BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Beting Street Art, Mengenalkan Kampung Beting Pontianak Melalui Seni Grafiti

Kampung Beting, sebuah nama kampung yang cukup terkenal di Kota Pontianak. Jangan pernah mengaku sebagai anak Pontianak asli kalau tidak tahu dengan Kampung Beting. Bagi sebagian orang, banyak yang mengenal Kampung Beting dari sisi gelapnya, padahal jika dicermati secara mendalam maka banyak sisi terang yang sebenarnya bisa dikreasikan dari sini.

Secara geografis, Kampung Beting berlokasi di Kecamatan Pontianak Timur, tepatnya di daerah pertemuan antara Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kampung ini dibangun diatas sungai dengan jembatan kayu yang menghubungkan dari rumah ke rumah, sehingga terlihat bagaikan lukisan yang indah.

Eksotisme kehidupan pinggir sungai begitu nyata di kampung ini, banyak aktivitas yang melibatkan unsur sungai dalam keseharian masyarakatnya. Mulai dari mandi, mencuci hingga transportasi umumnya mereka masih menggunakan sampan sebagai alat penyeberangan ke Kota Pontianak.

Pada jaman dahulu, sampan merupakan sarana utama untuk menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari menyeberangi sungai KapuasNamun seiring perkembangan jaman, masyarakat sudah menggunakan speedboat untuk beraktivitas dan berlalu lintas sehari-hari, tanpa menghilangkan keberadaan sampan yang sudah ada sejak dulu.

Beting Street Art Kota Tanpa Kumuh
Anak-Anak Kampong Beting Sedang Berpose Ceria dengan Latar Belakang Grafiti

Pembangunan yang lebih mengacu kepada posivistik dan mengabaikan pembangunan manusia seutuhnya, telah lama dicurigai sebagai penyebab lahirnya orang-orang yang mengalami keterasingan dari kemanusiannya sendiri. Terutama bagi mereka yang hidup di kota besar. Kota yang hiruk pikuk dengan ritme pergerakan manusia dan putaran roda ekonomi yang gegap gempita, tidak serta merta membuat masyarakatnya ikut merasakan. Kota justru makin banyak melahirkan orang-orang kesepian, orang-orang yang menyimpan perasaan terpencil terasing dari masyarakat, alam, orang lain, atau bahkan dirinya sendiri.

Hal inilah yang terjadi di Kampung Beting Pontianak. Kampung yang secara geografis terletak di tengah kota Pontianak, namun seperti terasing. Penduduk kampung Beting bisa dikatakan masyarakat kampung di tengah kota Pontianak. Namun dibalik keterasingan itu, sebenarnya Beting sangat terkenal. Beting menjadi kampung yang begitu terkenal tidak saja di Kalimantan Barat namun dikenal hingga keluar Kalimantan, Masyarakat Kota Pontianak pada umumnya butuh cerita lain tentang kampung Beting.

BACA JUGA: BETING STREET ART 2 TAHUN 2016

Dari apa yang baru saja dijelaskan, seorang tokoh Pemerhati Wisata Alam bernama Gusti Hendra Lahmuddin memiliki sebuah konsep menarik yang diberi nama Beting Street Art. Menurut Beliau, seni dan budaya dianggap sebagai pilihan tepat untuk mengangkat nilai dari Kampung Beting dengan memberi cerita dan warna baru didalamnya. Masyarakat di kampung Beting sebenarnya dekat dengan kehidupan seni budaya, dimana kultur budaya masih kental terasa dalam keseharian di kampung ini. Hal ini di buktikan dengan terdapat beberapa sanggar kesenian Tradisonal, dari sanggar Jepin hingga Seni Hadrah.

Selain itu, di Kampung Beting juga memiliki banyak peseni rupa. Namun dikarenakan seni rupa dianggap kurang memberi nilai dan hasil, maka perlahan-lahan bakat seni mulai pudar dan menghilang. Perlu rasanya dihidupkan kembali berbagai kegiatan kreatifitas seni di bidang rupa, dimana kampung Beting sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut. Selain bertujuan memancing kembali animo masyarakat terhadap seni, agar masyarakat kembali meyakini bahwasannya seni budaya juga merupakan bagian dari tatanan kehidupan.

 

Alhamdulillah setelah melalui proses yang cukup panjang, kegiatan Beting Street Art dapat berjalan dengan baik sesuai agenda pelaksanaan awal yaitu dari tanggal 18-20 April 2014. Areal dinding sepanjang kurang lebih 15 meter telah dipersiapkan untuk menjadi sasaran kreatifitas dari para peseni rupa yang ikut bergabung secara sukarela dalam kegiatan ini. Dan kalau diperhatikan ternyata hasil-hasil karya yang dibuat sangat menakjubkan bukan? Dengan adanya nuansa baru Kampung Beting untuk saat ini menjadi lebih cerah dan berwarna. Semoga dengan adanya kegiatan-kegiatan kreatif seperti ini mampu secara perlahan mengubah paradigma negatif yang selama ini berkembang mengenai Kampung Beting. Tetap semangat Bang… (DW)

Sumber Gambar:

You might also like
1 Comment
  1. […] BACA JUGA: BETING STREET ART TAHUN 2014 […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge