Cara Mengecek Broken Link di Blog WordPress

Sesuai artinya, broken link (link rusak) dapat didefinisikan sebagai sebuah link yang terputus. Mungkin bagi sebagian besar pengguna blog di Indonesia belum mengetahui bahwa broken link ternyata sangat berpengaruh terhadap kualitas pagerank sebuah blog. Broken link akan dianggap link spam oleh Google, semakin banyak broken link yang ada dalam sebuah blog wordpress maka kualitas blog tersebut akan semakin menurun. Nah, masalahnya sekarang adalah pada umumnya para blogger tidak tahu berapa banyak broken link diblognya. Oleh karena itu, pada kali ini saya akan berbagi pengalaman dimana pada awalnya saya juga tidak tahu bagaimana cara memeriksa link rusak di Blogger Borneo.

Untuk melakukan pengecekan, kita bisa menggunakan fasilitas gratis yang disediakan oleh http://www.brokenlinkcheck.com. Setelah masuk ke websitenya, akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Isi data link blog kita, klik Find Broken Links.

Tuliskan Security Code yang tampak, kemudian langsung klik Find Broken Links Now !.

Proses pengecekan langsung dimulai, selama beberapa saat satu per satu baris link yang rusak akan muncul. Untuk melihat secara detail lokasi broken link, klik tulisan src yang ada dibagian kanan baris link. Tampilannya akan tampak seperti dibawah ini:

Langkah berikutnya adalah melakukan pembersihan. Melalui kode html diatas kita dapat melakukan penelusuran ke lokasi-lokasi dimana link-link rusak tersebut berada. So, apalagi yang ditunggu sekarang. Mari kita bersih-bersih broken link diblog kita. (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...