Blogger Borneo Road to Sail Selat Karimata 2016

Sejak tanggal 11 Oktober kemarin hingga 5 hari kedepan, event internasional Sail Selat Karimata 2016 diselenggarakan di kota Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. Dalam proses pelaksanaannya, acara ini didukung penuh oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan serta Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara selaku tuan rumah.

Menurut info terbaru dari salah seorang staf Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kayong Utara, hingga hari ini sudah ada 14 yacht tiba di lokasi. Angka ini akan terus bertambah karena para yachter lainnya masih sedang dalam perjalanan. Diperkirakan akan ada sekitar 80 yachter yang telah mendaftar dan memastikan hadir pada acara puncak Sail Selat Karimata 2016 pada tanggal 15 Oktober 2016.

SAIL SELAT KARIMATA 2016

“Sail Indonesia adalah turnamen reli yacht tahunan yang berangkat dari kota Darwin, Australia pada bulan Juli setiap tahun dan diikuti oleh program tiga bulan yang terkait dengan tujuan wisata di seluruh Indonesia. Sail Indonesia sebagai acara berbasis web dan reli dipromosikan dan dikelola menggunakan internet dan email saja.” – Wikipedia Indonesia

Road to Sail Selat Karimata 2016
Foto: Setkab.Go.Id

Menurut informasi dilansir dari laman website Pesona Indonesia Travel, konsep Sail Karimata itu merupakan bentuk intervensi dari pemerintah pusat untuk mendongkrak daerah tertinggal. Selain meningkatkan destinasi wisata, juga menggali potensi yang ada di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Selat Karimata. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan keuntungan dan kesempatan penting untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Selat Karimata adalah selat luas yang menghubungkan Laut Cina Selatan dengan Laut Jawa. Selat ini terletak di antara Pulau Sumatra dan Kalimantan di Indonesia. Lebar selat ini sekitar 150 km apabila diukur dari Kalimantan hingga Pulau Belitung. Belitung dipisahkan dari Pulau Bangka oleh Selat Gaspar. Bangka terletak dekat pesisir timur Sumatra yang dipisahkan oleh Selat Bangka. Kepulauan Karimata terletak di Selat Karimata. Selat Karimata juga merupakan salah satu selat terbesar di Indonesia.

Monumen Tugu Sail Karimata 2016
Monumen Tugu Sail Karimata 2016 (Foto: Halaman Facebook Sail Karimata 2016)

Blogger Borneo sendiri mendapat kesempatan untuk hadir pada penyelenggaraan event internasional yang dilaksanakan setiap tahun ini, sejak tahun 2010. Jika dilihat berdasarkan awal mula diselenggarakan, Sail Indonesia untuk pertama kalinya diselenggarakan di Banda, Provinsi Maluku. Dan pada tahun ini, Sail Karimata 2016 merupakan event tahun ke-tujuh penyelenggaraan.

Insya Allah jika tidak ada halangan, Blogger Borneo akan berada selama dua hari di Sukadana Kayong Utara dari tanggal 14-16 Oktober 2016. Sebelumnya Blogger Borneo ucapkan terima kasih banyak kepada pihak Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kayong Utara karena telah memberikan kesempatan sekaligus memfasilitasi perjalanan Blogger Borneo ke Sail Selat Karimata 2016.

Wah, sepertinya Blogger Borneo sudah tidak sabar lagi untuk berangkat dan turut menjadi bagian langsung dari serunya pelaksanaan Sail Indonesia tahun ini yang akan dipusatkan di kawasan Pantai Pulau Datok, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. Insya Allah semua kisah perjalanan Blogger Borneo dalam mengikuti Sail Karimata 2016 akan di-update melalui blog ini. Stay tune aja yach… (DW)

PROMOTION BREAK SAIL SELAT KARIMATA 2016

You might also like More from author

Comments

Proses...