Agenda Kegiatan Pesona Kulminasi Matahari 2017 di Tugu Khatulistiwa Pontianak

Kehadiran beberapa komunitas kreatif akan memberikan warna berbeda dalam penyelenggaraan kegiatan Pesona Kulminasi Matahari yang rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 21-23 Maret 2017 di kawasan Tugu Khatulistiwa Pontianak.

Setiap tahunnya, Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata selalu melaksanakan kegiatan Pesona Kulminasi Matahari di kawasan Tugu Khatulistiwa Pontianak. Dalam dua kali setahun, tepatnya pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September kegiatan ini dilaksanakan.

Menurut hasil pengamatan dari Stasiun Kelas I Bandara Supadio Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pontianak, diperkirakan pada tahun ini proses kulminasi matahari akan terjadi pada:

  • Selasa, 21 Maret 2017 Jam 11.50 WIB
  • Rabu, 22 Maret 2017 Jam 11.50 WIB
  • Kamis, 23 Maret 2017 Jam 11.49 WIB

TEMA PESONA KULMINASI MATAHARI

Khusus pada pelaksanaan Pesona Kulminasi Matahari tahun 2017, tema kegiatan yang diambil adalah “Pontianak Kota Khatulistiwa Menuju Masyarakat Kreatif yang Berdaya Saing”. Tema ini sengaja dipilih untuk menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Pontianak untuk saat ini sedang fokus kapad pengembangan Masyarakat Kreatif dimana para pelaku ekonomi kreatif yang ada akan lebih mendapat tempat dalam proses pembangunan daerah, lebih dihargai, dan mampu bersaing dengan daerah lainnya.

Agenda Kegiatan Pesona Kulminasi Matahari 2017
Agenda Kegiatan Pesona Kulminasi Matahari Bulan Maret 2017 di Tugu Khatulistiwa Pontianak

Jika dibandingkan dengan pelaksanaan acara prosesi Kulminasi Matahari di bulan September, memang tidak seramai dan seheboh biasanya. Akan tetapi, dalam pelaksanaan periode Maret ini kegiatan tetap akan diisi dengan penampilan berbagai komunitas. Selain itu nantinya akan ada juga stand-stand yang menyajikan hidangan-hidangan kuliner khas Pontianak.

Berikut beberapa jenis kegiatan yang akan dilaksanakan pada Pesona Kulminasi Matahari Pontianak Tahun 2017, antara lain:

  • Atraksi Tarian Daerah (Melayu, Dayak, dan Tionghoa);
  • Pagelaran Lagu dan Musik Daerah Kombinasi Tarian Kontemporer;
  • Pertunjukan Pembacaan Pantun, Syair, dan Tundang;
  • Acara Sulap, Lomba Selfie, dan Stand Kuliner.

TUJUAN PESONA KULMINASI MATAHARI

Pesona Kulminasi Matahari 2017 dilaksanakan dengan salah satu tujuan yaitu memperkenalkan dan mempromosikan ikon kota Pontianak yaitu Tugu Khatulistiwa, sekaligus mensosialisasikan branding pariwisatanya yaitu Pontianak Kota Khatulistiwa. Selain itu, pada pelaksanaan kali ini ingin diperkenalkan huga Sub Sektor Ekonomi Kreatif yang ada, beberapa diantaranya dalam bentuk seni budaya dan kuliner khas daerah.

BACA JUGA: FESTIVAL KULMINASI MATAHARI KUBU RAYA

Menurut informasi resmi dari pihak Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Pontianak, pada pelaksanaan kegiatan Pesona Kulminasi Matahari kali ini juga akan melibatkan beberapa komunitas kreatif yang ada, seperti: Komunitas Fotografi, Komunitas Sulap, Komunitas Pengamen Jalanan, dan Sanggar-Sanggar Seni dan Budaya yang bersifat umum maupun dari perwakilan Program Studi Seni FKIP Untan Pontianak.

Diharapkan dengan adanya keterlibatan para komunitas kreatif ini akan memberikan warna berbeda dalam menyaksikan fenomena alam tanpa bayangan di kota Pontianak. Dan yang terpenting, diharapkan juga pada pelaksanaan Pesona Kulminasi Matahari Bulan Maret 2017 akan menjadi titik awal kebangkitan Ekonomi Kreatif di kota Pontianak. Amin… (DW)

Info Rental Mobil Pontianak : 0822-18555-888

You might also like More from author

Comments

Proses...