Amalia Ayuningtyas, Sosok Utama Dibalik Gerakan Teman Ahok

Setelah sekian lama menantikan kepastian apakah akan menggunakan jalur partai atau independen untuk mengikuti proses pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, akhirnya Basuki Tjahaja Purnama atau lebih dikenal sebagai Ahok memutuskan untuk mengambil pilihan kedua yaitu jalur independen. Meskipun secara hitungan diatas kertas penggunaan jalur independen ini terasa berat, terkait dengan aturan baru Komisi Pemilihan Umum (KPU) terbaru yang menyatakan jumlah dukungan suara minimal untuk dapat maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta 2017 adalah 1 juta orang, namun Ahok tetap optimis target tersebut bisa tercapai sebelum tenggat pendaftaran bakal calon berakhir di bulan Mei ini.

Tak lama Ahok memutuskan menggunakan jalur independen untuk maju menjadi bakal calon Gubernur DKI Jakarta 2017, muncul sebuah gerakan bernama Teman Ahok. Merasa penasaran dengan nama gerakan ini, Blogger Borneo mencoba untuk mencari informasi melalui halaman website yang beralamat di www.temanahok.com.

TENTANG TEMAN AHOK

Teman Ahok adalah sebuah perkumpulan relawan yang didirikan sekelompok anak muda yang bertujuan untuk membantu dan “menemani” Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dalam mewujudkan Jakarta Baru yang Lebih Bersih, Maju, dan Manusiawi.

Kalimat diatas merupakan kutipan dari halaman profil TemanAhok.Com. Selain kalimat tersebut, dibagian bawahnya juga tertulis:

Hari ini, Teman Ahok berfokus mengumpulkan KTP warga DKI dalam rangka mendukung Ahok menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta Independen 2017. Ini dilakukan untuk mendukung Ahok terus konsisten hanya merasa berhutang pada rakyat, bukan pada Partai Politik.

Banner Teman Ahok

Kalimat ini sepertinya memang dibuat sebagai bentuk penegasan maksud dan tujuan dari gerakan Teman Ahok. Dari halaman depan website TemanAhok.Com terlihat beberapa nama tokoh terkenal di Indonesia, seperti: Zazkia Adya Mecca (Aktris), Darwis Triadi (Fotografer), Arswendo Atmowiloto (Budayawan), Bimbim Slank (Musisi), Arie Kriting (Komik), dan Iwan Fals (Musisi) juga mendukung gerakan ini.

FOUNDER GERAKAN

Setelah melihat tampilan websitenya secara keseluruhan, Blogger Borneo mencoba mencari informasi mengenai siapa sosok dibalik gerakan TemanAhok.Com ini. Meski profil mengenai siapa founder gerakan ini tidak terlampir secara jelas di websitenya, namun Blogger Borneo menemukan informasi yang dibutuhkan dari sebuah halaman website miliknya TokohPenemu.Blogspot.Com. Dari halaman tersebut, diketahui ada lima orang founder gerakan Teman Ahok yaitu:

  1. Amalia Ayuningtyas, 23 Tahun (Mantan Account Executive Sebuah Media Cetak Nasional)
  2. Aditya Yogi Prabowo, 24 Tahun (Marketing Obat-Obatan)
  3. Ricard Handris Purwasaputra, 23 Tahun (Guru PPKn)
  4. Singgih Widyastomo, 22 Tahun
  5. Muhammad Fathony, 24 Tahun

Diantara kelima orang tersebut, Amalia Ayuningtyas merupakan juru bicara dari gerakan TemanAhok.Com. Ketika ditanya mengenai asal mula dibuatnya gerakan Teman Ahok, sosok wanita berjilbab ini memberikan penjelasan bahwa Teman Ahok dibuat atas dasar ingin mempersatukan semangat mendukung Ahok tanpa syarat.

Founder Gerakan Teman Ahok
Founder Gerakan Teman Ahok, Amalia Ayuningtyasih (Sumber: HarianIndo.Com)

JUMLAH DUKUNGAN

Mengenai jumlah dukungan terbaru, sampai saat ini Lia, panggilan akrab Amalia belum bisa memastikan sudah berapa KTP yang terkumpul.

“Kami masih hitung dan diupdate secara reguler di www.temanahok.com jumlah KTP yang telah terkumpul, yang pasti sudah banyak. Dari twitter saja bisa dicek banyak dukungan yang masuk.” demikian jelasnya seperti dilansir dari laman TokohPenemu.Blogspot.Com, Maret 2016.

Karena merasa waktu yang diberikan KPU untuk mengumpulkan dukungan dirasa cukup singkat, yaitu dari awal Maret hingga Mei 2016, maka Lia dan teman-temannya mencoba untuk memaksimalkan kecepatan dalam proses pengumpulan KTP melalui pembukaan beberapa posko di beberapa titik strategis yang ada. Selain itu juga bisa melalui email atau media sosial yang telah dibuat khusus.

SUMBER PENDANAAN

Setiap gerakan tentu membutuhkan biaya operasional, demikian sama halnya dengan TemanAhok.Com. Demi menjaga tujuan awal gerakan ini dibuat, maka Lia dan kawan-kawan menjual merchandise secara online melalui Toko Teman Ahok. Ada dua jenis kategori produk utama yang dijual di toko online ini, yaitu Kaos dan Aksesoris. Dari hasil penjualan merchandise #KTPUntukAhok ini digunakan untuk membiayai semua kebutuhan operasional gerakan Teman Ahok. Selain itu, juga diterima donasi-donasi dari pihak ketiga dimana untuk total keseluruhan dana yang berhasil dikumpulkan sudah mencapai sekitar Rp. 797.376.000,00-. Semua laporan penerimaan dan penggunaan dana ini dapat diunduh langsung melalui halaman Laporan Keuangan.

Mungkin jika diperhatikan, gerakan TemanAhok.Com baru kali pertama dilaksanakan dalam proses pemilihan Kepala Daerah di sebuah kabupaten atau kota. Terlepas dari pro kontra yang saat ini sedang berlangsung secara panas dan pedas di media-media sosial yang ada, sepertinya gerakan ini akan menjadi sebuah tren. Apalagi jika nanti ternyata Ahok benar-benar bisa menjadi calon Gubernur DKI Jakarta 2017 dari jalur independen, kemungkinan besar cara ini akan juga digunakan oleh pasangan calon kepala daerah lainnya. Nah, sekarang tinggal tunggu saja hasil akhirnya nanti seperti apa. (DW)

Sumber Referensi:

  • http://www.temanahok.com/
  • http://tokohpenemu.blogspot.com/2016/03/biodata-amalia-ayuningtyas-juru-bicara.html

You might also like More from author

Comments

Proses...