Anda Blogger, Saya Blogger. Terus Kenapa Harus Kepo???

Sebagai salah seorang blogger pemula yang baru ngeblog pada tahun 2009, Blogger Borneo tidak pernah merasa risih dengan aktivitas kawan-kawan para blogger terutama dari Komunitas Blogger Pontianak. Terserah mereka mau menggunakan blognya  sebagai sumber penghasilan, tempat curhat, media berbagi pengalaman dan informasi, atau apapun itu selama arahnya tidak menyimpang, Blogger Borneo merasa semua aktivitas tersebut fine-fine aja. Tidak ada yang perlu diributkan, dan tidak ada yang perlu dikomentari. 🙂

Hingga pada satu waktu, tepatnya beberapa hari lalu, secara tidak sengaja Blogger Borneo membaca sebuah postingan miliknya salah seorang blogger yang berjudul Anda dan Saya Blogger, Bukan Event Cheerleader. Karena merasa penasaran dengan judulnya maka Blogger Borneo pun membuka link tulisan tersebut dan membacanya sampai selesai. Secara garis besar Blogger Borneo melihat Sang Penulis adalah seorang blogger yang hebat. Dilihat dari bahasa dan kalimat yang digunakan, sepertinya Beliau ingin mengajarkan kepada seluruh blogger di Indonesia mengenai apa definisi blog sebenarnya dan bagaimana seharusnya menjadi seorang blogger sejati.

Terus terang, begitu selesai membaca postingan tersebut, pikiran Blogger Borneo langsung terarah ke kawan-kawan blogger terutama dari Komunitas Blogger Pontianak yang selama ini pernah beberapa kali menerima tawaran untuk melakukan job review atau diundang guna menghadiri acara-acara yang diselenggarakan oleh para provider di Pontianak, Kalimantan Barat. Terus yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah apakah yang dilakukan kawan-kawan itu merupakan hal yang salah??? Jika TIDAK, kenapa harus sekepo itu membuat tulisan yang isinya menyindir para blogger yang menurut Beliau dianggap telah melakukan penyimpangan dari definisi dan makna blog sebenarnya.

Selfie Bersama Dua Orang Spesial dari Indosat Ooredoo
Selfie Bersama Dua Orang Spesial dari Indosat Ooredoo

Mungkin jika diperhatikan, khusus untuk daerah Jakarta, Bandung, dan beberapa kota besar di Indonesia lainnya, jumlah event-event yang diselenggarakan sudah cukup banyak. Dan biasanya mereka mengundang kawan-kawan dari Komunitas Blogger yang ada untuk dapat hadir dengan harapan mereka bisa mendapatkan promo maksimal dari tulisan-tulisan review mengenai hasil liputan selama event tersebut berlangsung.

Sekarang bagaimana dengan nasib kawan-kawan para blogger daerah yang dalam setahun mungkin tidak ada event-event diselenggarakan di daerahnya. Contohnya kota Pontianak sendiri, jika dilihat ke belakang mungkin baru di tahun ini ada beberapa event yang diselenggarakan mengundang para #BloggerPontianak untuk hadir. Jika kondisinya seperti itu, apakah salah jika Blogger Borneo dan kawan-kawan menerima undangan yang sifatnya sangat jarang tersebut???

Selfie with Pontianak Blogger Community
Selfie with Pontianak Blogger Community

Dan mengenai istilah face to face yang digunakan, Blogger Borneo menilai apa yang diutarakan sepertinya masih kurang tepat. Dari sudut pandang pribadi, selama tidak ada ikatan resmi dalam bentuk kerjasama atau kontrak dalam jangka waktu tertentu sepertinya melakukan review terhadap beberapa jenis provider tidak akan menjadi masalah. Terkecuali Blogger Borneo secara resmi sudah dikontrak oleh sebuah provider untuk menjadi Product Ambassador selama setahun dengan mekanisme pembayaran sudah diatur dalam sebuah perjanjian yang sah, ini baru tidak diperkenankan untuk melakukan face to face. Wong reward yang diberikan sifatnya hanya per event kok, kenapa juga harus pura-pura jaim untuk menolak tawaran dari pihak lain di kesempatan berikutnya.

Sebenarnya hal-hal yang sifatnya universal seperti ini tidak perlulah dipermasalahkan atau dikomentari secara terbuka, semuanya kembali kepada diri pribadi masing-masing mau blognya diarahkan kemana. Meski pada dasarnya jika kita berbicara mengenai definisi blog itu memang peruntukannya untuk hal-hal yang sifatnya pribadi, namun sesuai perkembangan sepertinya definisi tersebut memang sudah bergeser sejak beberapa tahun lalu.

Komunitas Blogger Pontianak dalam Acara Launching Indosat Ooredoo 1 Rupiah Per Detik ke Semua Operator
Komunitas Blogger Pontianak dalam Acara Launching Indosat Ooredoo 1 Rupiah Per Detik ke Semua Operator

Mungkin bagi para blogger yang memang sudah memiliki sumber penghasilan lain, aktivitas ngeblog yang dilakukannya sifatnya hanya untuk penyaluran hobi dan kesenangan pribadi semata. Sekarang bagaimana dengan para blogger yang memang mencari uang melalui blog yang dikelolanya, apakah aktivitas ini dilarang???

Melalui tulisan ini Blogger Borneo sama sekali tidak bermaksud untuk bereaksi negatif dengan tujuan ingin menjatuhkan seseorang. Ya kembali lagi ke definisi blog awal, karena blog ini sifatnya personal maka Blogger Borneo membuat tulisan ini atas dasar pribadi juga. Karena kontennya dipublish melalui blog, maka komentarnya harus dipublish melalui blog juga. Semoga tidak ada yang tersinggung dengan tulisan ini, salam ngeblog dan tetap semangat… (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...