ASUS Zenfone 3 Dirilis, Ini Spesifikasi Teknis dan Harga Resminya

Akhirnya setelah ASUS melakukan dua kali peluncuran Zenfone 2 dan Zenfone Selfie pada tahun 2015 lalu, di pertengahan tahun ini ASUS kembali meluncurkan secara resmi versi Zenfone 3 pada penyelenggaraan ZenVolution Computex 2016 di Taipei.

Pada peluncuran kali ini, ASUS langsung merilis tiga versi smartphone android terbaru miliknya yaitu: ASUS Zenfone 3, Zenfone 3 Deluxe, dan Zenfone 3 Ultra. Masing-masing versi memiliki perbedaan dari segi spesifikasi, fitur, dan desain. Diantara ketiga versi tersebut, ASUS Zenfone 3 memiliki standar spesifikasi dan fitur minimal. Oleh karena itu, harga yang dibanderol juga paling rendah diantara lainnya yaitu di kisaran $249 atau sekitar 3,3 juta rupiah.

ASUS ZENFONE 3

Menurut informasi yang dirilis dari GSM Arena, Senin (30/05/2016), ASUS Zenfone 3 didesain menggunakan bodi aluminium sehingga tampak lebih tipis dan elegan. Pada lapisan layar depan dan lapisan belakang digunakan Corning Gorilla Glass 3 (Asus ZenUI 3.0).

Untuk chipset prosesornya, ASUS kembali mempercayakan kepada Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 Octa-Core 2.0 GHz Cortex-A53 dengan kapasitas RAM 3 Gb (32 Gb) dan 4 Gb (64 Gb). Sistem operasi android yang dipasang merupakan versi terbaru yaitu Marshmallow 6.0.1.

ASUS Zenfone 3 Resmi Dirilis di Taipei
ASUS Zenfone 3 Resmi Dirilis di Taipei (Sumber: ASUS.Com)

ASUS Zenfone 3 menggunakan layar berukuran 5,5 inci dengan ketajaman hingga 1080p. Panel yang digunakan Super IPS Plus dan memiliki screen to body ratio hingga 77,3 persen. Dalam hal dokumentasi, ASUS membekali Zenfone 3 dengan kamera belakang berkapasitas 16 MP dan kamera depan 8 MP. Khusus pada kamera belakang telah menggunakan teknologi TriTech Autofocus yang merupakan gabungan dari Phase/Laser Detection Autofocus, Face Detection, dan Touch Autofocus.

Mengenai baterai, tidak ada perubahan dari versi sebelumnya yaitu ASUS Zenfone 2 karena masih tetap menggunakan Non-Removable Li-Ion 3000 mAh. Tersedia pilihan tiga warna yang bisa dipilih, yaitu: Sapphire Black, Moonlight White, dan Shimmer Gold.

ASUS ZENFONE 3 DELUXE

Versi berikutnya yang diperkenalkan adalah Zenfone 3 Deluxe. ASUS memasukkan smartphone versi ini sebagai edisi flagship karena dibekali chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 820 Dual-Core 2.15 GHz Kryo dan Dual-Core 1.6 GHz Kryo dengan kapasitas RAM hingga 6 Gb serta memori internal 128 Gb. Kapasitas RAM dan memori internal besar ini sengaja dibuat demi memberikan kinerja lebih cepat bagi para pengguna, khususnya dalam hal membuka dan berganti aplikasi satu ke aplikasi lain. Zenfone 3 Deluxe menggunakan sistem operasi android Marshmallow 6.0.1.

Dari segi desain, untuk pertama kalinya ASUS menggunakan rancangan unibody dimana cover bagian belakang yang berbahan logam seluruhnya tidak dapat dilepas. Baterai yang dipasang juga bersifat Non-Removable Li-Ion dengan kapasitas 3000 mAh.

ASUS Zenfone 3 Deluxe menggunakan lapisan layar Corning Gorilla Glass 4 (Asus ZenUI 3.0). Kamera belakang terpasang memiliki kemampuan menangkap objek hingga 23 MP, sedangkan kamera depannya 8 MP. Layar yang dimiliki berukuran 5,7 inci dengan ketajaman hingga 2160p. Panel yang digunakan Super IPS Plus dan memiliki screen to body ratio hingga 74 persen.

Khusus Zenfone 3 Deluxe, ASUS menggunakan port data dan charge USB Tipe C. Dengan adanya dua fitur tambahan ini, proses perpindahan data dan pengisian baterai akan semakin cepat dilakukan. Untuk warna, terdapat tiga pilihan warna, yaitu: Glacier Silver, Titanium Gray, dan Shimmer Gold.

ASUS ZENFONE 3 ULTRA

Diantara dua versi lainnya, ASUS Zenfone 3 Ultra memiliki ukuran layar dan kapasitas baterai lebih besar yaitu 6,8 inci dan 4.600 mAh (Non-Removable Li-Ion). Meski berukuran layar besar, ASUS telah merancang rasio antara bodi dan layar mencapai 79 persen. Hal ini memungkinkan para penggunanya tetap akan merasakan memegang sebuah smartphone berukuran layar 6 inci.

Mengenai chipset prosesor yang digunakan, ASUS membenamkan Qualcomm Snapdragon 652 dengan kapasitas RAM 4 GB dalam smartphone ini. Memang jika ingin dibandingkan, chipset prosesor yang digunakan lebih rendah dari versi ASUS Zenfone 3 Deluxe. Akan tetapi, jika dilihat dari teknologi pengolahan gambar, ASUS secara khusus membekali dengan teknologi Tru2Life+ Video. Selain itu, turut ditambahkan speaker yang mendukung audio kualitas tinggi dan suara surround 7.1 virtual.

ASUS Zenfone 3 Ultra telah mendukung fitur Fast Charging. Adapun tiga pilihan warna yang disediakan, antara lain: Glacier Silver, Titanium Gray, dan Metallic Pink.

HARGA ZENFONE 3 : $249

HARGA ZENFONE 3 DELUXE : $499

HARGA ZENFONE 3 ULTRA : $479

KETERANGAN:

  • Semua versi ASUS Zenfone 3 memiliki fitur pemindai sidik jari (fingerprint)

You might also like More from author

Comments

Proses...