BlackBerry Hilang, BlackBerry Protect Solusinya

Pengguna BlackBerry mestinya tahu bahwa smartphone ini paling diandalkan untuk kemampuan multi-tasking dan jejaring network yang luas. Karena kapasitas tersebut, BlackBerry mampu menyimpan detail informasi yang lengkap tentang identitas penggunanya, dari tanggal lahir, password email hingga akun rekening bank. Oleh karena itu, smartphone berbasis BlackBerry OS ini paling banyak digunakan di Indonesia.

Sekarang apa yang dapat terjadi kalau Anda kehilangan BlackBerry? Kalau beruntung, Anda cuma perlu beli handphone baru. Mungkin Anda harus mengeluarkan biaya cukup lumayan, setidaknya sebesar harga BlackBerry tersebut. Tapi jika si pencuri tidak hanya sekedar mengincar handphone, Anda terancam jadi korban pencurian identitas (identity theft), yang merupakan salah satu kejahatan yang makin umum ditemui di era teknologi ini. Siapa pun yang memegang BlackBerry Anda bisa mengakses berbagai macam akun yang Anda gunakan dan bahkan menghalangi Anda untuk mengakses akun-akun tersebut jika Anda tidak waspada. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi BlackBerry anda tidak hanya dari pencurian tapi juga dari pihak-pihak yang bermaksud memanipulasi data diri anda untuk kepentingan dirinya sendiri.

Untungnya terdapat BlackBerry Protect, yaitu aplikasi yang dapat melindungi informasi diri pengguna BlackBerry jika sewaktu-waktu BlackBerry Anda hilang. Aplikasi ini dikembangkan oleh produsen BlackBerry, Research in Motion (RIM), dan dapat diunduh secara gratis. Lebih dari itu, dengan mengaktifkan aplikasi ini Anda juga dapat melacak di mana lokasi BlackBerry yang hilang. Buat pengguna BlackBerry terbaru, berikut dapat disimak langkah-langkah yang mudah diikuti untuk melindungi BlackBerry dan informasi di dalamnya dengan BlackBerry Protect.

Sebelum mulai, pastikan:

  • BlackBerry Anda memiliki OS 4.6 atau lebih tinggi, dan tidak memakai BlackBerry Enterprise Server atau BlackBerry Enterprise Server Express.
  • Ada BlackBerry Internet Service (BIS) yang aktif)
  • Ada koneksi internet

Jika semua oke, Anda bisa unduh BlackBerry Protect dari BlackBerry App World. Setelah aplikasi selesai diunduh, buka www.blackberry.com/protect dan login dengan BlackBerry ID Anda untuk menggunakan fitur-fiturnya.

Pada halaman utama BlackBerry Protect anda di internet, terdapat dua fitur utama yang dapat digunakan jika BlackBerry Anda hilang. Dengan fitur Find Your Device, anda memiliki opsi untuk melacak BlackBerry yang hilang, membuat BlackBerry tersebut mengeluarkan bunyi keras, dan mengirim pesan untuk pemegang BlackBerry tersebut. Fitur kedua adalah Protect Your Data, di mana Anda dapat memilih untuk mengunci BlackBerry Anda atau menghapus semua data secara permanen dari BlackBerry.

Anda juga dapat membuka BlackBerry Protect dari handphone anda. Layar utama BlackBerry Protect di handphone akan menampilkan jadwal back-up, dan dari sini Anda bisa memilih untuk melakukan back-up secara manual maupun otomatis secara harian, mingguan, maupun bulanan. Data Anda akan diback-up ke database BlackBerry Protect di internet, dan agar lebih murah Anda bisa mengatur agar back-up hanya dilakukan jika terdapat koneksi Wi-Fi. Meski demikian, back-up ini tidak mencakup media files seperti foto dan video.

BlackBerry Protect  dapat digunakan hingga maksimal 5 handphone, dan dapat membantu memindah data jika anda membeli BlackBerry baru. Sebagai tambahan, meski sudah mengaktifkan BlackBerry Protect, jangan tinggalkan BlackBerry Anda di sembarang tempat atau meminjamkan ke sembarang orang untuk menjaga BlackBerry dan data diri Anda selalu aman. (DW)

Sumber Gambar:

  • http://crackberry.com/tags/blackberry-protect
  • http://buzfairy.com/2011/04/11/protect-your-blackberry-remotly/

You might also like More from author

Comments

Proses...