Bingung Belajar Web Programming? Coba Gunakan 8 Text Editor Gratis Ini

Bagi Anda yang berkeinginan untuk belajar web programing atau pemograman web, Anda pastinya perlu sebuah Text Editor untuk membantu Anda dalam menulis kode program. Selain itu Text Editor berfungsi untuk membuat file-file komponen sebuah website seperti HTML, CSS, Javascript dan lain-lain. Ada banyak sekali Text Editor yang bisa diunduh melalui internet, baik itu yang gratis atau pun yang berbayar.

APLIKASI TEXT EDITOR GRATIS

Berikut ini adalah 8 aplikasi text editor yang gratis namun fitur-fitur yang disediakan juga tidak kalah dengan yang berbayar.

1. Notepad

Bagi Anda pengguna sistem operasi windows, tentunya sudah tidak asing lagi dengan program yang satu ini. Meskipun tampilan notepad ini sangatlah sederhana, namun program ini sangat cocok untuk Anda yang baru memulai dalam belajar bahasa pemograman HTML.

2. Notepad++

Hampir serupa dengan Notepad, yang membedakannya adalah Notepad++ ini mempunyai fitur tambahan. Fitur tambahan itu berupa penomoran baris dan bisa membuka banyak file sekaligus yang dipisahkan dengan tab. Notepad++ juga mempunyai ukuran yang sangat ringan, mudah digunakan dan tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya.

3. Atom

Atom Text Editor sebenarnya memiliki fitur yang cukup banyak. Salah satunya Anda bisa memilih tema untuk tampilan editornya. Namun salah satu kelemahan text editor yang satu ini yakni penggunaannya yang cukup memakan RAM.

Aplikasi Text Editor Gratis
Aplikasi Text Editor Gratis (Sumber: HowToGeek.Com)

4. Aptana Studio

Sebuah text editor yang dikembangkan oleh Eclipse ini mempunyai beragam kelebihan. Aptana adalah text editor yang mendukung banyak bahasa pemograman, Git Integration, SQL database tool, server tail views, javascript debugger dan juga multi preview browser.

5. Komodo Edit

Banyak yang bilang bahwa Komodo Edit adalah text editor yang mempunyai kemiripan dengan sublime text. Selain mempunyai banyak fitur-fitur, Komodo Edit juga ringan digunakan. Anda juga bisa merubah tema tampilan untuk editornya.

6. Aksi IDE

Aksi IDE adalah sebuah IDE karya anak bangsa bernama Luri Darmawan. Aksi IDE ini bisa dibilang ringan untuk sebuah IDE. Fitur-fitur umum pun disematkan dalam text editor ini diantaranya auto complete, code snippet, dan juga code completion. Kelebihan dari Aksi IDE ini yakni terdapat fitur khusus lainnya seperti PHP Project Wizard, FTP Exporer, Live View Browser, Class Generator, Database Explorer, Multi Workspace, File Explorer, Code Explorer dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

7. Brackets

Brackets adalah Text editor buatan Adobe yang gratis diunduh. Text Editor ini juga memiliki sedikit kempiripan dengan text editor Komodo Edit dan juga Atom. Hanya saja, text editor yang satu ini ditujukan untuk web design dan fron-end development. Fitur-fitur yang ada di Brackets antara lain live preview, quick edit color dan css serta adanya dukungan dari extension.

8. Sublime Text

Tidak sedikit programmer yang menggunakan Sublime Text sebagai text editor utama mereka. Sublime Text juga mempunyai sedikit kemiripan dengan Notepad++. Sublime Text sangat ringan, tidak memakan RAM yang berlebihan dan juga memiliki dukungan banyak plugin. Text editor yang satu ini sangat populer digunakan.

Banyaknya Text Editor yang tersedia di Internet ini bisa diunduh dengan gratis. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan untuk digunakan. (AS)

You might also like More from author

Comments

Proses...