Ade Hertiawan, Taruna Akpol Ganteng Asal Kalbar Penyandang Gelar Adhi Makayasa

Sebanyak 291 Taruna Akademi Kepolisian (AKPOL) dinyatakan telah lulus dalam proses pembelajaran. Mereka secara resmi dinyatakan lulus melalui acara wisuda. Diantara mereka, salah seorang diantaranya merupakan putera Kalimantan Barat.

Ade Hertiawan Juniansyah
Image: ask.fm/adeehj

Satu pesan pribadi melalui aplikasi WhatsApp Blogger Borneo terima malam ini, Selasa (18/07/2017). Dalam pesan tersebut menginformasikan mengenai kisah seorang taruna Akademi Kepolisian (AKPOL) angkatan 48 asal Kalimantan Barat yang beberapa waktu lalu menerima penghargaan Adhi Makayasa pada acara wisuda kelulusan di Semarang, Kamis (13/07/2017).

Setelah membaca pesan tersebut, Blogger Borneo langsung berusaha untuk mencari referensi di internet mengenai informasi ini dan Alhamdulillah meski sumber beritanya tidak banyak, namun link informasinya masih bisa didapatkan melalui salah satu laman miliknya WartaNasional.Com, Jum’at (14/07/2017).

PENGHARGAAN ADHI MAKAYASA

Menurut pemberitaan dari media daring tersebut, penyerahan penghargaan Adhi Makayasa dilakukan bersamaan dengan acara wisuda 291 Taruna AKPOL Angkatan 48 di Semarang beberapa waktu lalu. Hanya sebagai bahan pengetahuan bahwa Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian, yaitu Matra Darat (dari Akademi Militer Magelang), Matra Laut (dari Akademi Angkatan Laut Surabaya), Matra Udara (dari Akademi Angkatan Udara Yogyakarta), dan Matra Kepolisian (dari Akademi Kepolisian Semarang).

Penerima penghargaan ini adalah mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek: akademis, jasmani, dan kepribadian (mental). Penganugerahan Adhi Makayasa secara langsung diberikan oleh Presiden Republik Indonesia (atau perwakilan atas nama Presiden). Pemberian anugerah Adhi Makayasa dilaksanakan pada acara Prasetya Perwira (Praspa) dan Sumpah Perwira, yaitu upacara pelantikan para taruna Akabri (Angkatan Darat, Laut dan Udara).

Selain Ade Hertiawan Juniansyah dari Taruna AKPOL, masih ada 3 (tiga) orang lagi juga memperoleh penghargaan yang sama, yaitu: Bernardinus Y. Kristian dari Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU), Samsul Huda dari Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Wiraswanriil Sagala dari Taruna Akademi Militer (AKMIL).

LULUSAN SMA TARUNA NUSANTARA

Secara khusus, Blogger Borneo mencoba untuk mencari informasi mengenai profil sosok cowok ganteng ini melalui internet. Dalam waktu singkat, semua informasi mengenai Ade Hertiawan Juniansyah langsung muncul di halaman mesin pencarian Google. 😀

Melalui salah satu akun media sosial miliknya di Facebook, dapat dilihat status-status terbarunya. Dibawah ini merupakan kutipan status terbarunya per tanggal 13 Juli 2017.

Selamat ananda Ade Hertiawan Juniansyah atas gelar barunya.. Alhamdulillah berkat kerja kerasmu akhirnya bisa memberikan yang terbaik menjadi taruna terbaik (adimakayasa), menjadi kebanggaan keluarga..
Tetap jadi orang yang rendah hati, sholeh, semoga ilmunya bermanfaat bagi nusa dan bangsa..
Amin yaarabbalallaminn

Dilihat dari latar belakang pendidikannya terakhir sebelum menjadi Taruna AKPOL, Ade Hertiawan Juniansyah merupakan lulusan dari SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jogjakarta. Siapa yang bakal mengira pada wisuda tahun ini, putera daerah Kalimantan Barat yang berasal dari Ketapang ini bisa terpilih menjadi salah satu lulusan terbaik dari seluruh Indonesia.

Terus terang, mendengar informasi ini secara pribadi Blogger Borneo merasa bangga karena secara langsung membawa nama harum Kalimantan Barat. Tapi entah kenapa sepertinya pemberitaan ini gemanya tidak cukup terdengar di daerah asalnya sendiri. Atau mungkin memang Blogger Borneo tidak mendapat update informasi seperti ini ya? Hhhmmm… tapi ya sudahlah, yang terpenting semua prosesnya berjalan dengan lancar.

Meski Blogger Borneo sama sekali tidak mengenal mengenai sosok Ade Hertiawan Juniansyah, namun melalui tulisan sederhana disini Blogger Borneo ingin mengucapkan selamat atas semua keberhasilan dan prestasi yang telah diraih sampai saat ini. Semoga kedepannya tidak langsung merasa puas karena justru dari saat inilah proses pembelajaran kehidupan sebenarnya baru dimulai. Salam Komando…

Penasaran dengan akun media sosial miliknya Ade Hertiawan Juniansyah, bisa langsung berkunjung ke Facebook, Twitter, dan Instagram.

Sumber Referensi:

  • https://www.wartanasional.com/2017/07/14/291-taruna-akpol-angkatan-48-diwisuda/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Adhi_Makayasa

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge