BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

ASUS ZenFone AR, Nantikan Kemunculannya di CES 2017 Hari Ini

Untuk saat ini, Google sedang mengembangkan proyek berbasis AR yang diberi nama Tango. Dengan dukungan kamera berkemampuan Tango, sebuah smartphone akan mampu melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh smartphone pada umumnya.

Sebuah status dari @EvLeaks mengenai penampakan ASUS ZenFone AR memunculkan rasa penasaran Blogger Borneo terhadap rencana kemunculan salah satu varian smartphone terbaru ASUS yang masih cukup misterius pada ajang Consumers Electronic Show (CES) 2017 di Las Vegas hari ini (Rabu, 04/01/2017).

Menurut informasi dari laman ArenaLTE.Com, Selasa (03/01/2017), sebenarnya isu mengenai kemunculan varian terbaru smartphone ASUS ini sudah di sounding kan oleh CEO ASUS, Jerry Shen pada bulan November lalu. Pada saat itu Jerry Shen bertekad untuk melahirkan ZenFone AR yang mendukung Google Tango.

Meski tidak ada penjelasan resmi mengenai penggunaan kode AR diakhir nama ZenFone, namun secara pribadi Blogger Borneo berpendapat bahwa kode tersebut singkatan dari Augmented Reality.

Penampakan ASUS ZenFone AR via EvLeaks
Penampakan ASUS ZenFone AR via EvLeaks

“Augmented Reality atau Realitas Tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.” – Wikipedia Indonesia

Untuk saat ini, Google sedang mengembangkan proyek berbasis AR yang diberi nama Tango. Dengan dukungan kamera berkemampuan Tango, sebuah smartphone akan mampu melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh smartphone pada umumnya.

Secara detail, dijelaskan bahwa Tango merupakan nama sistem kamera yang dibenamkan pada beberapa smartphone berbasis android, salah satu diantaranya adalah ASUS ZenFone AR.

Para pengguna ASUS ZenFone AR bisa mendeteksi obyek dalam kondisi 3 Dimensi (3D) dan menggunakannya sebagai kamera pelacak gerak serta pendeteksi kedalaman. Fitur ini biasanya dipakai untuk mempelajari lingkungan. Selain itu, bisa juga digunakan untuk memetakan ruang fisik, melacak obyek dan bisa memproyeksikan efek visual dari ruang di dunia nyata.

“Dengan ASUS ZenFone AR dan headset plus controller Daydream View, kita bisa mengeksplorasi dunia baru. Lewat aplikasi seperti Google Street View dan Fantastic Beasts, tenggelam ke dalam sinema VR pribadi dengan YouTube, Netflix, Hulu dan HBO. Juga game favorit seperti Gunjack 2, LEGO BrickHeadz, Need for Speed dan lusinan judul lain,” demikian dikutip dari ArenaLTE.Com, Selasa (03/01/2017).

Masih terkait dengan kemunculan ASUS ZenFone AR di CES 2017, dari portal DroidLime.Com, Selasa (03/01/2017) diperoleh informasi bahwa varian smartphone terbaru ASUS ini sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835. Memang jika dibandingkan dengan versi sebelumnya yaitu Snapdragon 820, ukurannya Snapdragon 835 lebih kecil. Namun untuk performanya tetap lebih tinggi dengan tingkat efisiensi energi lebih baik.

Selain ASUS ZenFone AR, pada ajang CES 2017 juga akan diperkenalkan generasi terbaru ZenFone 3 Zoom yang menggunakan dual-camera utama. Besar kemungkinan ZenFone 3 Zoom akan menggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 835. Info lengkap mengenai penyelenggaraan CES 2017 bisa dilihat di http://www.ces.tech/. (DW)

Referensi Tulisan:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah
  • https://twitter.com/evleaks/status/815973578906730497
  • http://arenalte.com/berita/produk/asus-zenfone-ar-snapdragon-821/
  • https://www.droidlime.com/artikel/smartphone-terbaru-asus-meluncur-4-januari-di-ces-2017.html
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge