Apa Saja Cara Pembayaran yang Populer di Online Shop Indonesia?

Soal pembayaran adalah hal yang sangat penting untuk diketahui jika Anda berbelanja di online shop Indonesia. Hal ini tentu saja karena Anda tak bisa dengan mudah langsung memberikan uang kepada pemilik online store tersebut tanpa adanya sistem yang jelas. Bahkan kalau salah atau ada kekeliruan, kadang-kadang pembayaran Anda pun tak bisa masuk, dan Anda pun merugi. Karena itu, kenali dulu apa saja metode untuk membayar yang berlaku di online shop sekarang ini.

Pertama-tama adalah metode pembayaran yang paling sering digunakan untuk para pembeli di online store. Metode ini tidak memanfaatkan internet, dan bisa dibilang termasuk metode offline, yaitu:

TRANSFER BANK

Merupakan metode paling lazim dipakai oleh para netizens. Seperti transfer bank pada umumnya, begitu Anda sudah memilih barang-barang yang diinginkan, Anda tinggal menyetor sejumlah uang ke rekening penjual lalu mengkonfirmasinya ke penjual tersebut. Cepat dan mudah.

CASH ON DELIVERY

Cara ini dilakukan jika Anda berada di lokasi yang dekat dengan penjual, dan belum mengenal penjual tersebut. Dengan cara ini, Anda tidak rugi karena baru membayar begitu barang sudah diantar ke tempat Anda oleh penjual atau staff online shop.

Namun kemajuan online shop Indonesia membuat cara membayar tidak hanya terjebak di situ saja. Sekarang ini ada banyak cara untuk membayar pembelian di online shop via internet, baik ketika Anda sedang menggunakan komputer atau laptop, atau yang sekarang ini sedang tren, menggunakan aplikasi di smartphone milik Anda. Semua itu tak kalah praktisnya dengan transfer bank biasa.

Online Shop Indonesia
Online Shop Indonesia (Sumber: WordPress.Com)

Beberapa cara lain lagi untuk melakukan pembayaran adalah dengan menggunakan cara-cara berikut ini:

1. KARTU KREDIT

Ini tentunya merupakan cara pembayaran universal yang digunakan terutama oleh situs luar negeri. Jika Anda membeli dari situs semacam Barnes & Noble, atau Amazon, kartu kreditlah yang wajib dimiliki.

2. INTERNET BANKING

Layanan perbankan menggunakan internet ini memudahkan Anda untuk membayar langsung dengan internet, misalnya saja KlikBCA, e-BRI, CIMB Clicks, dan lain sebagainya.

3. REKENING BERSAMA (REKBER)

Sistem ini memakai jasa pihak ketiga yang biasanya diberikan oleh penyedia platform marketplace atau forum. Pembeli mentransfer uang ke RekBer, dan pihak ketiga mengkonfirmasi ke penjual, yang akan langsung mengirim barang. Begitu barang sampai dengan selamat, uang di RekBer bisa dicairkan penjual, minus komisi untuk pihak ketiga. Ini dianggap lebih aman bagi kedua belah pihak.

Itulah beberapa cara untuk pembayaran di online shop Indonesia. Dengan semakin canggihnya teknologi yang ada, cara-cara lain yang lebih praktis dan modern pun akan muncul lagi. Sekarang ini misalnya, sudah ada cara seperti QR Code Scan yang memindai kode menggunakan smartphone Anda, atau uang elektronik semacam BBM Money dan Telkomsel Tcash. Semua demi kenyamanan dan keamanan transaksi online.

Sumber: Aktivitas Rutin

You might also like More from author

Comments

Proses...