ASUS ZenPower Pro, PowerBank Quick Charging dan LED Flash

Pengalaman menggunakan powerbank keluaran ASUS yaitu ZenPower 10.050 mAh beberapa waktu lalu membuat Blogger Borneo penasaran untuk melakukan ujicoba terhadap produk powerbank ASUS terbaru yaitu ASUS ZenPower Pro. Menurut informasi produk yang diperoleh melalui laman website resmi ASUS Indonesia, pada versi ZenPower terbaru ini terdapat 3 (tiga) fasilitas baru yang ditambahkan, yaitu: Dual Output USB, Quick Charging, dan LED. Alhamdulillah, tak lama kemudian Blogger Borneo mendapat kesempatan untuk menjajal langsung kemampuan dari powerbank ini. Kurang lebih 3 (tiga) hari setelah email penawaran ujicoba produk dari ASUS Indonesia direspon, sebuah paket kecil berisikan ASUS ZenPower Pro pun tiba dirumah dengan selamat.

FASILITAS ASUS ZENPOWER PRO

Sebagai salah seorang blogger yang biasa terkoneksi dengan berbagai macam gadget di tangan, seperti: handphone, smartphone, dan tablet, ketersediaan akan perangkat pemasok daya cadangan atau powerbank tentunya semakin hari semakin besar. Hal ini disebabkan karena daya tahan baterai dari smartphone, tablet ataupun gadget lain yang digunakan sudah tidak mampu lagi mengakomodir aktivitas sehari-hari. Terkadang di saat bersamaan, semua gadget yang dipegang mengalami kehabisan daya. Disinilah fasilitas Dual Output USB yang dimiliki ASUS ZenPower Pro dapat menjadi solusi karena dalam waktu bersamaan Blogger Borneo bisa melakukan pengisian daya untuk dua gadget sekaligus.

Selain itu, teknologi Qualcomm Quick Charging 2.0 yang dimiliki ASUS ZenPower Pro membuat Blogger Borneo tidak harus menunggu lama ketika melakukan pengisian daya. Jika pada ASUS ZenPower 10050 mAh sebelumnya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sekali pengisian adalah kurang lebih 2 jam, maka dengan menggunakan ASUS ZenPower Pro bisa lebih cepat dari itu.

Paket Kemasan ASUS ZenPower Pro
Paket Kemasan ASUS ZenPower Pro (Sumber: Dok. Pribadi)

Satu lagi fasilitas tambahan yang diberikan adalah adanya LED Flash. LED ini berfungsi sebagai sumber cahaya penerangan ketika kondisi sedang gelap atau minim cahaya sehingga Blogger Borneo bisa tetap beraktivitas tanpa harus mengandalkan lampu utama. Karena mengambil sumber tenaga dari baterai powerbank itu sendiri, maka daya tahan penerangan yang mampu diberikan sangat tergantung dengan kondisi baterainya.

Mengenai faktor desain dan ukuran, ASUS ZenPower Pro memiliki desain lebih ramping dari versi sebelumnya yaitu sekitar 100×59.6 mm saja. Dengan ukuran sekecil ini, tentu saja powerbank ini akan sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Blogger Borneo tidak perlu khawatir akan space yang dibutuhkan untuk menyimpan karena bisa langsung dimasukkan ke dalam saku celana.

DESAIN ERGONOMIS DENGAN ZEN DESIGN

Secara keseluruhan Blogger Borneo sangat menyukai desain yang dibawa oleh ASUS ZenPower Pro. Bukan karena hanya ukurannya yang baik, tetapi juga karena bahan pembalut bodi yang diusung sangatlah menarik, yaitu aluminium ringan.

Dengan adanya bahan pelindung aluminium yang jelas lebih kuat dibandingkan dengan powerbank ber-casing plastik, ASUS ZenPower Pro juga mampu memperlihatkan desain yang elegan dan ergonomis. Dari jauh saja sudah kelihatan bahwa ia tampak seperti produk powerbank premium.

Selain itu, ASUS ZenPower PRO datang dengan 3 varian warna yaitu Osmium Black, Sheer Grey, dan Glamor Pink. Dengan begitu, para pengguna setia ASUS atau para pencari powerbank bisa memilih warna sesuai dengan warna favorit yang disukai.

ASUS ZenPower Pro Seukuran SIM Card
ASUS ZenPower Pro Seukuran SIM Card (Sumber: Dok. Pribadi)

Jika diperhatikan, untuk saat ini kita dapat melihat begitu banyak jenis powerbank dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh masing-masing produsen. Mulai dari powerbank yang memiliki ukuran sangat ramping, hingga powerbank yang punya kapasitas penyimpanan daya yang sangat besar. Nah, banyaknya jenis dan tipe powerbank yang beredar di pasaran tersebut justru membuat pengguna kebingungan. Alasannya, kadang mereka tidak bisa menentukan pilihan yang tepat saat akan membeli produk powerbank untuk gadget yang mereka miliki.

