BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

ASUS E202, Daya Tahan Baterai 8 Jam Membuatmu Bisa Berkreasi Lebih Lama

Sebagai salah seorang blogger yang memiliki tingkat mobilitas tinggi dan harus selalu terkoneksi dengan internet, kebutuhan akan sebuah notebook kecil dengan kapasitas baterai tahan lama tentulah menjadi sebuah prioritas.

Banner Lomba Blog ASUS EeeBook E202Sejak memutuskan untuk menjadi seorang blogger kurang lebih 8 tahun lalu, Blogger Borneo sangat memperhatikan aspek kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan notebook dalam beraktivitas. Meskipun untuk saat ini dirumah sudah memiliki akses internet sendiri, namun pada kenyataannya hampir setiap hari Blogger Borneo selalu mobile dalam beraktivitas.

“Bang, saye heran ngape Abang suke online kemane-mane padahal dirumah kan udah ade akses internet sendiri”, pertanyaan seperti ini sering dilontarkan oleh kawan-kawan yang secara tidak sengaja bertemu di sebuah lokasi nongkrong seperti warkop, coffee shop, dan sejenisnya. Mendapat pertanyaan seperti itu Blogger Borneo merasa maklum karena bagaimanapun juga mereka akan berpikiran kenapa harus keluar rumah lagi jika dari rumah sendiri sudah bisa online.

Well… bagi Blogger Borneo sendiri mood dalam menulis itu sangat dipengaruhi dengan suasana dimana kita sedang berada. Ya sama halnya ketika Blogger Borneo membuat tulisan ini, hanya saja pada kali ini lokasi yang dipilih berbeda dari biasanya karena momennya sedang bulan Ramadhan 1438 Hijriah. 😀

ASUS E202, NOTEBOOK MINI BATERAI TAHAN LAMA

Selain suasana lokasi, Blogger Borneo juga sangat mempertimbangkan untuk urusan pemilihan notebook yang akan digunakan dalam beraktivitas sehari-hari.

Tentunya diantara begitu banyak merek dengan masing-masing tipe diluar sana, Blogger Borneo tetap harus memilih salah satu yang dirasa bisa mengakomodir semua kebutuhan. Nah, untuk saat ini sepertinya fokus perhatian Blogger Borneo sedang tertuju pada salah satu tipe notebook yaitu ASUS E202.

ASUS EeeBook E202

ASUS EeeBook E202, demikian nama lengkap dari tipe notebook terbaru buatan produsen Taiwan ini. Jujur saja, sejak melihat penampakan produk ini di internet maupun media sosial, Blogger Borneo langsung menganggap bahwa notebook ini adalah pilihan tepat untuk mendukung semua aktivitas para pengguna yang memiliki jam terbang tinggi secara online ataupun offline.

7 ALASAN KENAPA HARUS MEMILIH ASUS E202

Berani memberikan penilaian positif tentu saja harus berani memberikan penjelasan secara detail mengenai spesifikasi teknis yang dimiliki oleh sebuah produk. Oleh karena itu, berikut Blogger Borneo akan jelaskan mengenai 7 alasan kenapa harus memilih notebook ini.

Alasan 1 : Desain Mungil Ukuran Mini

ASUS E202 - Desain Mungil Ukuran Mini

Dengan ukuran dimensi minimalis yaitu 29,7 cm x 19,3 cm x 2,3 cm (PxLxT), notebook kecil berukuran kertas A4 ini memiliki bobot kurang lebih 1,2 kilogram saja. Jika dibandingkan dengan kertas ukuran A4, notebook ini masih lebih kecil. Karena sehari-hari Blogger Borneo selalu membawa notebook, maka ASUS E202 bisa menjadi pilihan utama.

Meski memiliki dimensi minimalis, namun untuk ukuran layar ASUS E202 tetap memberikan kenyamanan maksimal bagi para penggunanya. Menurut pengalaman Blogger Borneo sendiri, ukuran layar 11,6 inci merupakan ukuran pas (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil). Dengan perbandingan 16:10 HD, layar ASUS E202 mampu menghasilkan resolusi hingga 1366×768 piksel.

Alasan 2 : Kapasitas Baterai Tahan Lama

ASUS E202 - Kapasitas Baterai Tahan LamaDesain mungil, ukuran mini, bobot ringan, luar layar pas, dan baterai tahan lama, sepertinya semua kebutuhan Blogger Borneo sudah dimiliki oleh ASUS EeeBook E220.

ASUS E202 menggunakan prosesor Intel hemat daya Intel® Celeron® Dual-Core N3050 Processor, 2.16 GHz yang mampu memberikan masa aktif baterai hingga 8 jam.

Selain itu, notebook kecil ASUS berukuran kertas A4 ini sudah menggunakan port USB 3.1 Type-C yang sangat menghemat waktu karena USB dapat dicolok dari berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya. Mengenai kecepatan transfer, USB 3.1 lebih cepat 11 kali lipat dibandingkan USB 2.0.

Alasan 3 : Kualitas Suara Maksimal

ASUS E202 - Kualitas Suara Maksimal

ASUS EeeBook E202 memiliki fitur 2 kualitas audio yang terbaik, speaker yang menghadap depan dapat langsung Anda nikmati baik untuk video dan musik setiap hari.

