BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Cara Mencegah dan Mengobati Ruam Popok

Ruam popok adalah peradangan yang terjadi di bagian tubuh bayi yang tertutup popok seperti di paha bagian dalam, kelamin dan di area pantat, biasanya ruam ditandai dengan timbulnya bercak merahan di area sekitar tubuh yang tertutup popok di sertai dengan luka lecet ringan serta gatal. Biasanya bayi yang terkena iritasi akan rewel terutama saat sedang ganti popok. Ruam biasanya terjadi karena beberapa faktor, seperti kulit bayi yang tidak cocok dengan popok hingga popok yang jarang diganti dan menyebabkan kulit bayi menjadi lembap dan mempercepat proses ruam terjadi. Oleh karena itu menjaga kebersihan popok dan memilih jenis popok yang benar adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Terdapat beberapa cara untuk menyembuhkan atau mengobati ruam popok dan beberapa cara juga untuk mencegah penyebaran ruam, salah satunya dengan:

MENJAGA KEBERSIHAN POPOK

Menjaga kebersihan adalah kegiatan terpenting agar ruam tidak terjadi. Setelah bayi buang air kecil atau buang air besar segera ganti popok dengan popok baru. Bersihkan aera yang tertutup popok dengan air mengalir. Bila bayi sudah terkena ruam hindari menggosok daerah yang terkena ruam cukup dengan menepuk-nepuk permukaan kulit.

Mengatasi Ruam Popok pada Bayi
Mengatasi Ruam Popok pada Bayi (Sumber: KlikDokter.Com)

MENGURANGI PENGGUNAAN POPOK SEKALI PAKAI

Bila bayi anda sudah mengalami ruam sebaiknya anda mengurangi penggunaan popok sekali pakai misalnya hanya pada saat berpergian atau saat malam hari. Anda juga bisa mengganti merek popok dengan yang lain. Bisa juga dengan membiarkan bayi tanpa popok untuk beberapa saat karena udara dapat mempercepat proses penyembuhan.

MENGGUNAKAN SALEP UNTUK MENGOBATI

Untuk ruam yang masih ringan anda dapat menggunakan salep khusus untuk mengobati ruam. Pilihlah salep yang dibuat khusus untuk bayi. Bila ruam terlalu berat ada baiknnya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter anak untuk pengobatan lebih lanjut.

Gunakan salep yang sudah terbukti dapat mengobati ruam popok, salah satunya dengan menggunakan salep dari Zwitsal. Oleskan salep di daerah yang terkena ruam secara teratur untuk mempercepat pengobatan. (BP)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge