Cara Melindungi Blog dari Copy Paste dengan DMCA

Sebagai salah seorang Blogger pemula, kegalauan akan terjadinya tindakan copy paste yang dilakukan oleh para blogger abal-abal terhadap tulisan-tulisan kita tentulah ada. Meski secara legalitas sebuah hak cipta dari sebuah hasil karya dalam bentuk tulisan haruslah mendapat pengakuan dari lembaga atau organisasi resmi terkait, namun didalam dunia maya khususnya dunia perbloggeran tindakan copy paste tetap dapat dikategorikan melanggar dari sisi etika dan bisa dianggap sebagai aktivitas plagiarism. Di Amerika Serikat sendiri telah ada hukum yang mengatur hak cipta terhadap satu hasil karya dalam bentuk digital, hukum ini lebih dikenal dengan istilah Digital Millennium Copyright Act (DMCA).

Tampilan Halaman Awal Website DMCA
Tampilan Halaman Awal Website DMCA

Digital Millennium Copyright Act (DMCA) adalah hukum hak cipta Amerika Serikat yang memberlakukan dua perjanjian World Intellectual Property Organization (WIPO) tahun 1996. – Wikipedia

Meski DMCA merupakan hukum yang dibuat oleh Amerika Serikat, pada kenyataannya hukum ini berlaku juga kepada semua pengguna online di dunia, termasuk Indonesia. Sampai saat ini, DMCA telah diterjemahkan kedalam 20-an bahasa sehingga bisa berlaku secara universal alias keseluruhan. Begitu website kita terdaftar di DMCA, jika dikemudian hari kita menemukan tulisan copy paste di blog lain maka kita dapat langsung melaporkannya ke pihak DMCA. Percayalah, dalam waktu yang tidak begitu lama, apabila laporan kita tadi terbukti maka tulisan di blog lain tersebut akan langsung menghilang dari peredaran informasi di dunia maya. Dengan DCMA mari kita bersama BERANTAS BLOGGER COPAS DI INDONESIA.

Tampilan Login Awal DMCABagi teman-teman yang ingin tahu mengenai Cara Melindungi Blog dari Copy Paste dapat langsung menuju halaman website resminya di www.dmca.com. Setelah itu akan muncul tampilan login bagi member terdaftar ataupun register bagi calon member yang ingin mendaftar. (Perhatikan gambar disamping kiri).

Jika sebelumnya kita sudah terdaftar menjadi member DMCA, kita bisa langsung mengisikan Email Address dan Password kemudian klik Login. Sedangkan bagi yang mau mendaftar bisa langsung mengklik tombol menu Register.

Isikan data-data yang diminta seperti tampak dibawah ini:

Tampilan Pendaftaran DMCASetelah semua data diisi, DMCA akan mengirimkan email konfirmasi. Silahkan buka email konfirmasi DMCA tersebut dan lakukan verifikasi, setelah itu kita akan dibawa masuk ke bagian profil DMCA. Ada dua jenis keanggotaan disini yaitu Gratis dan Berbayar (Pro), perbedaannya terletak di fasilitas yang diberikan oleh pihak DMCA.

Tampilan Setup Website DMCA

Ada beberapa model pilihan Protection Badge yang disediakan oleh DMCA, kita tinggal memilih sesuai keinginan. Yang terpenting, dengan terpasangnya badge tersebut itu sudah menandakan bahwa blog kita telah terdaftar dan dapat melakukan klaim sewaktu-waktu jika terjadi insiden copas. Dan bagi copasser sendiri, mereka pasti akan berpikir dua kali untuk melakukan copas tulisan karena sudah terpasang protection badge DCMA tersebut.

Tampilan Pemasangan Badge DMCASebagai catatan tambahan, perlindungan DMCA berlaku untuk semua nama domain dengan berbagai ekstensi yang digunakan. Selain itu, juga tidak membedakan jenis hosting dari domain tersebut. Mau pakai jasa Web Hosting Indonesia atau jasa web hosting luar negeri semuanya sama saja. Nah, dengan adanya DMCA ini teman-teman tidak perlu kuatir lagi blognya akan dicopas oleh oknum blogger yang tidak bertanggungjawab. Jadi, tunggu apalagi? Buruan daftar yach… (DW)

UPDATE:

Untuk saat ini DMCA membuka halaman khusus di Facebook yaitu DMCA Take Down, jadi bagi teman-teman bisa melaporkan langsung tindakan copas artikel yang dilakukan oleh oknum blogger lain disini.

You might also like More from author

Comments

Proses...