8 Tips Puasa Sehat dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam

Alhamdulillah tak lama lagi umat muslim di dunia akan menghadapi bulan Ramadhan yang penuh ampunan dan berkah. Bagi Blogger Borneo, Insya Allah di tahun ini merupakan tahun ke-9 melewati bulan puasa bersama keluarga tercinta. Semoga apa yang Blogger Borneo rasakan ini juga turut dirasakan oleh kawan-kawan sekalian. Amin… 🙂

Pada kesempatan ini, Blogger Borneo ingin berbagi tips puasa sehat yang diperoleh dari sharing salah seorang anggota Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam (PAPDI) yaitu dr. Edy Rizal Wahyudi, Sp.PD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau memberikan 8 tips lancar menjalani puasa secara umum untuk seorang berusia lanjut dan semua kalangan.

TIPS #1

Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi karena kedua asupan ini membuat proses metabolisme tubuh berjalan cepat sehingga akan cepat juga mendatangkan rasa haus meski tidak terdehidrasi.

TIPS #2

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat tinggi, seperti: gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah, dan lain sebagainya.

Tips Puasa Sehat
Tips Puasa Sehat

TIPS #3

Saat berbuka dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium. Komposisi yang terkandung dalam kurma dapat mengganti kebutuhan nutrisi dalam tubuh secara cepat.

TIPS #4

Mengkonsumsi pisang saat berbuka juga sangat baik bagi tubuh karena pisang merupakan sumber kalium, magnesium, dan karbohidrat.

TIPS #5

Batasi makanan yang digoreng pada saat berbuka karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Khusus bagi para lanjut usia, biasanya cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan oleh lemak, seperti: jantung, cc koroner, dan hipertensi.

TIPS #6

Batasi makanan yang lebih cepat dicerna seperti gula karena dapat cepat mendatangkan rasa haus ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

TIPS #7

Konsumsi air atau jus buat antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga bisa lancar menjalankan aktivitas keesokan harinya.

TIPS #8

Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan es karena mudah terasa kenyang. Hal ini menyebabkan tubuh kita tidak bisa menerima asupan makanan gizi yang lengkap.

Demikian 8 tips puasa sehat yang dibagikan di grup Muslim Food Indonesia, semoga bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan tahun ini, semoga diberi kelancaran, kemudahan, kesehatan, khusyu’, dan ikhlas dalam melaksanakannya. Amin Ya Rabbal Alamin… (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...