BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Cara Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak

Sekarang membuat paspor tidak sulit lagi dan semuanya serba transparan. Mekanisme pembuatan maupun perpanjang paspor baru beserta biaya lengkapnya sudah dapat dilihat secara jelas melalui panduan cara membuat paspor di Pontianak.

Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak
Sumber: Dok. Pribadi

Tinggal di daerah yang berbatasan langsung dengan negara lain terkadang membuat kita harus memiliki satu tanda pengenal khusus yang bersifat internasional yaitu PASPOR. Seperti yang kita sudah ketahui bersama bahwa Kalimantan Barat termasuk dalam salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Oleh karena itu, bagi sebagian masyarakat Kalimantan Barat memiliki paspor adalah sebuah keharusan.

Blogger Borneo sendiri sebenarnya sudah memiliki paspor sejak 5 tahun lalu, akan tetapi dikarenakan masa waktunya sudah habis maka harus dilakukan proses perpanjangan atau penggantian paspor. Dari info yang diperoleh melalui salah seorang sahabat, Blogger Borneo disarankan untuk datang sebelum jam 07.30 karena waktu pendaftaran hanya dibuka dari jam 07.30 – 10.00 WIB.

CARA MEMBUAT PASPOR DI PONTIANAK

Dari papan informasi yang terdapat di Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak, Blogger Borneo langsung mengetahui semua informasi mengenai syarat-syarat permohonan pembuatan paspor beserta biaya keseluruhan yang harus dikeluarkan. Nah, ditulisan ini  saya ingin membagi semua informasi tersebut sehingga bagi siapa saja yang ingin membuat paspor dapat langsung menyiapkan syarat-syarat yang diminta plus dana operasional pengurusannya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2011 tentang KEIMIGRASIAN, cara membuat paspor di Pontianak adalah sebagai berikut:

A. Membawa Persyaratan Asli dan Fotokopi

(Masing-masing 1 Lembar, Ukuran Kertas A4)

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang Masih Berlaku;
  • Akte Kelahiran atau Ijazah atau Buku Nikah/Akta Perkawinan atau Surat Baptis;
  • Paspor Lama bagi yang Pernah Memiliki;
  • Surat Penetapan Ganti Nama dari Pejabat yang Berwenang bagi yang Telah Mengganti Nama.

Bagi anak dibawah umur harus melampirkan:

  • KTP Orang Tua dan Kartu Keluarga (KK);
  • Surat Nikah Orang Tua;
  • Fotokopi Paspor Orang Tua;
  • Surat Pernyataan Tertulis dari Orang Tua;
  • Akta Kelahiran Anak.
B. Alasan Permohonan Tidak Akan Diproses
  • Persyaratan Tidak Lengkap;
  • Terdapat Perbedaan Data di KTP, KK, dan Akta Kelahiran;
  • Terindikasi Telah Memiliki Paspor Sebelumnya;
  • Fotokopi Persyaratan Tidak Jelas, Tidak Terbaca, Terdapat Bekas Coretan/Tip-Ex, Bekas Hapusan, atau Tanda yang Dapat Menimbulkan Keraguan.

C. Mekanisme Penggantian Paspor

Paspor adalah dokumen negara, maka pemegangnya diminta untuk hati-hati  dalam menyimpan dan menjaganya, agar tidak hilang dan jatuh ke tangan yang tidak berhak.

Persyaratan di dalam penggantian Paspor yang hilang secara garis besar sebagai berikut :

  • Membuat laporan kehilangan paspor kepada Kantor Kepolisian Republik Indonesia atau pihak yang berwenang apabila anda berada di luar negeri;
  • Apabila paspor hilang, diminta agar segera melapor ke Kantor Imigrasi dimana pemegang berdomisili untuk meminta penggantian;
  • Penggantian paspor yang hilang/rusak, dilaksanakan  setelah melalui Berita Acara Pemeriksaan (BAP), dan mendapat persetujuan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI dalam hal ini Kepala Divisi Keimigrasian;
  • Apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya unsur kecerobohan atau kelalaian, disertai alasan yang tidak dapat diterima, pemberian paspor dapat ditangguhkan selama 6 (enam) bulan sampai paling lama 2 (dua) tahun;
  • Apabila paspor hilang/rusak di luar negeri, laporlah segera kepada Perwakilan RI di luar negeri.
Hati-hatilah dalam menyimpan dan menjaga paspor anda, Paspor anda dapat dipergunakan oleh orang lain untuk hal hal yang dapat merugikan anda.

BIAYA PEMBUATAN PASPOR

Biaya pembuatan Paspor RI berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2014 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia:

Biaya Pembuatan Paspor Biasa dan Elektronik Pontianak
Sumber: ImigrasiPontianak.Net

Mengenai masa waktu pembuatan, untuk normalnya bisa memakan waktu 3-7 hari kerja. Saya sendiri pada saat mengurus permohonan pembuatan paspor ini membutuhkan waktu sekitar 3 hari setelah semua persyaratan lengkap diajukan. Benar-benar murah, mudah, dan transparan. Demikian tulisan dari Blogger Borneo mengenai cara membuat paspor di Pontianak. Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.

UPDATE:

Untuk mempermudah proses pembuatan paspor, para pemohon bisa melakukan proses pendaftaran secara online terlebih dahulu via http://pontianak.imigrasi.go.id/pro/ atau bisa juga dengan menginstal aplikasi android PRO KANIM PONTIANAK di Google Play Store. Hal ini dilakukan demi menghindari terjadinya antrian panjang ketika mengurus di Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak, Jalan Letjen Sutoyo Telp. 0561-765576 Fax. 0561-734516 Pontianak 78121.

You might also like
5 Comments
  1. Asep Haryono says

    Wah passpor saya terakhir berlaku Nopember 2010 yang lalu. Belum buat baru atau diperpanjang. Belum ada plan ke Luar Negeri. Rencananya sih 2014 mau ke Kanada liat orang tua angkat saya di sana. Mungin taun depan aja deh diperpanjang

  2. Vedri says

    di Imigrasi Pontianak udah bisa nga ya perpanjangan pasport online, kalau bisa bisa minta alamat web nya nga??terima kasih untuk informasinya.

    1. Dwi Wahyudi says

      Oke Bro, ntar saya follow up lagi yach… 🙂

  3. Putri says

    Bang mau nanya, untuk pembuatan e-passport di pontianak sudah bisa kah?

    1. Dwi Wahyudi says

      Bisa sepertinya 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge