Cara Membuat Obat Nyamuk Alami Tanpa Zat Kimia Berbahaya

HIT OBAT NYAMUK – Musim penghujan tiba, kitapun sudah mesti harus waspada. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa Indonesia sebagai negara tropis merupakan tempat subur berkembang biaknya nyamuk seperti Aedes Aegypty maupun Malaria. Kekhawatiran akan keterjangkitan dan penyebaran penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue), mengakibatkan manusia mempergunakan obat nyamuk berbahan dasar kimiawi untuk memberantas perkembangan nyamuk.

Yang namanya juga pestisida atau racun pembasmi hama, obat anti nyamuk pastilah mengandung racun. Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan Indonesian Pharmaceutical Watch (IPhW) pada 2001. Lembaga ini menemukan kandungan senyawa kimia berbahaya bagi kesehatan manusia dalam seluruh obat anti nyamuk yang beredar di pasaran dalam negeri. Baik berupa obat semprot, bakar, maupun cair. Masalah lain, khususnya berkaitan dengan produk ber-aerosol, adalah penipisan lapisan ozon stratosfer. Ozon stratosfer berperan melindungi kehidupan di bumi dari radiasi ultra ungu.

Program lingkungan PBB (UNEP) memperkirakan tingkat penipisan ozon sekarang ini akan menimbulkan penambahan jumlah penderita penyakit kanker kulit secara signifikan, termasuk melanoma ganas, dan pengidap katarak. Belum lagi ancaman pelemahan sistem kekebalan tubuh manusia, kerusakan pada produk pertanian, dan penurunan populasi phytoplankton pada dasar rantai pangan kelautan.

CARA MEMBUAT OBAT NYAMUK ALAMI

Untuk mencegah hal-hal yang mencemarkan lingkungan, terdapat sumber alternatif ramah lingkungan yang dapat dibuat sendiri, seperti obat nyamuk nabati, metode-metode yang aman bagi kesehatan, antara lain ;

A. EKSTRAK SERAI

Serai dibuat dalam bentuk ekstrak. Ekstrak adalah sediaan kering, kental atau cair dibuat dengan “menyari” simplisia nabati atau hewani menurut cara yang cocok, diluar pengaruh cahaya matahari. Ekstrak serai dapat membunuh nyamuk karena ekstrak serai memiliki senyawa sitronela yang dapat menimbulkan efek desiscant atau kekurangan cairan.

Bahan:

  1. 1 ons batang dan daun serai dapur (kurang lebih 4-5 batang)
  2. Gelas ukur (jika tidak ada gunakan gelas biasa)
  3. Pisau dan talenan
  4. Timbangan
  5. Blender (jika ada)
  6. 1 mangkuk
  7. Saringan
  8. 2 gelas (gunakan gelas ukur jika ada)
  9. Penyemprot (sprayer)
  10. Corong

Ekstrak kering harus mudah digerus atau campuran etanol dari air. Yang paling mudah dengan menghaluskan bahan ekstrak (diblender atau dipotong kecil-kecil), kemudian dicampur air sebagai pelarut.

  1. Jika menggunakan blender, potong 1 ons daun dan batang serai. Dengan panjang kurang lebih 5 cm, blender sampai halus. Jika tidak menggunakan blender, potong 1 ons daun dan batang serai sampai kecil-kecil .
  2. Masukkan serai yang sudah halus ke mangkuk, lalu rendam dengan 25 ml Air ( 1/8 gelas )
  3. Rendam selama 1 hari
  4. Perat lalu saring hasil rendaman tadi
  5. Tuangkan ke sprayer
  6. Encerkan dengan air. Rasio air : ekstrak = 3:1
  7. 100 ml obat nyamuk dan semut alamiah siap digunakan

Ket: 1 batang serai beratnya 25-40gr.

Penggunaan ; semprotkan ekstrak serai dapur ke ruangan yang ingin disterilkan dari nyamuk. Atau semprotkan langsung pada sarang, jalan atau kerumunan semut untuk membunuh semut. Tutup ruangan rapat-rapat selama 15 menit.

