Cara Mengamankan dan Antisipasi Data Hilang

Bagi kamu pembaca BloggerBorneo.com yang terbiasa menyimpan file atau data secara sembarangan di komputer, mungkin sudah saatnya untuk menata ulang kembali file-file tersebut agar lebih rapi, aman dan mudah dicari jika sewaktu-waktu diperlukan.

Menyimpan data, tidak boleh dilakukan sembarangan karena jika salah meletakkannya bisa berpotensi hilangnya data. Kamu tentu tidak ingin bukan kehilangan data penting?

Meski jika data hilang karena terhapus atau kena virus bisa diupayakan untuk dapat pulih kembali menggunakan aplikasi recovery, namun akan lebih baik jika data-data tersebut dijaga sebaik mungkin.

Hilangnya data di komputer bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya anti virus seperti kasus di artikel ini, sistem error, korup, kesalahan manusia dan bisa juga disebabkan oleh aplikasi yang dirancang untuk bekerja menghapus file-file lama secara otomatis. Tapi apapun alasannya, saat data tersebut ternyata bersifat penting, siapapun pasti merasa risau dan pontang-panting mencari cara mengembalikannya.

Aplikasi Recovery Data GratisUntuk memudahkan dalam menata file di komputer, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Buat folder dengan kategori tertentu untuk memudahkan pengelompokan file
  • Agar lebih aman, simpan data-data penting di DATA D atau DATA E. Hindari menyimpan di DATA C
  • Atur browser untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu apabila kamu sering melakukan download file. Ini memudahkan memilih penempatan data dan menghindari penumpukan data pada satu tempat
  • Hapus file-file yang dirasa tidak penting untuk memudahkan kamu mencari file mana yang diperlukan serta untuk memperbesar kapasitas penyimpanan
  • Agar lebih aman, sebaiknya lakukan backup data ke tempat lain misalnya flashdisk atau google drive. Ini untuk menghindari kehilangan data permanen yang mungkin saja terjadi.

Apabila kamu sudah melakukan penyimpanan data dengan baik dan merapikannya, namun ternyata ada beberapa file yang tidak kamu temukan atau hilang, kamu bisa mencoba untuk mengembalikan data dengan bantuan aplikasi gratis pengembalian data seperti Data Recovery Wizard Pro atau Partition Master Pro.

Tidak ada salahnya untuk melengkapi komputer atau laptop kamu dengan aplikasi recovery data sebagai antisipasi jika ada data hilang atau rusak yang ingin dikembalikan.

Nah, setelah melakukan penataan file, pembersihan data yang tidak penting dan juga melengkapi komputer dengan aplikasi pemulihan data, usaha untuk mengamankan dan menjaga data tentunya lebih optimal.

Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian. Salam! (BP)

You might also like More from author

Comments

Proses...