Dengan teknologi ASUS SonicMaster yang dikolaborasikan dengan ASUS Golden Ear Team akan menciptakan sebuah teknik engineering software yang mampu menghasilkan presisi suara berbeda dari kebanyakan laptop yang ada pada saat ini. ASUS E202 mampu menghasilkan suara yang lebih dalam dan bersih meski pada volume suara yang tinggi.

Sudah menjadi kebiasaan ketika sedang “bekerja” Blogger Borneo selalu sambil mendengarkan musik. Oleh karena itu, fitur Dual Speaker ASUS SonicMaster yang dipasang pada ASUS E202 cukup dapat memberikan kenyamanan ketika sedang beraktivitas menggunakan notebook ini.

Alasan 4 : TouchPad Lebih Besar

ASUS E202 - Touchpad Lebih Besar

Sudah menjadi kebiasaan, setiap beraktivitas menggunakan netbook, Blogger Borneo selalu meminimalisir penggunaan mouse sehingga sangat bergantung pada keberadaan touchpad.

ASUS EeeBook E202 memiliki touchpad yang sangat responsif sehingga mampu memberikan pengalaman selayaknya sebuah layar smartphone saat ini dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Selain itu, khusus pada tipe ini ukuran touchpad-nya dibuat 36% lebih besar dibandingkan pada laptop sejenis.

Hebatnya lagi, touchpad pada EeeBook E202 juga sudah dilengkapi dengan fitur teknologi ASUS Smart Gesture sehingga lebih intuitive dan memiliki banyak fungsi yang dapat Anda pakai selayaknya gesture pada layar sentuh.

ASUS E202 - Touchpad Smart Gesture

Penampakan gambar disamping kanan merupakan pola gerakan tangan yang bisa dilakukan untuk menjalankan beberapa fungsi, antara lain: Zoom In/Out, Drag, Page Scrolling, dan Execute Cortana.

Alasan 5 : Tetap Senyap Meski Kinerja Maksimal

ASUS E202 - Anti Bising

ASUS EeeBook E202 dipersenjatai dengan Intel® prosessor terbaik yang mampu memberikan kapasitas performa dalam berkomputasi, khususnya pada saat berselancar di web, menonton video, proses pengetikan, dan multitasking sehari-hari. Hal ini tentu saja akan sangat mendukung aktivitas harian yang biasa dilakukan oleh Blogger Borneo.

Nah, satu lagi kelebihan dari ASUS E202 adalah meski bekerja secara maksimal namun tidak akan menghasilkan suara bising. Desain yang sangat tipis dan fanless membuat notebook ini memiliki suara bising sangat rendah, sangat cocok digunakan saat di perpustakaan atau bahkan ditinggalkan semalaman untuk mendownload dokumen dan files.

Alasan 6 : Akses Internet Cepat

ASUS E202 - Empat Pilihan WarnaTeknologi Wi-Fi terbaru 802.11ac yang dipasang pada notebook kecil ini mampu membuat para penggunanya berselancar lebih cepat di dunia maya hampir tiga kali lipat dari 802.11n. Jadi sangat cocok digunakan oleh Blogger Borneo yang suka ngeblog, browsing, download, serta streaming video secara online.

Alasan 7 : Empat Pilihan Warna

Diantara 4 (empat) pilihan warna yang ada, yaitu: Silk White, Dark Blue, Lightning Blue, dan Red Rouge, mana yang ingin kawan-kawan pilih? Kalau Blogger Borneo sih lebih memilih warna biru terang karena unik dan tampak berbeda dari yang lain. 🙂

Keterangan: 7 alasan diatas Blogger Borneo pilih berdasarkan pengalaman ketika beraktivitas menggunakan notebook terutama pada saat ngeblog.

Sekarang bicara mengenai harga jualnya di Indonesia, ASUS EeeBook E202 memiliki harga resmi mulai dari Rp. 3.099.000,-. Harga ini bisa menyesuaikan tergantung lokasi pembelian produk dan sistem operasi yang digunakan karena tersedia dalam dua pilihan yaitu DOS atau WIN 10.

Sekarang setelah dijelaskan panjang lebar mengenai kelebihan apa saja yang dimiliki oleh notebook berukuran ukuran A4 ini, Blogger Borneo hanya ingin memberikan saran bahwa notebook ini merupakan pilihan tepat bagi kawan-kawan yang sedang mencari notebook dengan bugdet terbatas namun kinerja tetap tidak mengecewakan. Rencanakan dulu kebutuhan penggunaan notebook yang akan dibeli untuk apa saja, baru putuskan ingin membeli tipe apa. Jangan lupa, beli ASUS E202 ya… 😉 (DW)

SPESIFIKASI TEKNIS ASUS EEEBOOK E202

Spesifikasi Teknis ASUS EeeBook E202

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com

Referensi:

  • https://www.asus.com/id/Laptops/E202SA/Features/
You might also like
3 Comments
  1. deddyhuang.com says

    mau bungkus yang warna apa bang? 😀

    1. Dwi Wahyudi says

      Biru Koh. Amin Ya Allah…

  2. Mas Helmi Blog says

    Keren reviewny lengkap banget gan, mampir ya ke blog q
    Mas Helmi Blog´s last blog post ..Kreatif Dalam Berkarya Dengan ASUS ZenBook UX410UQ

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge