dapat diandalkan untuk lokasi-lokasi pekerjaan yang jauh dari sumber listrik.

Kompresor Angin Bensin John Deere
Image: JohnDeere.Com

Penggunaan alat pneumatik atau yang berisi tekanan udara semakin tumbuh, baik untuk pekerjaan konstruksi maupun pekerjaan kecil di rumah. Sehingga kompresor angin menjadi alat yang penting bagi para profesional. Kompresor angin bensin dapat dengan mudah dibawa-bawa dan digunakan di lapangan di mana tidak ada akses ke sumber listrik. Berikut ini akan dijelaskan mengenai prosedur menyalakan, mengoperasikan dan mematikan kompresor angin dengan tenaga bensin.

Langkah-langkah Persiapan

  • Selalu operasikan kompresor angin dalam daerah dengan ventilasi atau saluran udara yang bebas dari gas yang mudah terbakar. Demikian juga dengan penggunaan alat berat lainnya, gunakan kacamata pengaman dan sepatu keselamatan yang menutupi seluruh jari kaki. Jangan bersentuhan langsung dengan mesin.
  • Pastikan tingkat bahan bakar. Bila Anda perlu mengisi ulang bahan bakar, pastikan mesin dalam keadaan mati dan dingin.
  • Pastikan sabuk pengaman dan seluruh penutup berada di tempatnya. Kemudian hubungkan selang angin ke katup regulator. Dan hubungkan peralatan angin Anda ke selang tersebut.

Nah, kini pun Anda siap untuk mulai menggunakan kompresor angin.

Langkah-Langkah Menggunakan Kompresor Angin

  • Pindahkan tuas warna merah untuk memulai pada Katup Pilot ke posisi terbuka
  • Pindahkan saklar mesin ke posisi on atau menyala. Pindahkan tuas cok atau choke ke posisi on atau menyala
  • Tarik rekoil. Setelah mesin menyala, pindahkan tuas cok ke posisi menutup, dan tuas warna merah untuk memulai pada Katup Pilot ke posisi tertutup
  • Sesuaikan tekanan ke spesifikasi PSI alat. Jangan pernah melebihi tekanan yang dianjurkan oleh pabrik pembuat alat yang membutuhkan tekanan angin tersebut.

Ketika Anda telah siap mematikan kompresor angin, pindahkan saklar mesin ke posisi off atau posisi mati. Kosongkan angin dari tangki dengan menarik katup Safety Relief Valve. Ketika pengukur tekanan tangki air sudah menunjukkan angka di bawah 10 pon. Buka katup pengosongan di bawah setiap tangki untuk menghilangkan cairan yang ada. Kemudian biarkan kompresor angin tersebut agar mendingin.

Akibat pemanasan adiabatik, kompresor angin memang membutuhkan beberapa metode untuk menghilangkan buangan panas. Biasanya beberapa cara dilakukan dengan udara atau air, namun beberapa kompresor jenis putaran dapat didinginkan dengan minyak, serta perubahan atmosfir juga dapat dipertimbangkan dalam proses pendinginan suatu kompresor. Bagi yang berminat untuk membeli alat ini, tentu dapat mencari tahu terlebih dahulu harga kompresor angin bensin ini dari situ b2b marketplace ralali.com secara online.

Nah salah satu situs yang dapat digunakan untuk pengecekan harga kompresor bensin adalah Ralali. Anda pun bisa langsung melakukan transaksi pembelian melalui situs tersebut. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya langsung kepada penjual untuk mengetahui secara detil deskripsi spesifikasi dari produk yang akan dibeli.

Sebagai pertimbangan dalam memilih kompresor, sesuaikan juga jenis kompresor dengan kebutuhan. Bila hanya digunakan untuk dipasang pada alat yang kecil dan sederhana, tentu tak membutuhkan tekanan besar atau tangki kompresor yang besar. Seperti telah disinggung sebelumnya, sesuaikan tekanan yang dibutuhkan oleh perangkat angin Anda dengan tekanan yang disediakan oleh kompresor. (ADV)

Comments

Proses...