Cara Membuat Obat Nyamuk Alami
Cara Membuat Obat Nyamuk Alami (Sumber: Ummi-Online.Com)

B. EKSTRAK BAWANG PUTIH

Nyamuk pergi karena bau yang sangat menyengat karena di dalam bawang putih terkandung zat allicin yang menimbulkan aroma yang sangat kuat. Disamping itu bawang putih juga mengandung zat nicotinic acid yang membuat nyamuk pergi.

Bahan :

  1. Bawang putih 500g
  2. Air 250 ml
  3. Minyak tanah 1 sdm
  4. Sabun Cair 1 sdm

Cara Pembuatan:

Pembuatan larutan bawang putih 500g ditambah air 250ml kemudian diblender ditambah minyak tanah 1 sendek makan dan diamkan 24 jam.

Setelah 24 jam disaring kemudian ditambah sabun cair 1 sendok makan larutan yang sudah jadi diencerkan dengan air perbandingan 1 : 20. Kemudian dimasukkan pada botol semprotan dan disemprotkan ke nyamuk

C. SERBUK BUNGA SUKUN

Serbuk bunga sukun (bisa diganti bunga kluweh) ternyata lebih tahan lama dibandingkan dengan obat nyamuk elektrik merek terkenal. Sementara obat nyamuk pabrik hanya bertahan 18 jam nonstop, bunga sukun efektif mengusir nyamuk sampai 48 jam. Lebih hemat bukan???

Bahannya murah dan mudah ditemukan. Cara pembuatannya juga amat sederhana, cukup menumbuk bunga jantan kering, simpan dalam kertas tisu, tetesi air, dan dipasang pada alat pembasmi nyamuk elektrik.

Dijamin nyamuk bakal mati, paling tidak ngacir dari tempat parkirnya selama dua hari. Tidak ada bau menyengat seperti obat nyamuk dari bahan kimia.

Cara membuat:

  1. Bunga jantan sukun dikeringkan.
  2. Tumbuk bunga sukun sampai halus.
  3. Serbuk bunga sukun diletakkan di atas kertas tisu. Kertas dilipat membungkus serbuk sampai berbentuk empat persegi panjang se-besar isi ulang obat nyamuk elektrik .
  4. Basahi lipatan kertas tisu berisi serbuk dengan beberapa millimeter air
  5. Pasang kertas tisu itu pada alat pembasmi nyamuk elektrik. Nyalakan

D. DAGING DAN KULIT DURIAN

Ternyata aroma buah durian yang khas dan menyengat dapat mengusir nyamuk tidak lagi hanya sebuah mitos, tapi telah terbukti secara ilmiah.
Cara ini bertitik tolak dari asumsi bahwa nyamuk sangat takut dengan sumber bebauan yang menyengat, seperti bau kulit jeruk, bunga lavender atau bunga rosemary.

Buah durian juga memiliki bau yang menyengat, disebabkan karena di dalam buah durian yang dikenal lezat ini terdapat kandung minyak atsiri dan alkohol.

Cara Pembuatan:

  1. Cincang kulit buah durian sehingga menjadi potongan-potongan kecil.
  2. Potongan kulit ditimbang
  3. 100 gram ditambah daging durian 50 gram, lalu dihaluskan dengan blender. Untuk pelarutnya digunakan alcohol 70% sebanyak 25 mililiter, dan air 100 mililiter.
  4. Larutan yang diperoleh itu kemudian diperas menggunakan kain ayakan. Proses berikutnya, bekas obat nyamuk elektrik dicelupkan ke dalam larutan itu selama lebih kurang 5 menit, lalu diangkat dan dijemur selama 1 sampai 3 jam, atau hingga tampak kering. Dengan demikian, obat nyamuk ini sudah bisa digunakan.

Demikian tulisan mengenai cara membuat obat nyamuk alami ini disadur dari Forum Hijau Indonesia, semoga bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan. (FHI/Berbagai Sumber)

You might also like More from author

Comments

Proses...