Beredar Berita BukaLapak Kampanye Ahok, Indikasi Hoax?

Media sosial kembali dihebohkan dengan penampakan Ahok di status fanspage BukaLapak dua hari lalu.

Bukalapak mengajak kamu untuk mengenal lebih dekat, serta bertukar pandangan terhadap dunia kreatif, digital dan film bersama para calon gubernur Jakarta 2017, yaitu: Agus Harimurti Yudhoyono, Basuki Tjahaja Purnama, dan Anies Rasyid Baswedan. Kalimat ini cukup dapat dilihat secara jelas di keterangan halaman channel YouTube miliknya BukaLapak.Com.

Pada hari Sabtu, 14 Januari 2017, BukaLapak.Com menggelar sebuah event yang diberi nama Diskusi Industri Kreatif: Kumpul Masyarakat Kreatif, Digital dan Perfilman. Menurut informasi dilansir dari halaman blog.bukalapak.com satu hari sebelumnya, Jum’at (13/01/2017), salah satu marketplace besar di Indonesia ini bekerjasama dengan PARFI56, dan Selasar, serta didukung penuh oleh Aprofi (Asosiasi Produser Film Indonesia) menyelenggarakan acara ini guna mengenal lebih dekat, serta bertukar pandangan terhadap topik-topik yang terkait.

Acara ini akan dihadiri oleh para perwakilan dari penggerak dunia digital, media, pemuda, komunitas dan perusahaan digital, entrepreneur, insan kreatif, aktor dan entitas film, dan wirausaha muda. Yang spesial dari acara ini adalah dengan kehadiran tokoh-tokoh yang sudah tidak asing lagi, yakni Agus Harimurti Yudhoyono, Basuki Tjahaja Purnama, dan Anies Rasyid Baswedan.

Kumpul Masyarakat Kreatif BukaLapak dengan Para Calon Gubernur Jakarta 2017
Sumber: Blog.BukaLapak.Com

Tidak dapat dipungkiri, untuk saat sekarang ini kehadiran Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia memang sangat penting. Sektor UKM ini berperan penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Menariknya, dengan potensi dan kesempatan yang ada, UKM saat ini juga didominasi oleh generasi muda yang sudah memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi.

Dengan dipandu oleh moderator, Prabu Revolusi, ketiga tokoh ini akan duduk bergantian untuk memaparkan gagasannya tentang komunitas digital, e-commerce dan industri kreatif. Pertanyaan-pertanyaan juga akan dilontarkan oleh audiens yang hadir pada acara ini.

Tonton Langsung Melalui Live Streaming

Dokumentasi Event BukaLapak Terbaru dengan Para Calon Gubernur Jakarta 2017
Sumber: Album Fanspage FB BukaLapak

Acara ini akan disaksikan langsung oleh lebih dari ratusan undangan dan jutaan masyarakat secara online. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kamu bisa menyaksikan langsung acara ini melalui live streaming di Homepage, Facebook dan Youtube Bukalapak pada hari Sabtu, 14 Januari 2017 mulai jam 19.00-22.00 WIB.

 

BERITA HOAX KAMPANYE AHOK DI EVENT BUKALAPAK?

Beberapa jam setelah acara ini terselenggara, portal berita Islamedia.Id langsung mempublikasikan sebuah postingan dengan judul “Walah, BukaLapak Kampanye Ahok” yang sumber referensinya berasal dari salah seorang pemilik akun facebook bernama Farid Wadjdi.

Dari hasil screenshot dibawah ini dapat dilihat penampakan salah seorang Calon Gubernur Jakarta 2017 yaitu Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dalam beberapa waktu terakhir ini selalu menjadi fokus perhatian setelah dianggap melakukan penistaan agama Al-Maidah Ayat 51.

Berita Hoax Mengenai Kampanye Ahok di Event BukaLapak
Berita Hoax Mengenai Kampanye Ahok di Event BukaLapak

Oke, terlepas dari posisi Ahok saat ini dengan segala tindak tanduknya, Blogger Borneo ingin membahas dari sudut pandang pribadi mengenai kemungkinan ada pemelintiran informasi di postingan portal online tersebut. Padahal secara jelas telah dipublikasikan sehari sebelumnya bahwa acara ini dihadiri langsung oleh ketiga Calon Gubernur Jakarta 2017, yaitu: Agus Harimurti Yudhoyono, Basuki Tjahaja Purnama, dan Anies Rasyid Baswedan. Tapi kenapa di postingan status tersebut yang tampak hanya foto Ahok saja???

Rekaman Video Diskusi UMKM dan Industri Kreatif bersama AHY, Ahok, dan Anies

Sekarang coba diperhatikan rekaman video diatas, sepertinya tidak ada masalah dan ketiga calon mendapat jatah yang sama untuk bersuara dan mengutarakan pendapatnya. Mungkin jika dikatakan bahwa postingan tersebut sifatnya adalah hoax masih kurang tepat karena kenyataannya memang Ahok ada di acara ini. Apakah bisa berita ini dianggap sebagai sebuah PROPAGANDA dimana menurut pendapat salah seorang praktisi ilmu politik di Pontianak yaitu Bang Ireng Maulana bahwa ini tampak sebagai sebuah kebenaran yang dipelintir. Dalam artian ketiga Calon Gubernur Jakarta 2017 ada di acara ini, jika Ahok dianggap melakukan kampanya terselubung, sekarang bagaimana dengan 2 calon yang lainnya? Jadi silahkan berpendapat masing-masing ya. (DW)

Referensi Tulisan:

  • http://berita.islamedia.id/2017/01/walah-bukalapak-kampanye-ahok.html
  • https://komunitas.bukalapak.com/news/67935-yuk-saksikan-live-streaming-3-calon-gubernur-dki-jakarta-dalam-kumpul-masyarakat-kreatif-digital-dan-perfilman-di-bukalapakcom
  • https://blog.bukalapak.com/2017/01/diskusi-industri-kreatif/

You might also like More from author

Comments

Proses...