ASUS Zenfone Selfie, Smartphone Sempurna bagi Penggemar Selfie

BLOGGERBORNEO.COM – Tepat pada tanggal 19 November lalu, ASUS secara resmi meluncurkan salah satu varian smartphone terbarunya yaitu Zenfone Selfie. Sesuai namanya, smartphone ini memang diperuntukkan bagi para Zenfoner’s Mania yang gemar melakukan selfie. πŸ™‚

PESONA KAMERA DEPAN SEMPURNA

Karena istilah “selfie” sangat erat kaitannya dengan kamera depan dari sebuah smartphone, maka pada kesempatan ini Blogger Borneo akan membahas terlebih dahulu mengenai kelebihan kamera depan yang dimiliki oleh ASUS Zenfone Selfie. Memang jika diperhatikan, selama ini kita sering melihat bahwa kualitas kamera depan yang dimiliki oleh setiap smartphone umunya lebih kecil dari kualitas kamera belakangnya. Namun tidak demikian dengan ASUS Zenfone Selfie. Khusus untuk tipe ini, ASUS memang benar-benar ingin memanjakan para penggunanya yang gemar melakukan selfie dengan memberikan kualitas sama antara kamera depan dan belakang di angka 13 mega piksel.

ASUS juga mempersenjatai kamera depan Zenfone Selfie-nya dengan Dual Tone Flash yang mampu membuat hasil pencahayaannya lebih sempurna, menggunakan diafragma berukuran besar f/2.0 5 Element Largan Lens, Auto Laser Focus yang mampu menyesuaikan fokus objek hanya dalam waktu 0,03 detik saja, dan Selfie Panorama Up To 140′. Sedangkan pada kamera belakangnya, fasilitas yang dimiliki juga hampir sama. Hanya saja ada penambahan pada fasilitas Pixel Master Camera untuk membuat hasil foto dan video bisa lebih terang 4 kali lipat dari sebelumnya.

Foto Indoor Menggunakan Kamera Depan Zenfone Selfie
Foto Indoor Menggunakan Kamera Depan Zenfone Selfie
Foto Outdoor Menggunakan Kamera Belakang Zenfone Selfie
Foto Outdoor Menggunakan Kamera Belakang Zenfone Selfie

KEMAMPUAN VIDEO FULL HD

Selain unggul dalam kemampuan mengambil objek berbentuk gambar atau foto, ASUS Zenfone Selfie juga memiliki kemampuan merekam video diatas rata-rata. Ada 3 jenis kualitas yang bisa dipilih yaitu: TV (640×480), High Density atau HD (1280×720), dan Full HD (1920×1080).

Berikut merupakan salah satu hasil rekaman video ketika Blogger Borneo sedang melakukan proses unboxing ASUS Zenfone Selfie di salah satu cafe di kota Pontianak. πŸ™‚

LAYAR CEMERLANG DAN GORILLA GLASS 4

Setelah melakukan penyempuraan pada kamera depan Zenfone Selfie, ASUS juga melakukan penyempurnaan pada kualitas layar terpasang. ASUS sengaja menempatkan layar IPS 5,5 inci agar warna dan tampilannya tetap fokus bisa dilihat hingga sudut 178 derajat. Dengan resolusi layar mencapai 1080×1920 berkerapatan 403 ppi dan kecerahan hingga 400 nits, layar Zenfone Selfie tetap akan mampu menampilkan gambar atau foto yang tajam dan cerah.

Tidak lupa digunakan juga teknologi ASUS TruVivid yang mengubah sistem 4 lapisan layar konvensional menjadi hanya 2 lapisan layar saja. Dengan adanya pengurangan lapisan layar ini, respon sentuhan akan semakin meningkat dan tetap akan berfungsi meski kondisi permukaan layar terkena air atau minyak. Untuk kondisi mengenakan sarung tangan pun, ASUS Zenfone Selfie tetap bisa difungsikan dengan cukup baik.

Khusus pelapis layar kaca, ASUS menggunakan Corning Gorilla Glass 4 yang diklaim mampu menahan benturan 2 kali lebih kuat dan lebih tahan gores 2,5 kali dari Corning Gorilla Glass 3. Bisa dibilang untuk saat ini, ASUS Zenfone Selfie adalah smartphone pertama yang telah menggunakan lapisan layar terbaru ini.

Blogger Borneo Selfie with ASUS Zenfone Selfie
Blogger Borneo Selfie with ASUS Zenfone Selfie

MENDUKUNG KONEKTIVITAS TINGGI

Jika pada versi sebelumnya ASUS menggunakan konsep baterai unibody Lithium Polimer 3000 mAh yang menyatu dan tidak bisa dibongkar pasang, maka pada Zenfone Selfie konsep tersebut diubah. Hal ini sengaja dilakukan demi memudahkan pada Zenfoner’s Mania untuk melakukan bongkar pasang baterai jika bermasalah nantinya.

Di bagian atas tempat pemasangan baterai disediakan dua slot untuk menyimpan SIM Card yang keduanya sudah mampu mendukung akses koneksi hingga 4G LTE (Long Term Evolution). Secara teoritis, koneksi 4G ini mampu memberikan kecepatan unduh mencapai 300 Mbps danΒ  unggah hingga 75 Mbps. Dukungan standar jaringan FDD-LTE di banyak frekuensi menjadikan Zenfone Selfie fleksibel mengadopsi jalur 4G di berbagai negara.

Khusus untuk dudukan memori eksternal tambahan (MicroSD), ASUS meletakkannya menempel menjadi satu dengan slot SIM Card 1. Awal mulanya Blogger Borneo sendiri sempat merasa kesulitan ketika akan memasang memori tambahan, namun setelah diperhatikan secara seksama posisinya tepat berada diatas slot SIM Card 1. Jadi jika terpasang keduanya akan tampak saling bertimpa satu sama lain.

KESEIMBANGAN KINERJA DAN EFISIENSI DAYA

Dari sisi performa, ASUS telah membekali Zenfone Selfie dengan prosesor Snap Dragon 615 Qualcomm Octa Core dan mengkombinasikannya dengan RAM 3 Gb. Chip ini memang didesain khusus untuk menunjang aktivitas mobile mulai dari koneksi jaringan, multitasking, dan pengelolaan video Full HD namun tetap bisa mempertahankan efisiensi penggunaan daya baterainya. Jadi meskipun performa kinerjanya dalam kondisi maksimal, namun energi baterai yang digunakan tetap irit dan tidak boros.

Mengenai harga, ASUS Zenfone Selfie tersedia dalam dua jenis kapasitas media penyimpanan internal yaitu 16 Gb dan 32 Gb. Untuk ASUS Zenfone Selfie ZD551KL 16 Gb harga jualnya adalah Rp. 2.799.000,- sedangkan 32 Gb harga jualnya adalah Rp. 2.999.000,-. Ternyata harganya masih cukup bersaing untuk kemampuan dan fasilitas setara.

Nah tunggu apalagi, bagi kawan-kawan yang suka selfie sepertinya Zenfone Selfie ini sangat cocok banget untuk digunakan. Ditunggu update-update foto selfie terbarunya menggunakan ASUS Zenfone Selfie yach… (DW)

KETERANGAN:
Terima kasih banyak kepada pihak ASUS Indonesia yang telah mengundang 4 orang #BloggerPontianak untuk hadir dalam ZenFestival Indonesia Tahun 2015. πŸ™‚

You might also like More from author

Comments

Proses...