Sebagai pemimpin utama di era digital, ASUS juga menghadirkan produk powerbank berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pengguna seperti di atas. Dengan berbagai riset dan feedback dari pengguna setia, ASUS akhirnya memperkenalkan ASUS ZenPower Pro yang merupakan generasi penerus dari ASUS ZenPower yang fenomenal.

11 FITUR PROTEKSI ASUS ZENPOWER PRO

Menggunakan powerbank memiliki resiko yang besar jika produk powerbank tersebut tidak dilengkapi fitur proteksi yang memumpuni. Bisa-bisa yang menjadi korban adalah gadget kesayangan kita. Apalagi jika gadget tu harganya puluhan juta, bayangkan kesedihan yang akan Anda rasakan.

BACA JUGA: ASUS ZENPOWER 10050 MAH, KAPASITAS BESAR SEUKURAN KARTU KREDIT

ASUS ZenPower Pro dilengkapi dengan berbagai fitur protektif agar gadget kesayangan kita tidak mengalami kerusakan. Total ada 11 fitur proteksi yang disediakan oleh ASUS. Berikut ini informasi lengkapnya:

1. TEMPERATURE PROTECTION

Anda tahu, efek panas saat sel baterai diisi ulang dapat merusak baterai itu sendiri. Di sini ASUS mendesain sistem yang menjaga suhu baterai lithium agar tetap dalam kisaran yang aman.

2. SHORT CIRCUIT PROTECTION

Guna mencegah korsleting akibat arus pendek, ZenPower memiliki detektor yang akan memutus jalur koneksi sehingga kejadian tersebut tak menyebabkan kerusakan.

3. RESET PROTECTION

Tombol power di ZenPower juga berguna untuk melakukan reset ketika powerbank mengalami masalah. Feature ini jarang dimiliki powerbank pada umumnya.

4. INPUT OVER VOLTAGE PROTECTTION

Fitur yang mampu mendeteksi tegangan input/masuk. Jika melebihi batas maka ZenPower akan mati secara otomatis agar powerbank dan gadget Anda terhindar dari kerusakan.

5. OUTPUT OVER VOLTAGE PROTECTION

Fitur yang mampu mendeteksi tegangan output dari ZenPower yang mencegah gadget rusak dari output tegangan yang tidak normal.

6. INPUT RESERVE DIRECTION PROTECTION

Saat kabel charger terhubung sekaligus ke input dan output maka ZenPower akan mematikan daya dan memunculkan indikator peringatan, ini demi mencegah terjadinya setrum yang membahayakan pengguna.

7. OVER CHARGE / OVER DISCHARGE PROTECTION

Saat pengisian daya penuh, ZenPower akan mematikan proses pengisian yang dapat menyebabkan baterai kelebihan atau kehabisan muatan sehingga baterai gadget lebih berumur panjang.

8. OUTPUT OVER CURRENT PROTECTION

Untuk mengamankan gadget, ZenPower pun akan menghentikan arus output yang tidak normal (fluktuasi).

9. CELL PTC PROTECTION

Fitur ini dengan cepat mendeteksi suhu baterai. Jika terlalu panas maka proses charging akan dihentikan saat itu juga guna mencegah kerusakan lebih lanjut.

10. ADAPTER PROTECTION

ASUS PowerSafe Technology juga mampu memastikan konektor/kabel yang digunakan berada pada suhu yang aman saat proses charging berlangsung.

11. JEITA PROTECTION

Teknologi cerdas berikutnya yang memonitor perubahan suhu dan menyesuaikan arus listrik pengisian sehingga powerbank ZenPower 1,8X lebih awet dibandingkan powerbank lainnya.

SPESIFIKASI TEKNIS

Spesifikasi Teknis ASUS ZenPower Pro

Nah, setelah Blogger Borneo jelaskan secara panjang lebar mengenai spesifikasi lengkap ASUS ZenPower Pro, bagaimana pendapat dari kawan-kawan mengenai produk powerbank ini. Sebagai produsen yang cukup berkomitmen dalam menjaga kualitas dan selalu melakukan inovasi terhadap produk-produk yang diciptakan, ASUS sangat berharap para pengguna gadget memiliki pilihan powerbank baru yang berkualitas yang siap menemani pengguna dan gadget kesayangannya.

Mengenai harga produknya sendiri, di Indonesia ASUS ZenPower Pro 10.050 mAh dijual dengan harga Rp. 399.000,- dan untuk saat ini sudah bisa didapatkan di toko-toko yang menjual produk ASUS di kota Anda. (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...