Opini

Cara Mengecek Keaslian HP Nokia dengan Kode IMEI

Cara Mengecek Keaslian HP Nokia dengan Kode IMEI

Baru-baru ini saya ditawarkan sebuah handphone nokia E72 second dari seorang teman. Sebenarnya saat ini saya memang ada niat untuk membeli sebuah handphone baru dengan anggaran 1 juta rupiah. Pucuk dicinta ulam pun tiba, secara kebetulan teman saya datang menawarkan handphone nokia E72 dengan harga yang cukup murah yaitu 1 juta rupiah. Wah, kebetulan sekali. Harganya sesuai dengan anggaran yang saya miliki, kata teman saya sih kakaknya sedang butuh uang mendesak sehingga terpaksa harus menjual handphone tersebut. Sekilas melihat fisik luarnya tidak ada masalah karena semuanya masih dalam keadaan tersegel, hanya saja saya masih harus memastikan bahwa handphone tersebut karena ada juga produk handphone nokia yang masuk ke Indonesia melalui jalur tak resmi alias BM (Black Market). Oleh karena itu saya mencatat kode IMEI yang terletak di handphone tersebut.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, kode ini merupakan kode khusus yang diberikan dari produsennya untuk mengidentifikasi setiap handphone GSM, CDMA, maupun perangkat mobile lain sehingga dapat ditelusuri history pembuatannya. Kode ini terdiri dari 15 digit angka yang umumnya terletak dibagian belakang handphone, biasanya kita mesti membuka baterainya terlebih dahulu baru bisa melihat kode IMEI tersebut. Atau kalau tidak, untuk handphone merk Nokia cukup dengan menekan *#06# dan 15 digit kode tersebut akan langsung muncul. Nah, setelah mengetahui kode IMEI nya sekarang kita langsung meluncur ke website http://www.numberingplans.com/?page=analysis&sub=imeinr. Perhatikan tampilan preview websitenya dibawah ini:

Ketika kita memasukkan kode IMEI handphone yang akan dicek, pastikan kode tersebut sesuai (tidak salah). Setelah itu klik tombol Analyze yang terletak disebelahnya dan dalam sekejap semua data-data mengenai handphone tersebut akan muncul. Sekarang perhatikan indikator berwarna merah dan hijau, disinilah kita bisa mengetahui apakah produk handphone tersebut merupakan produk original atau tidak. Kebetulan kode IMEI yang saya masukkan diatas adalah kode IMEI dari handphone Nokia E72 yang akan dijual oleh teman saya tadi. Jika dilihat tampilan indikatornya, ternyata menunjukkan hasil yang positif karena terletak di indikator yang berwarna hijau. Alhamdulillah ternyata produk tersebut bukan barang ilegal, berarti aman untuk membelinya. Saya kemudian menghubungi teman saya untuk membuat janji kapan akan melakukan transaksi, kalau memang rejeki tidak kemana. Hehehe… (DW)

1,114 total views, 30 views today

Komentar via Facebook

Komentar

Opini
@BloggerBorneo

Blogger Borneo News merupakan media online independen yang berisikan informasi seputar Kalimantan Barat, liputan khusus, dan review produk terbaru. Bagi yang berminat produknya direview bisa melihat syarat dan ketentuan di halaman LAYANAN .

More in Opini

Logo MMM Indonesia

Promosi MMM Semakin Gencar, Masyarakat Harus Tetap Waspada

Dwi Wahyudi10/04/2015
Tingkah Aneh Foto Selfie dengan Nisan Kuburan

Fenomena Baru Berselfie Ria Bersama Nisan Kuburan

Dwi Wahyudi31/03/2015
Kominfo dan BNPT Blokir 19 Situs Islam

19 Situs Islam Diblokir Kominfo dan BNPT, Ada Apa Gerangan?

Dwi Wahyudi30/03/2015
Menteri Agraria dan Tata Ruang Era Jokowi

Menteri Agraria Dianggap Plin Plan Terkait PBB, Ini Klarifikasinya

Dwi Wahyudi28/03/2015
Sertifikasi Halal Tempat Kuliner

Pentingnya Sertifikasi Halal bagi Lokasi Kuliner Khas di Pontianak

Dwi Wahyudi28/03/2015
Taman Alun Pontianak Menjelang Malam

Alasan Blogger Borneo Tak Suka Jakarta

Dwi Wahyudi03/02/2015