Cara Memasang Kode Google Analytics di Blog Bagian Kedua

Setelah beberapa hari yang lalu saya membuat tulisan mengenai Cara Memasang Kode Google Analytics di Blog Bagian Pertama, pada kesempatan ini saya ingin menyambung sedikit mengenai materi Google Analytics ini. Preview dibawah ini adalah salah satu tampilan jika kita sudah membuat sekaligus memasang kode google analytics nya diblog kita (klik gambar untuk melihat tampilan yang lebih besar).

Pada tampilan diatas sengaja saya menggunakan setingan google analytics blog milik saya sendiri karena sudah bisa dilihat perkembangan grafiknya (kebetulan blog saya sudah dipasang kodenya beberapa bulan yang lalu).

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah kita harus menentukan keyword-keyword yang akan digunakan sebagai bahan analisa. Tentunya keyword yang akan diseting haruslah memiliki keterkaitan content dengan blog kita sendiri. Untuk melihat daftar keyword yang sudah dimasukkan dapat dengan mengklik tulisan Edit yang terdapat disamping kanan tampilan gambar diatas. Preview tampilannya akan tampak seperti dibawah ini:

Google Analytics menyediakan 4 kelompok sasaran dimana masing-masing diberi jatah 5 keyword yang bisa dimasukkan. Setiap sasaran bisa dipisahkan berdasarkan kategori yang diinginkan, karena saya sudah memasukkan daftar keyword nya maka yang akan terlihat disamping adalah menu Edit. Kalau masih belum ada masukan maka menu yang akan muncul adalah menu Add. Nah, melalui menu itulah kita bisa memasukkan keyword-keywordnya.

Langkah berikutnya adalah melihat hasil analisa setelah beberapa lama kode dan keyword tersebut dipasang. Klik menu Lihat Laporan dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Tampilan diatas merupakan salah satu contoh laporan hasil analisa dari blog saya untuk kurun waktu tertentu. Sebenarnya masih banyak lagi laporan-laporan analisa lain yang disediakan oleh Google Analytics. Sekarang tinggal kita sebagai pengelola blog tersebut mau mengolah data analisanya seperti apa. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi seorang internet marketer yang sangat mengandalkan jumlah trafik masuk keblognya karena keyword-keyword yang berbobot sangat menentukan penghasilan yang akan diperoleh. Kalau saya sendiri sih ilmunya masih belum sedalam itu, jadi masih dalam tahap belajar dan semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman sekalian. (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...