Alumni Mahasiswa TIK IKIP-PGRI Pontianak Bentuk IKAMTIK

Alumni Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Komputer IKIP-PGRI Pontianak membentuk organisasi alumni bernama Ikatan Alumni Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Komputer (IKAMTIK). Pada Musyawarah terpilih Fikrul Setiawan, S.Pd sebagai Ketua Umum yang merupakan alumnus angkatan 2009 dan juga sebelumnya pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Komputer.

Dengan terbentuknya Ikatan Alumni ini diharapkan dapat mempererat silahturahmi antara alumni dan menjadi wadah mewujudkan gagasan-gagasan untuk meningkatkan kualitas SDM tutur Fikrul, Sabtu (27/02/2016).

Dikatakannya, IKAMTIK memiliki tujuan terwujudnya cendikiawan yang mampu menjalin hubungan kemitraan dengan berbagai pihak dalam rangka perjuangan mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, IKAMTIK akan menjalin hubungan kerjasama secara profesional dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan alumni TIK dan masyarakat, misalnya kerjasama dengan Instansi Pemerintah dan pelaku usaha. Dalam waktu dekat IKAMTIK akan menyelenggarakan pelatihan kepada sekolah-sekolah untuk meningkatkan kemampuan dibidang IT.

Alumni Mahasiswa TIK IKIP-PGRI Pontianak Bentuk IKAMTIK
Alumni Mahasiswa TIK IKIP-PGRI Pontianak Bentuk IKAMTIK

Sekarang ini yang terjadi di masyarakat adalah pemikiran elitisme modern dimana siapa yang siap dan mampu berkompetisi ia yang akan berhasil, bukan lagi pemikiran setelah jadi sarjana mudah mencari kerja. Untuk itu alumni TIK IKIP-PGRI Pontianak saat ini selain memiliki kompetensi dalam dunia pendidikan juga memiliki motivasi wirausaha, lanjutnya.

Diungkapkan Fikrul, terkait tidak dimasukannya mata pelajaran TIK dalam Kurikulum 2013 yang kemudiaan mengintegrasikan TIK ke semua mata pelajaran. Pada akhirnya, guru dan siswa hanya menjadi konsumen TIK saja. Tak ada lagi ruang bagi guru dan siswa untuk memanfaatkan TIK menjadi produsen produk teknologi yang dapat bermanfaat untuk orang banyak.

Fikrul menceritakan, ide penambahan mata pelajaran TIK pada kurikulum KTSP sebelumnya didasari pada semangat membekali pebelajar untuk menghadapi era perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih di abad 21 ini. TIK semakin penting peranannya karena setiap bangsa akan menjadi bagian dalam perkembangan arus globalisasi yang mensyaratkan penguasaan teknologi tingkat tinggi disegala aspek kehidupan.

Oleh karena itu kami meminta kepada Pemerintah untuk mengembalikan mata pelajaran TIK dalam struktur kurikulum, bukan mengintegrasikan mata pelajaran TIK dengan mata pelajaran lainnya. Dengan dihapuskannya mata pelajaran TIK itu adalah fenomena yang menarik sekaligus absurd disaat perkembangan Teknologi Informasi dalam segala sektor” kata Fikrul.

Ketua Prodi TIK, Ferry Marlianto, M.Pd sangat menyambut baik dengan terbentuknya organisasi ini berharap IKAMTIK dapat membantu mempercepat mereliasasikan visi Prodi TIK. Alumni sangat diharapkan bisa membantu prodi untuk merealisasikan target-target tersebut, tutur Ferry saat ditemui di ruang kerjanya. (FS)

You might also like More from author

Comments

Proses...